Waspada Pasang Spion R25 ke Nmax. Bisa Bikin Bodi Retak

Hati- hati gan jika pasang Spion R25 ke Nmax dengan cara melubangi bodi. Nmax SF sudah sekitar 2 tahun memasangnya. Nah beberapa waktu lalu timbul masalah berupa keluar bunyi getaran saat melewati jalan keriting.

Spion R25 plus dudukan untuk Nmax

Sempat SF pusing dibuatnya… cek dudukan plat nomor aman ga goyang, dudukan windshield rapat, spion juga kokoh. Akhirnya SF coba buka bodi Nmax bagian depan. Baru deh ketahuan masalahnya.

baut kendor didalam bikin bunyi getaran

Dudukan spion bagian dalam yang nempel braket lampu bautnya kendor ini yang mengeluarkan bunyi getaran saat motor melewatijalan rusak. Alhasil kekuatan spion hanya berasal dari bodi plastik saja… akibatnya fatal gan….  bodi Nmax retak ! ternyata bukan hanya bagian sebelah saja bodi Nmax retak. Sisi satunya juga retak bro…. padahal dudukan spionnya ga goyang. Jadi bisa disimpulkan…. braket spion R25 yang dipasang dibalik bodi Nmax sangat tidak disarankan karena merusak bodi!

bodi retak
retak juga

Selain pemasangannya perlu melubangi bodi, lambat laun bikin bodi Nmax retak!

Daripada retak tambah lebar SF putuskan untuk memindah posisi spion R25 lebih keatas memanfaatkan dudukan windshield. SF beli braket spion R25 yang dikhususkan untuk Nmax tanpa melubangi bodi Nmax. Sayang 2 tahun lalu barang ginian belum ada…

Braket spion yang baru ini jadi satu dengan dudukan windshield adjustable , yang bisa menggeser windshield keatas dan kebawah serta merubah sudut kemiringan windshield. Namun karena ga cocok dengan windshield punya Nmax yang sebelumnya terpasang, terpaksa SF tidak memasang dulu dudukan windshieldnya. Cuma SF pasang dudukan Spionnya.  Hasilnya sekarang posisi spion jadi lebih tinggi… tapi posisi spion agak masuk ke dalam, posisi lebarnya ga jauh sama spion std scoopy yang terpasang di tiger SF. Passss…. Saat masuk garasi ga perlu lagi buka tutup spion. bekas lubang spion R25 yang lama SF tutup saja pake mur baut ukuran 10 plus ringnya.

Nmax memakai spion R25 dengan braket khusus tanpa melubangi bodi

 

ingat ya spion bukan hanya pajangan yang malah dilipet saat dikendarai….

4 thoughts on “Waspada Pasang Spion R25 ke Nmax. Bisa Bikin Bodi Retak”

Leave a Reply

Your email address will not be published.