Pasang Top Box/Rear Box Motor, braket bertumpu di 2 titik bikin rusak rangka

 

Jaman SF suka turing dulu, dicurhati pengguna Scorpio yang retak rangka belakangnya (dudukan behel) gara-gara pasang box belakang. Penyebabnya ternyata desain dudukan braket box yang kurang kuat menahan beban berat.

Nah hal ini juga terjadi pada Suzuki Spin Milik Bunda… retak retak bagian dudukan braket box. Awalnya SF pikir kuat2 saja spin dipasangin box belakang bertumpu di dudukan behel. Karena jarang bawa beban berat dan ga pernah buat turing… ternyata bobot K45 yang berisi jas hujan dan tas sekolah Faiz mampu bikin rangka dudukan behel belakang retak….!

J

Ga semua motor bisa dan kuat dipasang box belakang. Dudukan Braket box minimal dibaut di 3 titik untuk menahan bobot box dan barang didalamnya. Dia harusnya kuat menahan beban kebawah dan beban dari kanan kiri. Kalau motor dudukan behel belakangnya cuma 2 jangan paksakan pasang braket box belakang , kecuali braket yang didesain khusus. Episode selanjutnya saya ulas yak… (klo sempet …. 😆 ) cara mengatasi dudukan braket motor agar kokoh menahan beban box… cara niat dan cara kepepet/Pahe  :mrgreen:

2 thoughts on “Pasang Top Box/Rear Box Motor, braket bertumpu di 2 titik bikin rusak rangka”

  1. sedikit banyak ketika berjalan pasti ada getaran-getaran antara dudukan box, dudukan behel di rangka, dan baut-bautnya. getaran getaran kecil ini yang lama-lama bisa merusak rangkanya
    benar juga baru kepikiran

Leave a Reply

Your email address will not be published.