Tiger Jadi Korban Hujan, tangki bensin kemasukan air.

Dari dulu tiger terkenal dengan tangki bocornya. penyebabnya ada air yang  ngendon didasar tangki bensin yang bikin kropos tangki. Sekitar seminggu lalu SF mengalami hal yang ga mengenakkan. Gara-gara ga dapat parkiran dalam , SF parkir tiger diluar. apesnya siang itu hujan sangat deras.

Hal yang SF takutkan terjadi saat pulang kerja. si tiger mogok. awalnya cuma brebet, lama-lama ngambeg juga sitiger. sudah hapal dengan penyakit tiger pasti kemasukan air.

Segera SF lakukan prosedur Pertolongan pertama masuk air 🙂 .

1. posisikan kran bensin di Off, lepas filter bensin (klo ada). lalu buang air dan bensin didalam filter bensin.

kran bensin tiger: on, off, res

2. buang bensin dan air di dalam mangkuk karbu dengan cara memutar baut pembuangan berlawanan jarum jam menggunakan obeng minus.

3. selanjutnya buang sedikit bensin didasar tangki dengan cara memutar kran bensin di posisi res beberapa detik. massa jenis air lebih berat dibanding bensin, karena itu air akan ngendon didasar tangki. dengan memutar kran posisi res, cairan didasar tangki akan keluar (klo kran diposisi on, bensin yang keluar adalah beberapa cm diatas dasar tangki)

4. posisikan kran posisi off lalu pasang filter bensin. putar kembali kran dalam posisi on.

tigerpun mau hidup lagi. Beberapa KM sebelum sampai rumah, gejala brebet timbul lagi. SF paksa tiger agar sampai rumah meski brebet. males ulangi prosedur diatas.

Minggu kmaren SF coba cek kondisi filter bensin. yup ternyata benar…. saat SF keluarkan cairan pada filter bensin (punya scorpio) , bensin positip bercampur air.

untuk lebih yakin lagi agar air keluar dari tangki bensin. SF keluarkan cairan di dasar tangki dengan memutar kran ke posisi res, dan SF wadahi cairan tersebut ke dalam botol air mineral bening agar dapat memonitor dan memisahkan antara bensin dan air. SF penuhi botol mineral dengan bensin, SF masukkan lagi bensin murni ke tangki dan membuang air didasar botol. SF lakukan berulang-ulang sampai tidak terlihat air di dasar botol.

Agar tiger makin tahan terhadap hujan , SF putuskan mengakali tutup bensin dan mengganti filter scorpio dengan yang lebih baik/besar.

saya bahas diartikel lanjutan ya

 

One thought on “Tiger Jadi Korban Hujan, tangki bensin kemasukan air.”

  1. Malam om..sebelumnya maaf kalo pertanyaan saya melenceng.Saya punya motor tiger revo 2010.Velg sudah saya ganti,depan 2.5 dan belakang 3,5.Pada velg belakang saya mempunyai masalah pada bosh roda nya,yang bagian tengan untuk as roda om,dan saya berniat untuk mengganti bosh nya,Saya lupa beli bosh yang ori sudah pasti kurang panjang karena velg sudah di ganti.Sebaiknya pakai bosh apa ya om yang aga panjang untuk roda belakang tiger saya.Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.