Jaman Now…Orang Awam Bisa Jadi Tehnisi HP Dadakan. Pengalaman ganti Layar HP Xperia Z1 Bermodal Youtube.

Apes banget Si Faiz… beberapa waktu lalu SF belikan HP bekas sebagai hadiah ultah. Baru Seminggu HP ketimpa 2 X musibah. Musibah pertama kesalahan Bapake dan Bundane menjatuhkan  HP Faiz dari motor saat melaju. Untung cuma casing belakang pecah. Musibah kedua lebih fatal. Layar touchsreen  pecah gara-gara adiknya tak sengaja mejatuhkan spinner tembaga yang lagi muter pas diatas layar. Retak dah layar touch screennya. Jelasnya Faiz sedihnya ga ketulungan.

SF coba bawa ke tukang servis di PGC. Harga yang dipatok oleh beberapa gerai servis antara 600-700rb! Byuhhhh larang puolll…. ga ada yang berani ganti touchscreennya doank , kudu 1 set sama LCDny. nambah dikit aja dah bisa beli z1 bekas tuh.

SF coba googling cara mengganti LCD z1. Ada 3 mode yang ditawarkan. Ganti touchscreen doang, ganti touchscreen + LCDnya, dan sekalian ganti 1 set plus framenya. Sebelum nekat SF konsul dulu ke rekan yang biasa bongkar Hp anaknya. Sarannya mending sekalian sama framenya , lebih ga beresiko. Temen sableng inilah yang memprovokatori SF untuk ganti sendiri LCD z1… SF sempat jiper karena tools ga lengkap. Syarat di youtube perlu obeng, blower, pengungkit, pinset dll… rekan SF mau minjemin obeng… untuk blower bisa diganti korek

akhirnya SF kemakan juga dengan omongan  teman SF ini. Nekat …SF deal lcd plus frame xperia secara online . Nunggu barang datang sehari sekaligus nunggu obeng pinjeman.

Saat itupun tiba.. lcd pesanan dan obeng pinjaman sudah siap didepan mata. sempat was was SF akan mulai. Maklum SF ga ada basic electronic sama sekali… bener bener nekad berdasarkan panduan youtube doank.

Ternyata emang njlimet…. :mrgreen: butuh kesabaran, ketelitian, dan kenekatan 😆 salah dikit fatal akibatnya… jangan sampai dah kejadian kabel putus, jalur patah atau flexy sobek.

Blower pemanas untuk melepas backdoor dan lcd lawas, digantikan dengan korek api . Dan cara ini cukup ampuh melemahkan lem pada LCD dan backdoor. Pengungkit menggunakan bekas SIM card. Pinset pinjem dari perlengkapan manicure pedicure bunda.

Xperia z1 tercerai berai

2 jam berkutat dengan bangkai Z1 akhirnya membuahkan hasil. HP z1 yang awalnya dah mau dibuang, kini berfungsi kembali.

Taraaaa… z1 sehat kembali 🙂

Ternyata bongkar pasang HP seperti menyusun permainan lego… bedanya jauh lebih ruwet dan menantang…. 😆

Sebelum mengalihkan HP rusak kepada tehnisi , ada baiknya googling youtube dan toko online dulu. Banyak referensinya kok.

Ini link video yang memandu Sf

4 thoughts on “Jaman Now…Orang Awam Bisa Jadi Tehnisi HP Dadakan. Pengalaman ganti Layar HP Xperia Z1 Bermodal Youtube.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.