Nmax atau PCX ya?jajal dulu baru beli! Yang jelas Nmax akan menerima pukulan telak dari pcx

SF tergolong blogger yang kurang aktif berkarya, masalah mood saja… nah selang beberapa hari setelah peluncuran PCX lokal… SF yang jarang memfollow berita-berita otomotif , dapat pertanyaan dari 3 rekan / pengunjung blog. Intinya sama…. mending beli mana Nmax dan PCX.
Jawabannya hampir sama SF berusaha mengembalikan keputusan pada mereka, dengan beberapa pertimbangan dan opini. Benar SF pengguna harian Nmax, tapi PCX hanya SF dapat dari literatur saja.

Kelebihan Nmax handling superb, daya rekat ban dan rem top level. Mesin responsif, motor bandel…. SF tergolong males ngebengkel palingan rutin ganti oli di 2000 atau pas khilaf 2500 km sekalian bersihkan filter udara dibengkel umum. Setelah gratisan servis berakhir SF cuma 2 kali mampir bengkel resmi pertama karena saatnya ganti belt sekalian roller dan rumah roller karena memang sudah waktunya( 25rb km), dan yang kedua mogok karena bensin kecampur air. Soal kemampuan menahan beban berat jangan tanya…. Nmax SF rutin boncengan sekeluarga.

Yang paling menjengkelkan soal Nmax adalah shock keras … karena shocknya sendiri yang luar biasa konyol kerasnya dan sudut shock yang terlalu tegak, dan melemahan lain yakni kemampuan melibas banjir yang parah… kalah sama beat/matic kecil. Motor2 itu masih melaju di genangan air cukup lumayan, Nmax cuma meraung raung tapi motor ogah melaju karena selip.

Gimana soal PCX… berdasarkan literatur saja yah… ada beberapa fitur dan Kelebihan PCX yang bikin SF pun ingin melamarnya… fitur ini yang telak mempermalukan Nmax , bikin Nmax terlihat tertinggal bebererapa abad :mrgreen:

PCX ada ISS , dimana mesin mati jika beberapa saat motor berhenti total, Nmax kagak ada!

PCX ada colokan charger, Nmax kagak ada!

PCX ada alarm dan keyless system. NMax pake kunci biasa seperti motor puluhan tahun lalu :mrgreen:

Ban pcx sekarang ga cemen dah kekar loh ukuran 120 buat belakang… memang sedikit lebih kecil dibanding Nmax yang 130… TAPI pcx dah pakai velg 14″ yang punya keunggulan lebih stabil dan lebih mentolerir jalanan ga rata dibanding velg yang lebih kecil diameternya.

Tampilan PCX tampak elegan, Nmax sporty klo ini soal selera sih…

Ada sedikit concern SF terhadap PCX… jika CVTnya plek dengan vario. Maka ada yang harus dibenahi… banyak kasus vario bergetar dan tersendat tersendat saat awal akselerasi, kemungkinan besar masalah pada kampas kopling yang permukaannya kurang luas. Semoga hal ini tidak menimpa PCX baru… solusi gampang… ahm jiplak saja kampas Nmax karena itu solusi yang diambil oleh pemilik vario lama 😆

Kapasitas bensin pcx 8 liter dibanding Nmax 6.6liter… cocok bagi orang yang males buang waktu di pom bensin

Nah sekarang masalah harga. Harga akan tidak beda jauh sekitar sejutaan untuk tipe terendah… inilah yang bakal telak memukul Nmax. Fitur PCX sepertinya cukup berlebihan dibanding selisih harga dengan Nmax.

Bagaimana prediksi SF….? Nmax bakal terpukul… akan di gerogoti bahkan pasarnya akan dirampok PCX , bukan mustahil PCX menggantikan posisi Nmax sebagai raja baru skutik selonjoran.

Terlambat…. terlalu pelit Yamaha memfacelift Nmax 2018… perubahan warna velg, shock tabung, tampilan speedo, dan desain jok akan susah digunakan untuk menangkis serangan PCX.

Meski performa Nmax sepertinya masih diatas PCX. Namun selama ini performa sama sekali tidak menjamin penjualan… ga percaya? Cek aja dah sendiri gimana penjualan beat vs mio, NVL vs CB gimana?!

Artikel diatas seakan SF mengagungkan PCX, namun knapa SF menganjurkan calon buyer untuk lebih baik membandingkan dulu secara langsung antara pcx dan nmax?. Kenyamanan bermotor bukan hanya dari baca artikel saja… coba sendiri… cocokkah dengan ergonominya, ketinggian kah, nyamankan…. gimana soal delivery powernya…, handlingnya? Sejauh mana calon buyer bisa mentolerir kelemahan produk yang akan dibelinya…. kalau sudah yakin dan cinta, lupakan opini blogger dan orang lain…. bukan mereka yang membelikannya untukmu.

Masing masing orang akan mungkin beda pendapatnya… opini dan kesan blogger juga akan beda dengan pembaca. Blogger mungkin sebagai pengingat …jangan emosional saat milih motor daripada menyesal kemudian. Motor ini ada ini itunya loh motor lain kagak….  motor ini kelemahannya ini loh….dll

Sebagai pemakai Nmax kok SF malah kliatan belain PCX… ini semata-mata biar yamaha sadar….  saingan mereka adalah pimpinan pasar! Kasih fitur lebih saja motor jualannya kalah bersaing dengan produk pimpinan pasar… apalagi kalau kalah fitur….

Nah kalau yamaha nambahi fitur Nmax paling tidak Nmax ga anjlok penjualannya, calon konsumen juga yang mesem… calon motor motor yang bakal dibeli fiturnya makin lengkap 😆

Trus SF sendiri milih mana? Ya tetep jajal dulu…. !

Klo katakanlah ga ada kesempatan jajal 2 2 nya … sepertinya pcx lebih menggiurkan

Tapi …Kondisi sekarang SF dah punya Nmax… motor ini sudah diset sesuai keinginan SF. Shock ganti super duper empuk, jok model sofa yang bikin terlena, windshield dah ditinggiin melindungi dada dari terpaan angin langsung, mesin dah disetting untuk perkotaan… cukup disayangkan jika ganti PCX.

Motor apapun punya kelemahan… kalau ngaku biker sejati bisa lah cari cara mengatasi kelemahan itu… kalau ga bisa ya….  life with it!

13 thoughts on “Nmax atau PCX ya?jajal dulu baru beli! Yang jelas Nmax akan menerima pukulan telak dari pcx”

  1. YIMM terlalu pelit waktu facelift NMax kemarin … niatnya mau mendahului AHM ditikungan, beneran sihh dapet dan bisa ngeduluin tapi …. ternyata disikat habis di trek lurus

    padahal sebagian fitur itu sudah ada di Aerox155 tapi kenapa gak dijadikan paket dalam facelift NMax … sebutlah ACG starter (eh di Yamaha disebut apa yah), Keyless, Alarm, charger port

    yakin deh sekarang YIMM mules dan puyeng ngeliat PCX lokal …

  2. Advicenya super duper, jujur dan realistis,,gak kyk bloger lain yg terlalu biasa..terkesan promo ataupun amplopan, baik yg positif maupun negatif.

  3. suka ama kalimat terakhirna… “Motor apapun punya kelemahan… kalau ngaku biker sejati bisa lah cari cara mengatasi kelemahan itu… kalau ga bisa ya…. live with it!”

    NMAX lebih ke arah sport, PCX dgn mesin Varionya plus bobot segitu larinya cuma cepet ampe 60 an.. ke atas nya berani adu dengan NMAX… tapi kan… katanya orang beli matic buat kenyamanan

  4. Sepertinya penambahan fitur iss, keyless, charger di NMax seperti milik Aerox nunggu ganti model body sekalian di 2018/2019 ? Agak terlambat menurut saya karena keburu disikat PCX di tahun depan.

  5. Sing jelas dulu waktu jual PCX yang mau beli udah pake Nmax dan pada bilang kurang puas, sementara meski dari sisi mesin mestinya Nmax lebih mantep tapi dari sisi suspensi (standar) rasanya PCX lebih juosss. Terbukti kan suspensinya Nmax di upgrade.

  6. waktu GSX pake keyless di bilang fitur gak guna ama ngepbeha tp PCX udh pake keyless. Keyless membantu si pemilik agar tidak kehilangan motor. Udh beli mahal2 di maling rasanya gimanaaa gitu…

  7. kalau menurut saya sih kang yimm sudah aware dengan kehadiran new pcx lokal, buktinya facelift, meskipun minor akhirnya dikeluarkan tp memang sesuai dengan timeline sih, memang kalau mau mempertahankan banyak yang harus dikejar yimm, yang paling telak adalah soal fitur bawaan, sebaiknya memang mereka meombak habis fitur bawaan toh sudah ada vendornya, mal barangnya, tinggal yang susah adalah membuat pemilik nmax lama nggak ngiri dengan pemilik nmax baru, soalnya yang susah adalah bagaimana me maintain konsumen agar loyal kepada pabrikan.

    1. ——-“soalny yg susah adlah bagaimna me-maintain konsumen agar loyal kepda pabrikan”,,..

      setuju bangetttt,. dan dsini lah kekurang terbesar ymha, sebalikny justru honda sangat kuat dlm me maintain konsumenny(tpi cenderung d manfaatin mereka untuk keuntungan sepihak yg merugikan konsumensetuju bangetttt,. dan dsini lah kekurang terbesar ymha, sebalikny justru honda sangat kuat dlm me maintain konsumenny(tpi cenderung d manfaatin mereka untuk keuntungan sepihak yg merugikan konsumen),….

      mkany jangan heran, 3 kemurangan honda vs 1 kekurangan ymha, honda masih jdi pilihan, ..(d mayoritas segmen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.