Reel OH Leverdrag VS Stardrag, mana yang lebih baik?

Overhead reel keunggulannya jauh melebihi spinning reel. yang bikin OH kalah dari spinning reel adalah  OH reel susah untuk dibuat melempar umpan dengan jarak jauh.

secara umum Reel OH dilihat dari jenis pengatur drag/ remnya ada 2 jenis. stardrag dan leverdrag. mari bahas satu satu, kebetulan nih SF pernah punya kedua jenis ini. meski ga semerk dan beda rasio, tapi sedikit banyak bisa jadi gambaran.

 

Stardrag reel

 

Penn fathom, Kenzi marine

ada 2 pengatur drag pada reel ini. putaran model bintang untuk mengatur besaran drag dan tuas yang berfungsi untuk membebaskan spool (loss). Kelebihan dari reel ini adalah kehalusan putaran saat digunakan untuk jigging. sistem drag/rem spool tidak membebani putaran spool. putaran handle saat jigging benar-benar nyaman. untuk jigging dalam waktu lama jelasnya cukup menguntungkan.

kelemahan dari reel model stardrag ini adalah lebih susah untuk mempertahankan setting drag secara konsisten. misal nih …. abis dipakai jigging , anglernya kecapekan sehingga Reel OHnya mau dipasangkan rangkaian dasaran atau trolling dan ditaruh diholder pada kapal. kalau seperti ini butuh drag setengah loss. tuas pada stardrag reel ga bisa melakukan ini. akhirnya kudu ubah ubah setelan pada stardragnya.

stardrag reel juga sedikit lebih berat dibanding leverdrag reel karena parts lebih banyak.

Leverdrag reel

setelan drag reel ini ada 2 yakni model knop putar di pangkal tuas drag, dan tuas lever drag. bedanya dengan star drag reel adalah tuas pengatur drag dapat diatur loss penuh, setengah loss, atau full engage alias full drag, pokoknya proporsional lah sesuai posisi tuas. fungsi knop di pangkal leverdrag ini adalah untuk menyetting besarnya drag maksimal. cukup sekali saja setting knob ini… SF biasanya menyetting drag sebesar 1/3 kekuatan senar pancing. Perubahan gaya mancing hanya perlu setting lever drag saja tanpa utak atik knob drag lagi. kelebihan lain pada reel leverdrag adalah kekuatan rem/drag rata-rata lebih besar dibanding star drag. bobot leverdrag reel juga lebih ringan dibanding stardrag reel. tapi ada satu konsekwensi atau kerugian yang kurang mengenakkan… putaran reel tidak bisa sehalus dan seringan stardrag reel , karena mekanisme drag ikut “nggandoli” putaran spool. makin besar setelan drag makin berat handle reel saat diputar.Leverdrag reel saat ini mulai jadi favorit angler karena kemudahan setting dan kekuatannya, tapi SF sekarang lebih memilih stardrag reel alasannya kenyamanan, kehalusan, dan ringannya putaran handle reel. klo dah dapet feelnya cukup mudah kok steel drag reelnya….

semoga bermanfaat…

 

6 thoughts on “Reel OH Leverdrag VS Stardrag, mana yang lebih baik?”

  1. om, kalo cuma sekedar harian mancing di sungai/kanal kecil untuk ikan predator (gabus dll) bagusnya OH yg tipe apa ya?

    pengen punya, tapi takut salah beli dan nanti malah overkill :v
    dirumah kebanyakan model spin biasa + joran fiber, itupun yg kasta paling bawah 😀

    1. BC alias baitcasting paling cocok dah… salah satu tipe OH yang nyaman buat melempar jauh karena ada pengatur benangnya. dimensinya juga mini dan sangat ringan.

  2. Seal armpit brings inconvenience, aches. To delay visit doctors should not. Bulge under the muscle cavity may turn out to be dangerous illness. But most often it is result excessive use antiperspirants with aluminum, non-compliance rules personal hygiene, increased sweating. Inflammation triggers narrow blouse, polluted razor-affiliation, the virus.
    small hard lump under armpit
    Discomfort under the arm, redness, lump getting warm? This is the boil that should cut, then take medications. In the first stage cost solutions, anti-inflammatory drugs. When the ailment switched to second stage, need surgery.

  3. Salam strike… Bos mau tanya nih saya punya rewl oh gtech jigging ocean… Saat melakukan putaran terasa sangat berat rasanya sperti ada yang ngerem. Sekirax suhu senior oh bisa masukan opini untuk maintenancex. Thanks

  4. Ow sy pakai rell OH gawas klo posisi drag full putarannya berat..apakah emang seperti itu..mohon pencerahannya..trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.