Mengapa Memilih Xiaomi Amazfit Pace?

Kelanjutan artikel kemaren perihal Tips memilih smartwatch ,

Kali ini SF bahas kenapa SF menjatuhkan pilihan ke Xiaomi Huami Amazfit Pace… monggo disimak kali saja kepincut πŸ™‚

amazfit pace upgrade strap stainless

 

Seharusnya dengan budget yang sama , SF akan mendapatkan smartwatch yang jauh lebih canggih dengan sistem operasi Android. tapi sayang merknya ga jelas. πŸ™‚

Untuk memilih smartwatch yang cocokΒ  SF bikin daftar kebutuhan dan prioritas SF akan sebuah smartwatch. Smart watch yang SF butuh kudu memenuhi unsur berikut :

1. Awet baterainya .

ini jam bukan HP… masak jam di cass tiap hari. maunya sih yang awet bisa dipakai semingguan tanpa ngecass, biar ga repot klo mancing lama dilaut . kalau pake OS android apalagi yang stand alone sepertinya bakal boros.

2. Layar always on.

cukup aneh saat melirik jam tapi layarnya mati. meski smartwatch umumnya auto on saat layar jam digerakkan menghadap wajah, tapi tetap saja SF kurang suka punya jam berlayar blank. SF perlu yang setiap saat bisa dilihat, cukup dilirik ga perlu menggerakkan tangan/pencet tiap saat ingin lihat jam. lagi – lagi smartwatch bersistem operasi kudu SF coret dari pilihan. agak lucu juga di lihat orang awam, jam mati kok dipakai πŸ™‚ (padahal mahal loh :mrgreen: )

3. Push message.

SF ga butuh smartwatch stand alone yang pake sim card sendiri agar fiturnya dapat terpakai semua. ribet piara simcard tambahan untuk berinternetan atau berbalas WA di jam. Terbayang begitu imutnya huruf di keyboard touchscreennya. SF lebih butuh push message dengan koneksi bluetooth. fungsi ini penting sekali. SF bisa monitor pesan di HP dengan sekelebat melihat layar jam saat berkendara. ga perlu berhenti merogoh HP untuk melihat pesan WA dari Bunda yang kepengen dibelikan martabak telor pas pulang kerja. push message juga sangat dibutuhkan saat trip mancing. ga lucu pas ribet mancing kudu buka2 HP untuk membaca pesan penting. resiko nyemplung tuh HPnya. lebih aman HP tetap di tas.

4. Tahan air

maklum sering buat mancing, naik motor hujan-hujan dll. minimal bersertifikasi IP67

5. bahan tali everlasting dan ga bikin alergi

jam SF semuanya ber strap/tali jam bahan stainless. SF coba bahan karet atau kulit sering bikin pergelangan tangan gatal. juga meninggalkan bekas dipergelangan tangan. paling ga jam nantinya akan mudah diganti-ganti talinya.

beberapa merk ternama terpaksa SF hapus karena borosnya dan layar mati (juga harganya yang jauh melebihi HP SF :mrgreen: ) . sempat terpikir model monochrome tapi sayang notifikasinya cuma ada pesan / telpon masuk tapi tidak bisa melihat isi pesan

awalnya pilihan jatuh ke amazfit BIP … baterai gokil, klaimnya sampai 45 hari sekali charge . jam ini dipakai juga oleh Bunda Faiz dan emang gokil… 2 minggu pake baterai masih 70% dengan kondisi siang konek HP malam ga dikoneksi namun posisi jam selalu nyala.

cukup disayangkan. bentuk amazfit BIP kotak dan terlalu imut untuk pergelangan “babon” SF. cancel dah… Bunda juga ga mau dikembarin.

akhirnya SF pilih saudaranya yakni Xiaomi Amazfit Pace. why???? these are the reasons :

– Baterai bisa sampai 3 hari sekali charge. Awalnya SF berharap seperti amazfit BIP tapi, 3 hari SF rasa cukup lah… pas buat sekali trip mancing kelaut yang biasanya 2-3 hari.

– layar always on dengan capacitive transreflective screen. meski backlight mati, tampilan pada layar masih terlihat jelas asal ada cahaya luar.

display pada amazfit pace masih terlihat jelas dalam kondisi sleep mode (backlight off). baterai 40% pada hari ketiga. siang tethered, malam non tethered

– Push Message/ notificationjika ada pemberitahuan di HP langsung diteruskan ke jam melalui bluetooth. pengguna bisa milih pemberitahuan dari aplikasi apa saja yang bisa diteruskan ke HP. SF sih aktifkan WA, SMS, Telepon masuk, Gmail dan jelasnya Internet Banking. yang lain SF non aktifkan biar ga boros baterai

push message/notification ini yang penting

– watchface bisa diganti ganti. bawaan memang cuma belasan. tapi bisa download sampai ratusan watchface biar ga bosen. info yang ditampilkan pada halaman jam juga komplit. bisa disetting sesuai kei nginan mulai indikator jam analog/digital atau 2-2nya, cuaca,ketinggian,langkah kaki,kondisi baterai, detak jantung, jarak tempuh,ketinggian, hari dan tanggal, dll. bebas terserah penggunanya. trust me ga bakal bosen dah. everlasting watch nih. ada tapinya sih. tampilan diatas adalah sleep mode dimana display jadi berkurang kualitas warna dan kerapatannya demi alasan penghematan daya. Meski sleep mode bukan berarti indikator jam freeze ya… tetap jalan kok. bandingkan bedanya : gambar pertama diatas adalah dalam kondisi aktif, gambar kedua dalam kondisi Sleep mode.

– tahan air dengan sertifikasi IP67, dah SF jajal untuk cuci tangan di wastafel, wudhu dan bahkan coba celup di bak mandi Amannnnn…..

– tali jam bawaan memang dari karet yang kurang SF sukai. tapi gampang diganti. Punya SF sendiri begitu beli langsung ganti tali stainless. tips : kalau pengen lebih murah beli strap/tali jam tangan yang universal, jangan beli yang khusus smartwatch. selisih harganya jauh… tapi ingat saat beli strap/tali jam sekalian pen nya ya. pen bawaan jam yang quick release ga bisa dipindah ke tali jam universal.

– fitur lain cukup membantu ada heart rate,wifi,compass,pengukur barometer dan altitude,multi alarm,prakiraan cuaca selama seminggu dimana jam akan langsung menyesuaikan dimana lokasi kita berada, GPS untuk track record,stopwatch,countdown, mp3 player yang dapat dihubungkan dengan bluetooth headset, pengukur langkah kaki, kalori terbakar,jarak tempuh,kecepatan, kualitas tidur, dll

Tak ada gading yang gak retak. karena harganya juga jauh dengan punya samsung gear, asus zenwatch, garmin , dll. banyak kelemahan dari xiaomi amazfit pace. misalnya minus agenda/ kalender, kalkulator, kamera, bahkan speaker (hanya getar). Namun ada sedikit kabar gembira… rupanya Xiaomi amazfit pace ini bisa ditambahi aplikasi android (apk) meski agak ribet dan kudu pake PC. Rencana SF nantinya akan SF tambahi aplikasi kalender dan kalkulator…. biar bisa atur jadwal dan hitung budget mancing πŸ˜†

Eh ya satu lagi Amazfit Pace ini dibekali memori internal4GB dengan sekitarΒ  2GB lebih yang dapat dimanfaatin untuk menyimpan file lagu, aplikasi, dan watchface.

Soo far cukup puas lah pake jam ini… moga awet sajah….

Kalau Amazfit kurang memenuhi harapan monggo intip artikel Tips memilih smartwatch ,

 

11 thoughts on “Mengapa Memilih Xiaomi Amazfit Pace?”

    1. beli sendiri. klo pengen murah beli tali jam universal ukuran 22mm , tapi sekalian sama Pen nya. pen bawaan yang quick release ga bisa dipasang

  1. Gan, kok banyak review batere nya boros, dan mati. Dan lagi ada yg baru update firmware beberapa fungsi GPS nya bermasalah. Ada banyak masalah sepertinya, bagaimana setelah pemakaian selama ini? Khawatir rusak baru beberapa bulan soale gak ada servis center nya.

    1. Kejadian boros pernah saya alami. Sepertibya gara2 sering buat wudhu . Saya kubur dalam beras seminggu dah normal. Sekarang ga ada masalah lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.