Perawatan setelah mancing dilaut. Monggo disimak agar tackle awet

Air laut sifatnya korosif. bahan tackle anti karatpun bisa ancur kena air asin. 2 joran SF rontok ringnya karena kurang paham perawatan saat awal-awal hobi mancing.

kali ini SF ingin sharing tips Perawatan Pasca Mancing di air asin

1. peralatan yang perlu dibersihkan setelah mancing adalah : joran, reel, gunting/tang, pisau, rangkaian pancing beberapa kali pakai, Umpan buatan.

2. bilas semua peralatan menggunakan air tawar, beberapa juga menganjurkan membersihkan peralatan menggunakan sabun cair agar garam terusir sempurna. khusus untuk reel sebelum menyiram dengan air, rapatkan dulu setelan drag dan setelan lain kalau ada (mis. setelan casting) untuk mencegah masuknya air ke reel. perhatikan arah menyiram agar tidak masuk kedalam reel. klo spining reel siram dari arah depan reel, klo OH siram dari samping.

3. keringkan semua peralatan. khusus reel. putar reel dalam kecepatan tinggi agar air yang ngendon terlempar keluar.

4. semprot permukaan tackel dengan cairan penetran. ingat ya… permukaannya… jangan seprot bagian dalam reel dengan tekanan. karena bagiam dalam reel ada gemuknya. gemuk bakal luntur kena penetran. kemudian lap kering dan simpan kembali peralatan anda.

5. Ada satu pekerjaan yang sedikit merepotkan. keluarkan senar/tali pancing dari reel setelah mancing kalau ingin spool anda awet. terus terang ini ga selalu  SF terapkan. efeknya ada 2 spool milik SF muncul tanda-tanda keropos bagian dalamnya

6. Untuk perawatan jangka panjang, sekali waktu bongkar reel dan berikan pelumas/gemuk yang khusus buat reel. atau serahkan saja pada ahlinya klo takut bongkar sendiri.

keengganan merawat peralatan mancing mengurangi umur peralatan mancing. Juga mengurangi kenyamanan. misalnya reel jadi ga lancar diputarnya. bayangkan sekali mancing berapa kali naik turunkan umpan di kedalaman puluhan meter dengan arus cukup kencang, belum klo dapat ikan… dijamin pegel…. !

2 thoughts on “Perawatan setelah mancing dilaut. Monggo disimak agar tackle awet”

  1. It is really a nice and useful piece of information. I’m
    satisfied that you just shared this helpful info with us.
    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  2. I know this web site presents quality depending articles or reviews and
    other stuff, is there any other web page which offers such information in quality?

Leave a Reply

Your email address will not be published.