Cara sederhana pasang charger HP pada motor tanpa merusak bodi dan kelistrikan

dah lama ga bikin artikel nih. maklum lama ga mainan motor. kali ini SF ingin share tips bermanfaat bagi biker.

cara pasang charger motor secara mudah dan cepat. Cara ini tidak perlu merusak bodi maupun merusak perkabelan bawaan motor.

kali ini SF memakai charger USB yang inputnya berasal dari arus DC motor 12V . cari saja di toko online banyak macemnya. cari yang waterproof yak. SF beli yang ada dudukan ke setang motor sport.

ada 2 kabel yang harus dihubungkan dengan kelistrikan pada motor. kabel berwarna merah disambungkan ke arus positif, kabel hitam dihubungkan dengan massa/arus negatif.

ini kendala utamanya, bagaimana mencari sumber arusnya…! yang paling mudah aksesnya dan tidak perlu merusak perkabelan adalah memanfaatkan switch rem. pada switch rem ada 2 kabel, masukan dan keluaran. kabel masukan mengandung arus positif saat kunci kontak posisi on, sedangkan kabel keluaran hanya teraliri arus positif saat tuas rem ditekan. jangan salah pilih… pilihlah kabel masukan pada switch rem.

lepas baut pemegang switch rem menggunakan obeng + , lepas soket pipih model colok pada switch rem, pasang kabel positif charger warna merah pada dudukan soket yang telah dilepas tadi dengan cara masukkan kabel tembaga kedalam lubang kecil didudukan soket,

kabel positif memanfaatkan arus masukan pada switch rem

lalu ulirkan kabel tembaga agar rapat. masukkan kembali kabel soket bawaan motor pada dudukannya . kabel tembaga dari charger akan terjepit masuk kedalam soket switch rem.

satu langkah sudah dilakukan yakni memasang arus positif untuk kabel charger HP. jangan keburu dulu pasang switch rem ke tempatnya. karena bautnya masih kepake

sekarang tinggal cari arus negatif atau massanya (warna hitam). ini langkah yang mudah… cukup hubungkan kabel negatif charger pada baut terdekat yang ada. Manfaatkan saja baut pengikat switch rem.

kabel negatif jepit saja pada dudukan switch rem

lingkarkan kabel tembaga pada baut pemegang switch rem, lalu pasang kembali switch rem pada tempatnya….

Done…! charger anda sudah dapat digunakan.

tinggal mengatur penempatan kepala chargernya… klo motor sport bisa memanfaatkan setang. matic/bebek bisa ditaruh saja pada laci penyimpan barang pada dek depan. SF sendiri menempatkan kepala charger pada NMax di braket holder GPS/HP.

agar rapi, kabel disembunyikan dibawah batok setang

pastikan saja saat berbelok kanan kiri kabel charger ga ketarik ya…..

diatas itu cara yang mudah tanpa merusak bodi/perkabelan motor. klo ingin rapi bisa dengan cara melubangi bodi, dan arus listriknya ambil dari balik bodi motor.

sangat bermanfaat sekali charger ini. saat bepergian jauh/touring , GPS/HP tidak akan kehabisan daya saat digunakan untuk navigasi. begitu pula untuk action cam/dash cam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. mantap mas tips nya.
    Mas, rekomendasi Bracket HP untuk motor yang bagus dan kokoh apa ya?
    biar enak bisa liat gps pas lagi touring 😀
    bukan buat chatting ya kayak kelakuan para rider sakti mandraguna, bisa nyetir sambil chatting di hp, hehe

    • coba cari braket holder yang wateproof di toko online punya saya kuat kok. dan bisa dibongkar pasang. tapi ada kelemahannya… HP panas saat cover ditutup total

  2. Ada juga holder sudah dilengkapi charger. Lebih mudah dan murah daripada beli holder sendiri dan charger sendiri.