Vario 110 nyendat dan bergetar untuk stop N Go, apa penyebabnya?

Seorang rekan pengguna Vario 110 , curhat kepada SF perihal motor yang baru dibelinya beberapa waktu lalu. Menurutnya motor yang belum menginjak 1000 km ini kurang nyaman untuk stop N Go di kemacetan. Pengakuan dia, muncul getaran serta motor terasa tersendat sendat saat mulai melaju dari posisi berhenti.

Motor sempat di claim garansi ke dealer resmi dan sektor CVT sudah diganti total, tapi enaknya hanya beberapa hari, selanjutnya muncul gejala sama.

Cvt vario

Akhirnya rekan SF bawa motornya ke bengkel umum langganannya. Menurut bengkel langganan, beat series terbaru termasuk vario 110 lebih kecil kampas koplingnya karena itu Disarankan untuk ganti kampas racing agar lebih menggigit. Sebelum mengeksekusi , rekan ini tanya pendapat SF. Sembari menunjukkan penampakan gambar kampas vario 110 miliknya

Kampas vario 110 kurang luas penampangnya

Melihat penampakannya SF jadi agak heran… kok nanggung ya kenapa ga dipanjangin sekalian kampas koplingnya? Spacenya dudukannya  masih luas tuh.

SF sedikit positip thinking lah…. Motor baru dipakai masih butuh masa penyesuaian atau inreyen karena part2nya belum beradaptasi sempurna terutama bagian-bagian yang bergerak dan saling bergesekan. Termasuk sektor CVTnya. SF sih sarankan pakai saja terus lama-lama gejala bergetar dan tersendat sendat akan berkurang.

Mungkin parts logam, roller, kampas kopling hingga CVT masih dalam proses adaptasi karena baru. Sama kaya Nmax SF dulu.. awal-awal agak menghentak-hentak di kemacetan, setelah beberapa lama jadi alus tarikannya.

Nah saran kedua SF ga ada salahnya mengganti parts yang lebih baik dibanding orinya. Agar performanya meningkat. Kampas kopling bawaan Vario 110 yang terlalu kecil luas penampangnya, bisa diganti kampas kopling aftermarket yang lebih luas penampangnya. Sudah ada yang jual di toko online

Kampas kopling full

Makin luas permukaan kampas yang bergesekan dengan mangkok kopling , makin pakem alias makin susah selip. Yang kedua ganti per kampas ganda dengan yang 1000 rpm agar lebih cepet bukaanya… kalau ini kudu ngentengin rasio dengan ganti per CVT 1500 rpm atau turunin berat roller 1-2 gr. Kalau sudah diganti namun motor masih terasa bergetar dan tersendat-sendat mungkin bisa dipertimbangkan ganti motor karena karakternya ga cocok 😆

 

2 thoughts on “Vario 110 nyendat dan bergetar untuk stop N Go, apa penyebabnya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.