Nmax Kembali di Oprek, Kali Ini Jadi Responsif Namun Rilex

Responsif dan Relax… 2 kata itu seakan menggambarkan performa Nmax milik SF saat ini. Tapi sebelum membahas apa saja yang SF lakukan pada Nmax, intip dulu perubahan yang SF lakukan sebelumnya disini.  Filter aftermarket Ferrox, Roller Mio J 12 Gr (1 Gr lebih ringan dari bawaan), dan Per CVT Vario 150. Paduan ini bagi anak muda yang seneng kebut-kebutan dan selap-selip mungkin cocok… Motor serasa siap melesat kapanpun dibutuhkan… delay antara putaran gas dengan bertambahnya kecepatan sangat singkat. Efek buruknya Motor menggerung terus maunya nyundul terus , kira-kira seperti motor manual yang giginya terlalu rendah saat melaju. Pastinya motor jadi tambah boros….

Per Vario 150 yang akhirnya dicopot lagii

Seorang sobat blog bro Binunrider menyarankan agar CVT balik ke Ori saja…. namun waktu itu SF ga kepikiran untuk balikin CVT Ori (karena CVT Vario terbukti menghilangkan ndut-ndutan pada Nmax), namun SF memilih untuk membesarkan Roller depan, yah sama efeknya kaya gedhein gir depan pada motor ber rantai…. Setelah berkonsultasi dengan mekanik plus sobat SF yang berkecimpung didunia balap (Mas Gio) memang bener kalau ga kepengen motor terlalu agresif dan boros, mending Per Vario 150 yang terpasang pada Nmax dicopot saja dan diganti yang Ori. nah agar gigitan Kampas kopling makin kuat ganti saja Per Kampas yang 1000 Rpm.

Nah mengikuti saran bro binunrider dan Mas Gio , SF segera hunting Per kampas Nmax yang ternyata sama dengan punya Mio, beat atau vario speknya 1000 rpm merk TDR

per kampas mio,nmax,beat

 

Jadi perubahan yang terjadi pada Nmax sekarang adalah

  • Roller Mio M3 12 Gram
  • Per Kampas ganda 1000 rpm
  • Filter Ferrox

gimana reviewnya? ini dia….

Impresi Positif (+)

Seperti yang SF singgung di paragraf awal…. Responsif dan Rilex… Kok bisa sih????

Responsif : Tidak perlu puntir Gas dalam Nmax sudah melaju… Bayangkan… muter gas dikit saja dah bikin motor ngeloyor…. responsif banget kan. ini akibat Per Kampas Ganda yang bukaannya lebih cepet. gigitannya kampas pada mangkuk koplik sangat jelas terasa lebih pakem. Roller yang lebih ringan dibanding aslinya juga bikin akselerasi Nmax lebih ngacir.

Rilex : kampas kopling yang lebih cepat dan lebih kuat terkunci dengan mangkuk kopling bikin gejala selip yang biasa dirasakan motor skutic berkurang signifikan. ga ada lagi jeritan motor ngempos saat berakselerasi mendadak.  adanya kenaikan RPM motor yang seketika diikuti lajunya motor. kalau pas jalan stabil asyik banget , motor jadi lebih rilex mesinnya. mau nembah kecepatan gas ga perlu diputer dalem-dalem.

Impresi Negatif (-)

hentakan awal saat kondisi diam akan melaju sedikit berkurang . maklum kampas gigit lebih awal. Ga enaknya, gas jadi sensitif banget saat di kemacetan

Overall :

SF sangat suka perpaduan ini. roller lebih ringan bikin akselerasi lebih baik. Per Kampas 1000rpm bikin delay time tersunat. enaknya modif gini ga bikin motor jadi boros… gas dikit motor dah melaju…. Dalam mode eco drive motor gampang banget sentuh konsumsi bahan bakar di atas 1:40 km/liter. nah masalah sensitifnya gas ini yang perlu dibiasakan… kalau dah biasa ga masalah kok… awalnya doang sering nyundul spakbor motor didepan 🙂

Hari kerja jam 16.00 dari Kalibata sampe bekasi jam 17.05 tapi masih bisa diatas 1:40 loh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

    • Itu ga ada yg tau… Ukuran rpm juga istilah pabrikan doank kok. Jelasnya bukaan lebih lambat dibanding aftermarket… Jadi hentakannya yg asli lebih kerasa… Tapi rpm drop setelah hentakan. Beda dengan aftermarket yang ga terlalu menghentak tapi lebih linier…. Karena itu per ganda kudu dipadukan dengan roller yang lebih ringan agar ga kedodoran dibawah

  1. ijin nimbrung om..
    klo perbedaan per kampas ganda antara tipe rpm itu apa om?
    untung blm jadi beli per cvt..hehe
    o iya, klo tujuannya supaya kuat nanjak modifikasinya kira2 apa ya om?
    daerah sy banyak tanjakan curam dan panjang

    dan sebaliknya, klo pas turunan tajam bagusnya gimana ya cara yg safe? kampas rem apa perlu diganti bahan keramik?
    maklum baru kali ini punya motor matic.. 😀

    • sharing pengalaman aja ya.. kalau motor matic untuk nanjak sebaiknya memang per CVT nya pakai yang 1500 rpm an.. roller turunkan 2 gr jadi sekitar 11 gr.. untuk rem jangan eman2 karena ga ada engine brake pakai kampas rem yang berkualitas..

  2. mantap om.. memang CVT itu seperti seni.. mesti dicari sampai pas sesuai rider na.. per CVT antar produsen jg beda2 hasilna, meskipun sama2 1500 rpm.. utk motor std kalau puli depannya pakai kawahara boleh coba pakai roller 11-12 gr, per CVT na 1500 rpm CLD, per kampas na yg 1000 rpm.. cuma kalau dari pengalaman.. berat roller itu kalau motor bertransmisi mirip ratio berat / ringan.. per CVT buat ngebantu speed nurunin gigi.. per kampas / sentri buat nentuin kapan kampas mulai gigit.. derajat puli depan nentuin seberapa cepat perubahan rasio.. nah kita tinggal cari yang sesuai karakter mesin dan kemauan kita.. aku di nmax ampe segala dicoba smp dapet yang sesuai keinginan hahahha kecuali JCosta aja karena muahalll

  3. mau tanya gan… ngilangin ngentak2 klo nmax digas pada putaran bawah gmana ya
    Soalnya istri pakai buat kerja kurang nyaman ktanya
    Trus bunyi mesin agak kasar klo ganti oli bisa jadi solusi gak??

    mksh

  4. saya pakai loler mio m3
    pir kampas ganda 1500rpm
    filter udara ferrox,tapi gak terlalu ngerspon tarikan awalnya dan harus plintir gas dalem dalem baru lari nya mau kencag,kok bisa gitu om minta masukannya.

  5. Setelah baca artikel ini, saya sudah pesan per kampas ganda tdr 1000 rpm rapi roler beli yg merk kawahara dengan bobot 11 gram. Nanti kalo barang sdh datang dan terpasang akan saya sebutkan hasilnya *Nmax 2019