Pesimis soal roda scoopy baru 12″, nyatanya malah berkebalikan

Artikel kritik honda yang mengeluarkan Scoopy memakai ban 12″ sudah hampir selesai dan siap publish… isinya mempertanyakan keputusan honda kenapa pakai ban berdiameter kecil… kan banyak kerugiannya… GC turun bikin motor gampang gasruk poldur dan ga tahan banjir, ban motor juga juga lebih gampang kejeblos lubang dan sensitif terhadap jalan ga rata.

Untung SF baca-baca dulu soal  scoopy baru ini. 

Diameter velg memang mengecil dari 14″ jadi 12″ tapi ban jadi jauh lebih gambot (lebih tebal dan profil tinggi). Akibatnya diameter luar ban ga beda jauh dengan versi lama. Bahkan scoopy baru ini GCnya 143mm alias lebih tinggi 3% dibanding scoopy lawas.

Strategi cerdas dari honda… tampilan makin stylist, buat nikung lebih safety, kontur jalan makin teredam oleh karet ban, dan motor sedikit lebih aman dari poldur.

Tapi bukan tanpa kelemahan ya… ban gambot perlu perhatian lebih terutama mengenai tekanan anginnya… kurangnya tekanan angin dikit saja pada ban gambot bikin motor berat larinya… boros deh…. 

3 thoughts on “Pesimis soal roda scoopy baru 12″, nyatanya malah berkebalikan”

  1. Ban diameter kecil (12″) lebih cepat habis tentunya karena akan berotasi lebih banyak daripada ban 14″

    tapi pribadi saya lebih suka yang model baru daripada lama, lebih matching aja ban nya ama model body retro nya

  2. Ban diameter kecil kalau diimbangi lebar dan tinggi yang lebih akan sama kemampuan meredamnya masalahnya cuma satu kalau nyari gantinya suka susah dan kalau ada mahal repot juga pas ada masalah di jalan atau pas malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.