Overhead Real Bukan Buat Sok-Sok an, ada kelebihan yang tidak bisa disaingi spinning reel

spinning reel adalah reel atau kerekan pancing konvensional yang umum dipakai oleh pemancing dari pemula hingga kelas berat. Ciri reel ini adalah penempatannya berada di bawah joran. Penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya. buka bail arm (kawat melingkar), lempar umpan, tutup bail arm kembali saat menggulung senar. senar pancing lebih aman dari kusut. kemudahan ini yang disuka oleh pemancing. jarak lempar spinning reel juga lebih jauh dibanding Reel jenis OH (Overhead Reel) karena spool tidak ikut berputar saat senar keluar spool.

Tapi kenapa OH reel jadi favorit beberapa angler saat memancing dilaut?

bagi pemula yang baru memancing laut, seperti SF, reel OH hanya pemborosan alias buang-buang uang. spinning reel lebih banyak kelebihannya.

efek dari salah gaul dengan angler2 gokil :mrgreen: bikin SF membuka mata. rekan satu grup SF rata rata memakai OH reel tanpa leverwind.

left to right :spinning, OH leverwind, OH non Leverwind

opo maneh leverwind itu? leverwind adalah alat yang berfungsi menata senar dalam rumahnya/spool. lah kalau ga ada leverwindnya? ya ditata sendiri pake ujung jari …. repotttt nggulung sambil menata senar! :mrgreen:

ternyata ada alasan khusus pemilihan OH reel tersebut…. TORSI! itu alasan utamanya. satu hal yang susah dilawan oleh Spinning Reel. handle reel lebih terkoneksi langsung dengan spool saat menggulung . feel lebih dapat. Beban menggulung lebih ringan memakai OH reel. ini belum ngomongin dapat ikan loh. ini baru ngomongin Jigging…hambatan/gesekan pada OH reel non leverwind terpusat pada 1 titik di ujung joran dimana senar tertekuk hingga membentuk sudut 90. beda dengan Spinning reel maupun OH reel dengan leverwind. ada 2 sumber gesekan utama , pada ring di ujung joran dan pada reel (bagian roller arm atau leverwind)

Jigging adalah aktivitas agar umpan metal didalam air menyerupai mangsa sekarat atau mangsa sedang panik melarikan diri dari predator. disini baru kerasa kelemahan spinning reel. putarannya lebih berat dibanding OH (apalagi OH tanpa leverwind) meski rationya sama.

jika ngomongin soal slow jigging. gaya ini butuh ratio reel besar, bobot tackle ringan agar kuat berlama lama jigging. OH khusus yang ratio diatas 1:6 atau yang line retrievenya diatas 75cm lebih dijagokan. action lure metaljig menyerupai ikan/cumi sangat besar dipengaruhi oleh besarnya ratio reel. memaksakan spinning reel untuk slow jigging , bisa fatal efeknya. Gir/gigi daleman spinning reel bisa rontok saat diginakan berlama-lama jigging dan stamina angler cepat terkuras karena bobot reel spinning yang berat. eh bisa juga bikin pergelangan tangan cedera loh.

sekarang ngomongin saat fight dengan ikan. karena torsi spinning reel ga sekuat OH reel , spinning reel membutuhkan rods atau joran yang kuat yang artinya juga berat. ikan besar dibetot keatas dengan Joran, Joran diturunkan sembari menggulung spinning reel dengan cepat memanfaatkan turunnya tegangan pada senar. berulang-ulang seperti itu sampai ikan naik. Beda dengan Overhead reel, OH reel dipadukan dengan joran ringan pun sanggup. Reel Overhead lebih mampu memaksa ikan naik ke permukaan. Rekan SF memakai reel OH dan joran slow jigging sekelas PE2, pernah mengkanvaskan ikan GT 15 kg!. Joran lebih berfungsi mempertahankan tegangan senar , serahkan pekerjaan kerasnya pada reel.

jadi ternyata penggunaan reel OH bukan cuma gaya-gayaan… disamping keribetan memakainya, terdapat kelebihan yang tak dapat disaingi Spinning reel.

tapi kalau pake OH set tackle tapi buat dasaran doank kok sayang duitnya ya… OH reel rata2 mahal, tapi kelebihannya kurang terpakai :cry

spinning reel vs overhead… jangan dipaksa saling menggantikan. kelebihannya beda beda

5 thoughts on “Overhead Real Bukan Buat Sok-Sok an, ada kelebihan yang tidak bisa disaingi spinning reel”

    1. BC klo dilaut bisanya dilaut dangkal dengan jig ga seberapa berat. line retrievenya juga ga sepanjang OH. abu garcia orange max3 BC rasio 7.1:1 saja cuma 74cm. shimano torium diatas 100cm. OH bisa muat tali diatas 300 meter-1000meter. BC sekitar 200an. klo dilaut dangkal sd 50m enak BC, lebih dari itu jelas OH. PD ketemu ikan apapun

  1. Kalo nyimak di forum2 mancing seperti kaskus dll, ko reel overhead jarang direkomendasikan ya. Bukan masalah harga sih, soalnya banyak juga yg pake set spinning mahal

    1. set spinning bakal susah menyaingi OH. klo di perairan S/d 50m mungkin ga signifikan. begitu diatas itu plus arus kencang, butuh pemberat kadang bisa sampai setengah-1 kg timah untuk menyasar ikan dasaran. pak spinning bisa juga sih. tapi jauh nyaman OH. kelemahan OH adalah susah buat casting / lempar umpan jauh. meski ada beberapa OH yang memang bisa. banyak angler ogah pake pake OH karena riskan kusut kalau ga biasa, apalagi OH yang non leverwinder (conventional reel) malah anglernya kudu menata jatuhnya benang ke spool secara manual. ga bakal jatuh cinta memang klo belum jajal dan belum ketemu habitatnya. soo far Im really fall in love with OH reel. seringnya malah ryobi applause dan tica cybernetic saya tinggal dirumah saat trip. ?

  2. Setelah liat video tenggiri bisa di k.o dengan enteng tanpa pompa joran. Jadi ngebayangin pake tackle oh di kolam galatama, bisa nyeret babon tanpa ampun ?. Pasti bikin tetangga sebelah melongo

Leave a Reply

Your email address will not be published.