Tiger Mogok dan Brebet, Ternyata ini Masalahnya

Jumat seminggu lalu saat pulang kerja, Tiger tiba tiba mogok. Pas macet lagi…. SF pikir bensinnya campur air. Segera SF buka baut pembuangan bensin dimangkok karbu, dan bensin cuma keluar beberapa tetes dan mampet!

SF coba getok pakai gagang obeng beberapa kali, dan untung bensin mengalir kembali….. problem solved dengan cara getok karbu :mrgreen: . Segera SF tutup baut pembuangan bensin, dan kembal melanjutkan perjalanan pulang. 

Sekitar 3 KM kemudian tiger kembali mogok… karena dah tau masalahnya SF getok lagi tuh karbu… tiger kembali mau dihidupkan. Nyampai rumah digletakin saja tuh tiger selama seminggu.

Baru minggu kemaren SF sempatkan bongkar karbu tiger… begitu buka mangkuk karbu langsung ketahuan masalahnya… ada parts berupa corong kecil yang lepas dari tempatnya.

 Parts ini rupanya menghalangi pelampung bensin untuk turun. Pelampung bensin ini berfungsi layaknya katup bensin… kalau posisinya turun, katup bensin terbuka. Bensinpun turun memenuhi mangkok karbu. Bensin yang memenuhi mangkuk akan mengangkat pelampung, saat itu katup bensin tertutup dan bensin berhenti mengalir. 
Kalau pelampung keganjel ga mau turun ya bensin ga ngalir… mogok dahhh…

Karena fungsinya ga jelas, SF copot saja parts yang ganjel pelampung itu… SF coba stater dan geber-geber tiger ga ada masalah…

Jadi kira-kira apa fungsi parts kecil berupa corong dari plastik didalam mangkok karbu itu ya?

9 thoughts on “Tiger Mogok dan Brebet, Ternyata ini Masalahnya”

  1. setau saya itu membran pelampung deh kalo ga salah. posisinya pas di atas mangkuk yg ada jarum. fungsinya supaya

  2. saya punya tiger dan bingung juga fungsi parti itu, cuma kayak corong yg gaada gunanya. cuma nutupin bagian maun jet aja kayanya. dicopot kayanya juga gak masalah

  3. Bro klo karet pada mangkuk karburator tiger yg spt di foto klo di ganti pake karet mangkuk pny megapro bisa?klo g bisa motor merk lain yg pake karbu spt tiger seri &merk apa?
    Soalny skrg sdh g ada yg jual karetny tiger yg asli hgp.

Leave a Reply

Your email address will not be published.