Ulas Tackle andalan mancing dilaut. Monggo disimak untuk pembelajaran saat memilih alat mancing

Overhead reel kenzi marine 300L
Sebenernya 1 saja cukup sih, pilih saja yang kuat sekalian biar bisa angkut semua jenis ikan. 🙂
Tapi kalau sudah hobi, tingkat kesenangannya bakal berkurang… tingkat pegelnya juga beda…
namanya hobi, mancing ya untuk kesenangan.  Beda sama nelayan yang cari ikan buat hidup. Pake handline saja cukup 🙂
Kali ini SF bahas 2 set tackle andalan SF

 

Set 1 :
Reel : Ryobi Applause 8000 custom, Joran Daido Ultrajig PE 5 165cm custom+ main line PE 5 250M
Spek orinya sebenernya sudah lumayan mumpungi untuk fight dengan ikan laut besar… SF terpaksa mengcustom agar makin gahar dan demi keawetan. Ryobi Applause terkenal badak , awet minim perawatan karena itu banyak angler memfavoritkannya. Drag/rem mentok ori sekitar 8kgan, SF modif remnya menggunakan lembaran carbontex, kali ini drag meningkat jadi 12kg- 15kg… PD banget SF lakukan karena bodi dan rotor full logam. SF beli juga spool extra yang diisi senar mono untuk mancing tenggiri.
Sedikit menyesal soal joran Daido ultra jig … baru setahun ring guidenya pada rontok… ada yang rontok karena kehantam swivel ada yang rontok karena joran jatuh saat di sandarkan ke tembok , ring langsung patah dan keramik pecah. Joran daido ini terpaksa SF custom bagian ring guidenya menggunakan Ring guide Fuji yang terkenal kuat. Set tackle ini mampu meng KO ikan Mundu babon sekitar 20 kg tanpa waktu lama ( ga sampai 10menit spot P.Mundu) sayang ikan terlepas saat diangkat kekapal karena gancu kapten kurang menancap sempurna. Pada set tackle ini SF jadi lebih hari-hati memilih joran….. Kudu berkualitas !
Set 2 :
Reel Overhead Kenzi Marine 300L, Joran Maguro Emmissery OH PE2-3 165cm, Mainline PE3 250M
Awalnya penasaran dengan seorang teman yang tampak asyik memainkan set tackle Overheadnya… Berbekal nekat, SF coba beli reel Overhead laut yang harganya termurah di Indonesia 😆 berharap saja merk kenzi ini awet seperti jajaran jorannya. Drag cukup kecil sekitar 6 Kgan saja… tapiii…. kalau sudah dibantu rem jempol yang menekan spool ngeri juga remnya. Beratnya itulohhh… 280gram ! setengahnya reel ryobi andalan sebelumnya. Joran awalnya SF berniat cari merk yg sama, sayang ring guide bukan fuji…. daripada nyesel, terpaksa cari agak bagusan… pilihan jatuh ke maguro emmissary PE2-3 . Kenapa?? ITU YANG PALING MURAH ! Untuk sekelas Fuji… :mrgreen: jorannya juga ringan. Ini sekarang jadi set andalan saya , mengalahkan si Ryobi applause yang hampir 2 tahun. Ringan ga bikin capek. Karena jenis yang tergolong medium light sensasinya lebih heboh dibanding set tackle ryobi applause yang terlalu overkill. Joran dah menekuk indah meski dapat ikan yang ga terlalu besar. Sayang saya pakainya belum lama baru 2 kali trip kelaut. Jadi ga tau keawetannya….
Nah ada lagi 1 set joran kelas babon meski bukan andalan tapi SF coba ulas siapa tau ada lembaca yang berencana mancing di perairan dalam .
Reel pakai Tica Cybernetic GG100 yang aslinya buat rockfishing, drag sekitar 25kgan… gedhe buanget reel ini. Beratnya hampir sekilo. Untuk Jorannya SF pasangkan dengan Pioneer Seadrift PE 5-8. klo ini ring guidenya dah fuji level lumayan. Mainline pake PE6 300 meter. SuperPD lah fight sama ikan jumbo di dasar laut dalam. Kenapa SF jarang pake set pancing ini… ?  berat , dan panjang brohhh, menyusahkan kalau bawa motor. Saat buat mancing juga pegel…   lalu kenapa awalnya beli ini? Beberapa waktu lalu SF ada rencana mancing di SMR (Sea Mountain Reef) semacam jurang bawah laut lah… ikan penghuninya predator besar-besar. Sayang gagal berangkat karena pesertanya tidak memenuhi kuota 😥  sekarang ditinggal terus kalau mancing…
Cukup 2 tackle yang SF buat mancing. Set utama Kenzi marine + Maguro Emmissary, kalau babon keluar baru deh Ryobi applausenya turun melaut.
Set diatas dikalangan angler dikomunitas yang SF ikuti  termasuk yang harganya murah meriah. Bagi yang ngikuti blog ini taulah SF seperti apa :mrgreen: . Tapi berdasar pengalaman kadang anda kudu merogoh kocek lebih dalam untuk dapat alat pancing yang awet. Air laut asin itu bikin korosi. Tackle terlalu murah,kualitas bahannya kurang terjamin. Soo far SF dah korban beberapa joran dan reel karena korosi. Joran kena dibagian ring guidenya (cincin keramiknya), dan reel kena dibagian handle dan bearingnya. Untuk joran, standar mancing dilaut adalah memakai ring guide merk fuji. Untuk reel cari yang memang didesain untuk mancing dilaut. Ada pelindungnya jadi air laut susah menembus bagian dalam reel.

5 thoughts on “Ulas Tackle andalan mancing dilaut. Monggo disimak untuk pembelajaran saat memilih alat mancing”

    1. iyak saya ngukurnya dari puncak trus turun kebawahnya…. wkqkwkq . bagian terjal turun kebawah itu saya maksud jurang :ngeless 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published.