Mengupas Teknik Mancing Slow Jigging

Beberapa dekade terakhir teknik slow jigging mulai merambah angler Indonesia. khususnya yang suka mancing di laut dalam. teknik ini berbeda dengan Jigging biasa.

Jigging adalah teknik memainkan umpan buatan berupa Metal Jig (timah berbentuk ikan) sedemikian rupa sehingga mirip ikan mangsa yang berusaha melarikan diri dari predator.

Berbeda dengan Slow Jigging. Teknik ini berusaha menirukan ikan sekarat atau mangsa yang sedang cedera…. target mudah bagi predator tentunya. Kelebihannya teknik slow jigging adalah umpan berada lebih lama di area ikan target, Angler tidak cepat lelah, dan target ikan lebih luas.

sama-sama memainkan umpan Metal Jig tapi bukan berarti tacklenya disamakan. berikut SF share peralatan mancing apa yang dibutuhkan untuk memainkan teknik mancing slow jigging :

1. Joran bukan sembarangan. Ada joran yang khusus diciptakan untuk mendukung teknik slow jigging. lebih lentur dibanding joran jigging biasa. bobot biasanya ringan. prioritas joran ini adalah menciptakan action lure yang senatural mungkin.

2. Reel yang dipake disarankan jenis Overhead dengan rasio diatas 5:1 … loh kok besar? makin cepet donk larinya lure? seperti yang ditulis diatas, slow jigging perlu joran khusus teknik menggulung dan memainkan joran juga khusus. Angkat joran sembari gulung reel antara 1/4 putaran hingga 1 putaran penuh. saat memutar handle reel, ujung joran melengkung menahan beban metal jig dan akan kembali lurus. saat kembali lurus itu handle reel diputar lagi sembari memainkan joran naik turun. ulangi aksi ini terus menerus dengan variasi tempo maupun tinggi rendahnya mengangkat ujung joran. kalau rasio reelnya terlalu kecil, action lurenya terlalu pendek pendek, kurang menggoda ikan. Beberapa produsen memberi kode HG(HIGH Gear) pada reel khusus slow jigging. berdasarkan artikel yang SF baca Slow Jigging reel minimal punya line retrieve 75 cm. Beberapa reel kelas berat meski jenis PG (Power Gear) line retrievenya diatas 75 cm sekali putaran penuh. SF pernah ukur Reel Xzoga TX-S51PG rasio hanya 4.9:1 namun line retrievenya diatas 80cm. soal reel Overhead bisa baca disini

3. Senar / Tali pancing yang dipakai jenis PE , makin kecil makin bagus action Metal Jignya. makin mudah Metal Jig nyampai dasar karena ga terbawa arus. Tapi karena ikan predator sizenya besar-besar jangan juga terlalu kecil capek fightnya…, ukuran PE2-2,5 rasanya pas.

4. Jenis Metal jig biasanya berbentuk daun yang beratnya ditengah. hal ini menimbulkan action menarik saat Metal Jig jatuh kebawah. Dia akan bergoyang goyang kearah samping (tidak lurus seperti vertikal jigging). disaat inilah strike ikan biasanya terjadi, jarang ikan menyerang saat jig naik. karena itu saat memainkan joran dan reel. hindari gulung reel saat mengarahkan joran kebawah karena mengurangi aksi jatuhnya Metal Jig.

4 terkiri bentuk Metal Jig untuk Slow Jigging

5. Saat fight dengan ikan besar kudu lebih sabar. Joran slow jigging rata-rata lift powernya rendah. susah memaksa ikan naik dengan joran. Reel berperan besar disini. Seperti yang SF bahas kemarin (baca disini) , Rod Overhead lebih disarankan karena torsinya kuat dibandingkan Spinning reel. Rekan SF pernah fight 45 menit dengan tuna seberat 20 KG, rods bertugas menjaga tegangan senar jangan sampai kendor. saat lift joran juga ga tinggi-tinggi amat. telaten saja muter handle reel saat ikan ambil jeda fighting.

jauh lebih gampang fight dengan spinning reel kelas berat. SF fight dengan ikan mundu diatas 15 kg ga sampai 10 menit pakai Reel spinning ryobi applause 8000 modif carbontex , dengan senar dan Rod PE5 ( power diatas 20kg). yang sudah maniak mancing,berhasil landed ikan besar dengan tackle ringan kepuasannya tiada tara.

binuangeun. joran Ocea Jigger B604, reel Ocea Jigger 2001NRPG, 40 meter dari dasar .

hal diatas cuma teori yang SF baca serta menyadur ilmu-ilmu dari rekan senior di salah satu grup mancing. monggo silahkan di koreksi dan ditambahi. atau boleh juga curhat mancing dikomentar .

special thx to Om Dede Abdias dan om Hanest Kastoric… fotonya saya pajang dimarih biar tenar 😆

3 thoughts on “Mengupas Teknik Mancing Slow Jigging”

    1. metal jig dari 20 rban sampe ratusan ribu ada… saya pake yg replika sajah…. :mrgreen: weekend ini mau trip rencana ga bawa umpan jadi full jigging. moga2 cuaca mendukung

  1. Yg saya ingin tanyakan…apakah reel dengan rasio rendah/PG tidak bisa buat slow jiging..??? Karna timbul beberapa orang bilang klo slow jiging harus hg..??? Padahal..klo kita bicara nyaman…lebih nyaman pake pg…..to kok sering kali sy difonis..harus hg kko slow jigging…mohon kasih jawaban yg sekiranya masuk diakal sy…..🙏🙏🙏🙏🙏trimaksih salam strike

Leave a Reply

Your email address will not be published.