Review beberapa wireless headset murmer. Murah belum tentu jelek….

Maxtron wireless bluetooth

Awalnya SF punya sebiji headset murmer keluaran maxtron entah apa tipenya… dah lama banget belinya…  Headset ini punya suara yang lumayan enak , tapi jelas ga bisa dibandingkan dengan headset ternama.

Bagi telinga SF yang ga seberapa bawel cukup bisa diandalkan untuk memutar segala jenis lagu. Yang SF suka adalah baterainya yang cukup awet. Sekali isi full bisa dipakai seharian di kantor. Sayang colokan USBnya masih model lama dengan lubang yang agak besar dibanding model sekarang. Jadi kudu nyiapkan kabel charger khusus. Kelebihan lainnya yakni tombol kontrol yang komplit :volume up/down, play/pause yang sekaligus tombol power dan pairing(jika ditahan),ff,rwd,back,next.

Suara bass cukup kuat , trebel sedang, kejernihan suara tak mengesankan… overall cukupan lah. Yang parah adalah busa pembungkus bagian yang nempel telinga. Lapisan mengkilapnya dalam sebulan saja dah ngelotok parah. Busa juga sering lepas dari headset.

Fitur yang SF suka yakni adanya colokan aux in yang dapat disambungkan dengan kabel jack std jika baterai abis

Sebenarnya tak pernah kepikiran untuk nambah headset lagi. Namun semenjak beli electric drum , jadi kudu nambah sebiji headset. Headset maxtron ditinggal dirumah untuk dipasangkan pada drum…. bisa gila-gilaan ngerock dirumah cari keringat tanpa mengganggu siapapun. Eh ya maxtron ini dulu belinya under 150k.

Karena itu SF nambah sebiji headset lagi untuk dikantor…. musik dah jadi bagian dari hidup SF. Mendengarkan Musik bisa memisahkan diri dari dunia dan dapat ngeboost semangat kerja bagi SF. Pas dipakai saat dikejar deadline kerjaan.

Pencarian SF terhenti di toko online… buyer yang mereview rata2 puas dengan headset ini. judulnya fineblue fhd9000. Harganya setahun lalu 150k. Begitu nyoba ini… langsung jatuh cinta…. bass meskipun dibawah maxtron namun cukup jernih. Treble lebih keluar… Overall suara lebih jernih dibanding maxtron. Sejujurnya ini jadi headset favorit saya karena komposisi bass treble cukup pass. Fitur headset cukup lengkap… bisa baca MP3 dari SDcard, radio, aux in untuk dengarkan musik pakai kabel (berguna jika baterai habis). Namunnn ada minusnya….

1.desain keliatan murahan.. penampakan kawatnya nggak banget,

2. kontrolnya ga selengkap maxtron. Tombol volume jadi satu dengan next/back, stop, search. Saya sering kliru maunya naikin volume jadi skip lagu.

3. Tombol power model geser. Kalau lupa dimatikan dipastikan baterai langsung terkuras abis

4. Daya tahan baterainya kurang bisa diandalkan … entah apa SF yang dapat barang jelek atau emang bawaannya. Sekitar 3 jaman baterai dah KO.

Jika dosa 1-3 masih bisa dimaafkan, tapi tidak untuk daya tahan baterainya. Sebenarnya sayang mengistirahatkan headset ini karena suaranya cukup mantab. Namun…. borosnya cukup mengganggu. Saat mau ngebut kerjaan sambil dengerin lagu2 rock (slow/hard) tiba2 baterai abis.

Kenapa warna putih : karena stok ditoko cuma sisa itu 🙂

 

Hnahhh akhirnya SF nambah satu lagi senjata pamungkas… maunya ngincer merk ternama JBl T450. Tapi melihat spek bluedio T2+ di toko online jadi jiper juga. Komentar buyernya rata2 positif, ga kalah sama merk mahal. Yg bikin horny *ehhh…. baterainya diclaim tahan lama sampai 40 jam, katanya. Harganya juga ga sampai separuhnya JBL yang 699K.

Bluedio t2+ best bluetooth headset i ever had

Kenapa warna putih lagi? Sama kaya fineblue. Ready stock cuma putih, untuk warna item kudu nunggu beberapa hari. Ga sabar menanti, SF putuskan ambil yg putih

Apa yang didapat dengan harga 324K?Tombol hampir sama dengan fineblue. Tombol volume merangkap semuanya. Bedanya ketambahan tombol power(model tekan),tombol mode dan scan.

Fiturnya lebih lengkap. Bisa putar mp3 dari sdcard, ada sleep mode berguna banget klo lupa matikan headset, bisa radio, punya equalizer….. yupppp…. anda bisa ubah karakter suara headset ini melalui aplikasi ISSC yang diinstall di HP android. Mulai pengaturan thema (indoor,opera,live,dll), volume hingga preload equalizer. Top markotob…..

Issc

 

Suaranya cukup bikin SF bergidik. Fineblue sebelumnya SF rasa sudah mantab… nah bluedio T2+ turbine huricane ini lebih istimewa… tanpa cela untuk telinga SF ini. Bassnya lebih menggebuk dengan driver 57mm, treble dan mid cukup jelas, stereonya lebih “terpisah” dengan jelas. Detail musik lebih tereksplore dibanding 2 bluetooth headset sebelumnya. Rekan sebelah SF yang senjatanya merk tenar ( wired ) saja kudu mengakui keunggulan suara bluedio ini…. “ini sih sejajar dengan headset premium katanya”

Bluedio t2s vs sennheiser

Eh ya satu lagi fitur unik headset ini. Port jack multi fungsi. Saat bluetooth off dia berfungsi sebagai line in untuk mendengarkan musik dari sumber lain, saat bluetooth on port jack ini berubah fungsi menjadi line out.

 

Nah gimana dengan ketahanan baterainya…. 2 hari SF pakai di jam kerja, baterai belum koit… hari ke tiga sore hari baru koit. Ga terbukti 40 jam sih.(apa masih baru ya) tapi ketahanan diatas 20 jam tetap saja istimewa dimata SF!

Tak ada gading yang tak retak… selain tombol membingungkan dan tidak lengkap, penerimaan bluetoothnya ga sebagus fineblue. Koneksi dengan PC SF memakai bluetooth dongle seukuran USB. Sebelumnya meski signal terhalang meja dan sekat kayu, penerimaan signal sejauh 5m oleh headset fineblue masih lancar. yaa….sekali dua kali ngelag lah. tapi oleh bluedio, signal bluetooth sangat lemah tertangkap… jadinya ngelag parah… putus-putus tak henti.

Bluetooth dongle terselip di bawah meja

Kesimpulan : maxtron dan fineblue harga hampir setara. Untuk kualitas suara dan fitur jelas mengandalkan fineblue. Ukuran fineblue tergolong ringkas gampang dibawa kemana-mana. Cocok untuk traveling. Sayang baterai cuma cukup untuk beberapa jam saja. Tapi jika anda cari kualitas suara dan ketahanan baterai. Tak salah lagi…. bluedio adalah pilihan yang pas….ga kalah dibanding headset premium!

 

 

 

4 thoughts on “Review beberapa wireless headset murmer. Murah belum tentu jelek….”

  1. klo model segede itu mah ribet om. mending yg earphone iem. saya dulu naksir senheiser yg iem , cuman lagi banyak keperluan akhrnya beli phrodi 007 jimbon, ini aja udah enak. dan masih awet udah hampir 5 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.