Beberapa Pantangan Memancing dilaut, Konon Apes Jika dilanggar

Not me… SF bukan penganutnya. Namun banyak nelayan yang percaya jika hal ini dilanggar maka hasil pancingan akan sepi. Di Pantai Tanjung Pakis Karawang misalnya… kapten senior disana kurang berkenan jika tamu membawa bekal seperti ini:

1. Pisang

2. Telor

3. Kacang

4. Pete/Jengkol

Jika membawanya saat trip mancing dipercaya bikin apes….

Khusus untuk mainline sangat disarankan pakai Monoline. Karena ikannya konon disono “pinter-pinter”. Langsung ngilang/ga mau makan kalau pemancing menggunakan mainline PE/braided.

Beberapa kali SF di ingatkan hal ini… bahkan seringkali SF disalahkan karena melanggar hal diatas jika hasil mancing kurang dari yang diharapkan.

Berdasarkan cerita rekan komunitas mancing dikalimantan bahkan bawa lifevest bisa bikin apes trip mancing… alasannya sebelum mancing kok dah bersiap apes (tenggelam) , saat berangkat mancing kudu optimis.

Ada juga yang mensyaratkan jika ingin hasil pancingan banyak, sehari sebelumnya ga boleh berhubungan badan dengan istrinya…. (SF lupa nanya, kalau bukan sama istrinya gimana ? :mrgreen: ). Ada yang bilang ga boleh melangkahi joran….

Waktu mancing ini SF melanggar pantangan loh

Sebagai EO yang juga ngurusi perbekalan, dll, SF seringnya ndablek terhadap pantangan diatas.

 

Rejeki ada di tangan Allah. berdasarkan pengalaman, tidak ada korelasinya hasil mancing dengan pantangan pantangan diatas.

Namunnn….. rekan sekomunitas mancing mengingatkan…. mending kita menghormati kepercayaan setempat agar kapten dan ABK sepenuh hati melayani pemancing dan optimis kalau hasil mancing berlimpah. Ga lagi nyalahkan apa yang dibawa pemancing (ga bisa ngeles dah ).

Manut manut…

 

4 thoughts on “Beberapa Pantangan Memancing dilaut, Konon Apes Jika dilanggar”

  1. biasanya mancing pake senar PE dan belum pernah denger pantangan diatas, tapi gak pernah bawa pete. minute maid adalah wajib

Leave a Reply

Your email address will not be published.