Binuangeun, Pantas jadi salah satu spot idaman Indonesia Barat.

perolehan tergolong sepi namun ikan2 eksotis dan mahal…. bonusnya babon Bracuda 18kg.

Binuangen, sangat pantas menjadi destinasi favorit pemancing di Indonesia bagian barat. lokasinya berada di tenggara Ujung Kulon. Ikan yang bervariasi dan ukurannya cukup besar menjadi salah satu alasan tempat ini banyak diidamkan pemancing. begitu juga kedalamannya. spot 40 hingga diatas 100 meter juga ada. ikan pelagis dan ikan karang juga masih berlimpah.

hampir segala teknik mancing dapat diterapkan disini (asal jangan negek ya… ikannya beringaz), dasaran, slow jigging, vertikal jigging, cast jigging, trolling, ngoncer maupun ngotrek. ikannya termasuk ikan mahal loh… Kerapu tutul, kerapu Lodi, Ruby, dogtooth, YFT, dll. tapi disayangkan jaraknya cukup lumayan jauh di tempuh dari ibu kota. bisa 6-7 jam perjalanan. Biayanya juga agak lumayan… maklum Kapalnya kudu ukuran gedhe agar tidak goyang di lautan lepas. trip biasanya 2-3 hari, klo sehari doank sayang habis waktu dijalan.

ada beberapa spot bagi kapal yang berlayar dari binuangeun

Benawo : ini spot paling favorit saya. isinya banyak ikan dasaran yang harganya cukup mahal. contohnya : kerapu Lodi, Kurisi, Kakap Merah, Kerapu tutul macan hingga katanya Ruby juga ada. ukurannya sekitar 1-3 kg.tak jarang sekali strike ngangkat lebih dari 1 ikan ukuran besar.

double strike kerapu lodi

Karang Tengah : biasanya disini tempat mainnya ikan-ikan predator. kudu siap-siap fight disini. kuwe, doogtooth tuna, baracuda, GT. kasar-kasar tarikannya.

sekitaran P.Deli : biasanya kapal berteduh untuk makan siang disini. strike rate paling tinggi tapi ikannya relatif kecil. pas ngomzet disini buat lauk makan dikapal.

selatan P.Tinjil : SF rasa disini ikannya agak kurang, apa karena lokasinya dekat dengan pulau jawa jadi overfishing yak. tapi klo lagi strike lumayan juga ikannya.

3 kali sudah SF ke Binuangeun selama Nopember-Februari. trip pertama harus disudahi karena kerusakan kapal . sempat mancing di selatan P. tinjil sebelum kapal terpaksa diderek. trip kedua tanggal 9-10 Feb adalah trip pengganti kapal rusak sebelumnya jadi gratis cuma bayar solar dan umpan di geser ke tanggal 9-10 Feb. Nah Trip ketiga emang dah diniati sama teman teman kantor 16-17 Feb.

ketiga trip ini sebenernya termasuk sepi ikan , karena arus bawahnya cukup kencang plus gangguan luamba-lumba yang bikin ikan ikan besar ngacir… tapi lihat sendiri hasilnya.. cukup melimpah saat dibawa pulang. kerapu lodi, kerapu tutul,tenggiri,kuwe,baracuda,marus,lencam,kurisi,kadal,GT, dll kumllit dah. beberapa ikan diatas harganya ratusan ribu sekilo di restoran khusus yang menyajikan ikan segar di Jakarta.

ikan paling besar yang berhasil SF dapatkan adalah Tenggiri ukuran 7 kgan. 2 kali SF nyajen metal jig saat slow jigging, yang 1 digondol ikan pari babon. kok tau klo itu pari? ini aja dikasih tau rekan senior dan abk , ikan ga berontak kasar seperti ikan umumnya, tapi begitu diangkat dikit langsung melawan kebawah dan nempel dasaran SF kira nyantol karang , begitu senar digulung pakai gulungan tangan, eh ikan melawan dan menarik paksa senar . terpaksa dibetot sampai putus, karena berdasarkan pengalaman bisa berjam-jam fight dengan ikan pari besar. dagingnya ga enak pulak…

Pengalaman nyajen kedua juga slow jigging. Saat SF strike lalu tali mengendor, SF kira ikan belum hook up… beberapa detik kemudian tiba tiba joran menekuk tajam dan tali langsung putus. sepertinya ikan menyambar umpan jig dari bawah, setelah itu menukik kebawah menuju karang. ciri ikan kerapu ini. Beberapa Rekan SF juga kehilangan jig tanpa terasa…. jelas ini digunting sang rampok baracuda.

di Binu ini tempat yang cocok merasakan sensasi strike sampai menguras stamina. SF narik ikan kuwe cuma 3 kg sampai perlu waktu 10menit loh. bayangkan saja kedalaman 100meter, pemberat sampai 1kg agar umpan dan tali bisa sampai dasar, dan karena arus sangat kencang menambah beban saat fight. SF juga ga berani betot Joran karena tackle milik angler lain (sedangkan dia sendiri ngacir tidur dikamar :mrgreen: ) jadi ga tau spek dan beban maksimal tackle ini.

Puas Puas dan Puas…. meski perolehan tergolong murang rame tapi karena SF yang paling rajin nyemplungin umpan jadinya sering strike 😆 . tempat ini ga direkomendasikan untuk angler yang baru main ke laut. laut selatan terkenal ganas ombaknya, bikin mabok laut. Perjalanan darat yang cukup jauh dan jarak spot yang jauh dari tempat sandar kapal juga jadi problem bagi pekerja kantoran seperti SF. sampai-sampai kudu cuti. satu lagi kendalanya trip ke binu biayanya relatif lebih besar… 😥 kapal perlu sewa lebih besar agar tidak goyang.

perolehan kurang beruntung saja segini. klo lebih rame bisa 4x lipat

Alhamdulillah Allah masih mengijinkan SF merasakan mancing ditempat ini. hasilnya bisa bikin istri bahagia merasakan ikan yang hanya dijual direstoran mewah …. 🙂

5 thoughts on “Binuangeun, Pantas jadi salah satu spot idaman Indonesia Barat.”

  1. wah kl di makassar mah ikan kerapu ginian banyak di jual di pelelangan ikan, trus harganya jg murah sekitar 20 rbuan/ ekor, mkgn krn letak perairan di sulawesi yg kaya akan ikan lautnya jadi ikannya dijual agak murah

  2. Hi! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your
    site mobile friendly? My weblog looks weird when browsing from my
    iphone 4. I’m trying to find a theme or plugin that might
    be able to resolve this problem. If you have any suggestions,
    please share. With thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published.