Kreatifitas dibutuhkan agar biaya mancing di laut tak membengkak

Offshore fishing alias mancing di tengah laut cukup menguras biaya meski sewa kapalnya patungan. Peralatan mancing lautnya itu loh, belum lagi fast moving partsnya… bayangin timah pemberat Rp 50rb/kilo aja cuma dapat 3-4 biji ukuran J8-J10, lumayan klo sampai putus kecantol karang atau pas senar disamber baracuda yg terkenal usil. Lainnya : kail, kili2, leader, neklin, dll. Jangan putus asa dulu…. rekan SF dilaut beraneka ragam profesi, dari penjual nasi uduk, satpam, hingga direktur. Artinya biaya bisa disiasati…. !

Kreatifitas dibutuhkan disini…. hal-hal dari yang sepele hingga rumit bisa dilakukan sendiri dengan modal yang jauh lebih murah dibanding beli jadi. Apasaja contoh kreatifitas angler yang  dapat menghemat biaya ?

1.  Bikin rangkaian sendiri

Banyak ragam dan modelnya. Rangkaian dasaran menarget ikan karang, rangkaian ngotrek untuk cari ikan umpan, rangkaian ngoncer menarget ikan predator, rangkaian kawat (neklin) untuk menarget ikan gigi tajam seperti tenggiri atau baracuda. Bikin assist hook untuk menemani metal jig juga lumayan hemat biaya dibanding beli jadi. Kegiatan tali menali ini juga menyenangkan loh. SF saja sampai lupa waktu kalau sudah bikin rangkaian mancing.

Rangkaian mancing laut

2. Perawatan peralatan mancing pasca mancing

Air laut bersifat korosif. Dari kail, kili (sambungan), reel hingga joran sangat rentan rusak. Beberapa angler membuang kailnya meski baru sekali pakai, SF sendiri biasa bilas dengan air bersih baru disimpan kembali rangkaiannya. Kalau leader dah mluntir-mluntir yah dipotongin saja kail dan kili2nya, dicuci air tawar, dilap kering, dan disimpan diwadah khusus used item (biasa SF pake lagi klo dah kepepet :mrgreen: ) . Joran dan reel juga perlu dibilas air tawar bersih. Semprot bodi luar logam dengan penetran (misal wd40) lalu lap bersih, lumasi bagian dalam (gir, bearing, moving parts) sekali waktu dengan gemuk, atau pelumas yang disarankan. Lumayan bikin awet reel dan joran.

3. Perbaikan

Joran rentan rusak dibagian ring guidenya… dibuang sayang. Bisa dibenerin sendiri kok… jangan lupa sekalian ganti ring guidenya dengan yang berkualitas. 2 joran murahan SF sekarang malah jadi favorit setelah Sf ganti ring guidenya dengan merk fuji yang biasa dipakai di joran mahal.

Berbekal ilmu dari youtube, gampang kok perbaiki Joran sendiri

 

Reel biasa kena di bearingnya  sehingga jadi seret…kalau di kasih pelumas tetep ga ngefek, terpaksa ganti bearingnya. di toko online sedia banyak ragam pilihan ukurannya

4. Rod building

Ga ada yang lebih memuaskan dari menangkap ikan besar dengan joran buatan sendiri. Joran berkualitas tahan banting biasanya berharga mahal. Bisa jutaan loh. Tapi kalau anda cukup kreatif, bisa kok merangkai joran sendiri. Bahannya komplit ada yang jual. Tinggal angler menentukan kelenturan, keawetan dan kekuatannya. Biayanya bisa separuhkan kali…. kalau ini udah level ahli…. kudu sedia waktu dan niat . Termasuk ada juga yang bikin umpan buatan sendiri dari kayu/logam.

Semua hal diatas ga susah diterapkan sendiri kok… sudah jaman internet tinggal buka youtube untuk tutorialnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.