Xiaomi Amazfit BIP , Smartwatch fungsional dengan baterai superior. Gimana Kalau diadu dengan Amazfit Pace?

Xiaomi Amazfit BIP telah SF belikan buat Bunda 2 Mingguan sebelum SF membeli xiaomi Amazfit PACE. Gara-gara BIP ini SF kepincut dengan smartwatch. amazfit BIP boleh dikatakan versi compact (a.k.a Hemat) dari Pace.

left : amazfit BIP , Right: amazfit Pace

Secara fungsi, BIP yang harganya separuhnya Pace hampir sama. tapi tetap saja ada beberapa hal yang membuat BIP tertinggal. tapiii… ada juga fitur yang bikin Bip unggul dari Pace. Simak mawon

  • Bahan dan Desain :BIP berbentuk kotak, bahan bezel plastik. kebetulan Bunda Faiz memilih warna orange. ga kliatan kaya jam mainan kok…. apalagi klo pilihan Watchfacenya pas. untuk cowok bertangan besar jelas dimensi BIP akan kebanting.
amazfit BIP not for Big boys

cowok ukuran tangannya ga besar sepertinya bakal cocok, asal pilihan warnanya pas. untuk cewek pastinya recomended banget. pilihan cover dan strap warna warni banyak tersedia dipasaran. cocok bagi yang suka ganti2 tampilan. Berbeda dengan Pace. Pace berbentuk bulat dengan body yang terbuat dari keramik… mewah. dimensinya juga lebih besar. jelas pas buat cowok. strap Pace konsepnya dual tone sedangkan Bip hanya 1 warna.

  • Layar : sekali lagi tampilan Pace jauh mengungguli Bip. Pace resolusinya jauh lebih halus,(BIP: 170×170, Pace:320×300) warna PACE juga lebih natural. layar BIP apa adanya tanpa berusaha mendekati tampilan jam yang 3D. Flat And Pixelize disarankan untuk menggunakan watchface bertema digital untuk BIP, sedangkan untuk Pace SF lebih demen memakai analog dengan info komplit!. selera sih 🙂 . layar ini yang bikin Pace lebih boros baterai…. harap maklum.
simple display, less power
  • Fitur : hampir setara dengan Pace, BIP menampilkan informasi jam dengan tampilan bisa diganti-ganti sesukanya (downloadable), Push message melalui koneksi bluetooth, pengukur denyut jantung, pedometer,pengukur ketinggian dan tekanan udara,compass,multi alarm,timer,weather, GPS+glonass untuk mengukur jarak dan kecepatan serta merekam rute saat berolah raga, pengukur kualitas tidur (padahal risih loh tidur pake jam tangan 😆 ) , pengingat duduk terlalu lama, dll. semua fitur di Amazfit Bip ada pada Pace. tapi ada aplikasi di Pace yang ga ada pada BIP. misalnya touch to wake, pada BIP perlu sentuh tombol untuk mengaktifkan menu pada jam ini, pada Pace cukup ketuk layar 2 x. pada Pace ada Wifi yang diperlukan untuk update software menurut saya mubazir, update dari HP juga ga merepotkan kok…. toh ga sering-sering update software, dan Pace ada extra music player yang bisa memutar MP3 dari jam langsung atau menjadikan Pace sebagai remote pemutar music di HP.
fitur push message ini yang penting. smartwatch bisa menginformasikan setiap pesan yang masuk ke HP
  • Ketahanan baterai : Xiaomi amazfit BIP ga ada musuhnya! klaimnya bisa 45 hari. BIP punya bunda beli 23/2/2018, semalam saya cek (18 hari) baterai masih 70%. memang ga full tethered sih hanya sekitar 4 jam setiap harinya. tapi kondisi jam ga pernah dimatikan! super ini…. amazfit Pace punya SF bertahan 4 hari. (kondisi tethered sekitar 13 jam perhari).
  • Sertifikasi anti air dan debu : ini juga BIP mengalahkan Pace. Bip bersertifikasi IP68 ( tahan air kedalaman 1,5M dalam 30menit), Pace IP67 (tahan air kedalaman 1M dalam 30menit). 2-2nya tetap ga recomended buat renang sih. baik IP67 dan IP68 di uji di lap kondisi stangnan ga digoyang goyang di air yang tenang.
  • Ruang penyimpanan internal : Pace punya 4GB, dengan lebih dari 2GB yang bisa diisi gambar,musik MP3 atau koleksi watchface, sedangkan BIP minim memory hanya cukup untuk history aktifitas saja. SF coba download extra watchface buat BIP dari HP lalu SF syncronizekan ke device, setelah sync salah satu watchface terhapus berganti dengan yang baru. ga bisa dikoleksi di device seperti pada amazfit Pace.
  • Pace bisa ditambah aplikasi android (dengan cara tricky melalui PC) , sedangkan BIP tidak bisa.
  • strap/tali jam. keduanya memakai sistem quick release. agar dengan mudah berganti-ganti tali jam. BIP berukuran lebar tali 20mm sedangkan Pace 22mm. bisa memakai tali jam konvensional asal beli sekaligus dengan pennya. jatuhnya bisa lebih murah, kelemahannya jadi ga punya fitur quick release.

overall BIP diperuntukkan bagi pengguna yang mengutamakan fungsionalitas dan ketahanan baterai. soal pengguna cowok atau cewek bebas saja toh cover dan strap bisa diganti-ganti dari tema cute/girly dengan warna warni mencolok , sampai tema macho dengan corak army. mau terlihat eksklusif juga bisa. kasih saja tali stainless. soal tampilan display, BIP memang kurang menarik maaf saja…. layar BIP didesain agar hemat daya, yang penting always on! ga cuma blank screen saat sleep mode. toh buat baca notifikasi dari HP sudah cukup jelas kok.

artikel terkait :

http://smartf41z.com/2018/03/14/mengapa-memilih-xiaomi-amazfit-pace/

http://smartf41z.com/2018/03/13/jam-pintar-kekinian-fungsinya-bukan-hanya-penunjuk-waktu-berikut-tips-memilih-jam-pintar-smartwatch/

4 thoughts on “Xiaomi Amazfit BIP , Smartwatch fungsional dengan baterai superior. Gimana Kalau diadu dengan Amazfit Pace?”

  1. Yang menarik adalah opsi buat ganti ganti tali kang hahaha.. menarik lihat pacenya si om, kalo ganti strap rantai jadi menarik…

    1. pilihan strapnya bejubel krena bisa pake konvensional. bawaannya karet dual tone hitam oren. ga demen saya, membekas dipergelangan tangan

  2. Yang jd pertimbangan saya cuma ukurannya. Saya biasa pakai jam ripcurl detroit yg uk. 50mm klo pakai bip yg cuma 41.5mm jd kebanting sama tangan saya. Jd lucu. Cucok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.