Trip Mancing Pulau Tunda 4-5 Agustus 2018, Spot ini Masih Potensial Strike Ikan Besar

Alhamdulillah trip kali ini tergolong Along (istilah pemancing jika hasilnya lumayan). peserta yang gokil juga menambah semaraknya mancing kali ini. Kapten kapal yang kami Pake namanya AB (EOnya resek… nama kapten minta dirahasiakan di artikel, liat aja videonya nanti yak…  😆 ), dia memang ga punya rumpon… tapi justru itu …ikan non rumpon bisa tumbuh besar. ga seperti ikan rumpon yang rutin dikuras.

berangkat dari karangantu Sabtu jam 5 Sore…( hari yang ga menyenangkan buat mancing. paling pas harusnya Jumat pulang Sabtu, biar Minggu bisa istirahat).  cuaca cukup bagus. perjalanan menuju spot kami isi dengan setting peralatan dan tidur cukup puas. maklum kali ini lokasi spotnya agak jauh.

Jam 9 malam kami mulai mancing… Om Dede, om Kiki, dan peserta termuda Om Hendra mulai main gaya castjig , lainnya mah setia dasaran… samberan ikan permukaan nihil… hanya punya om dede yang hampir putus assistnya tapi sayang ga hookup. Tidak dengan dasaran…. teknik ini lebih beruntung, Kakap kuning alias Kuniran :mrgreen: hingga Kaci-kaci berhasil naik keatas kapal. tau kalau tipe ikannya kaya gini, Om Dede yang sempet juara turnamen mancing Selayar , berganti dari jigging menjadi jeblug alias bottom fishing… :mrgreen: . jam 1 malam ikan mulai sepi… rasa kantuk menyerang semua orang… termasuk SF… ya sudah deh SF putuskan untuk tidur.

sekitar 2 jam tertidur, SF terbangun karena temen sebelah ndusel terus… tidur jadi kagak tenang. Mancing sendirian dah…  lah ABKnya ternyata juga ikut pules….

kali ini SF cukup beruntung. 2 ekor kaci- kaci ukuran 2 kgan berturut-turut landed keatas kapal, awalnya bingung menaikkan ikan ini kedalam kapal karena ukurannya lumayan. untung saja Senar tipis PE 2 kuat dipaksa menaikkan kaci-kaci size 2 kg. selanjutnya SF selametin gerombolan Kuniran dan kawan-kawannya… ikan lumayan nih buat makan siang. Subuh datang saat kapten memutuskan pindah spot.

ga salah kali ini. Kakap merah berhasil dinaikan keatas kapal… Kaci tak luput ikut meramaikan suasana, merata nih penyebaran ikan ini di sekitar pulau tunda. Om Arif mulai jigging… wah main keras nih… sayang ga ada sambaran. tak diharapkan akhirnya datang juga gerombolan rampok, awal mulanya ikan yang SF naikkan putus separuh bagian badannya, kemudian beberapa kali senar angler lain putus…. clean cut!!!  fixed ini… ulah baracuda/alu-alu. ikan dasaran pun mendadak hilang karena kedatangan predator ini. beberapa alu-alu pun sukses diciduk untuk dimintai pertanggungjawabannya. :mrgreen:

Menghindari kawanan rampok kecil ini, kapten kembali  berpindah spot. dispot ini  kami putuskan sarapan mie instan dl. tau ga nikmatnya mie instan jadi berkali lipat klo dimakan diatas kapal. Setelah sarapan semangat teman-teman kembali bangkit… Kok ya kebetulan ikan lagi frenzy…. triple hook!!! Om guscoy dapet kerapu, Om Dede dapetnya Kaci dan doorprize kakap merah berhasil landed oleh Om Arif.. Yang saru om Dede… menaikkan Kaci-kaci sizenya lumayan memakai ultra light tackle. di spot yang sama ini kembali kapten kapal menaikkan Kakap yang ukurannya lumayan besar. SF yang coba Castjigging dengan Ultralight tackle sempat ditowel lurenya… sayang ga hookup, beberapa rumbai cumi-cumian yang SF pasang di ujung Metal Jig putus kena gigitan.

Setelah sepi sambaran , kapten mengajak ke spot andalannya..”kudu pake leader gedhe karena target kali ini adalah kerapu babon” ujarnya. ABK pun menyiapkan rangkaian ngoncer dengan menggunakan ikan tembang utuh. 2 kali ikan terpotong sayang ga hookup. rekan SF yang setia dasaran menggunakan cumi/sotong sukses menaikkan kerapu ukuran lumayan.  tak berapa lama kapten didepan kapal teriak memanggil ABK… rupanya sang kapten yang memakai hand line kewalahan meladeni ikan besar yang menggondol umpannya… ABK datang membawa jaring besar. Rupanya ikan target yang didapatkan…. Kerapu besar ukuran 7kg berhasil naik keatas kapal… !!! bravo kapten!!!

hoax ?

kami memutuskan makan siang dispot tersebut. ikan kuniran yang di bumbu sayur kuning, predator-predator kecil yang digoreng kering , dan ikan peda yang dibawa om Arif… rasanya benar-benar menggoyang lidah… tidak ada angler yang ga nambah… !  masakan restoran pun ga ada apa-apanya dibanding menu ikan segar kali ini.

Setelah makan siang ,Kapten berencana mengajak ke spot kapal karam, andalan terakhir sekalian menuju ke arah pulang. tak dinyana…. ombak mulai datang…  daripada resiko kami memutuskan langsung menuju darat.

Alhamdulillah trip ini cukup berkesan…. ada yang mancing sendirian ditemani suara ngorok sana sini, ada yang jadi tukang ojek (narik joran temen yg strike), ada yang senyum lebar dapet kakap dan kerapu lumayan besar, ada yang selingkuh (biasanya setia jigging eh kali ini malah main dasaran), dan tak ketinggalan ada yg strike kuwe mini serasa GT babon….

simak saja dah keseruannya di video berikut ini.

kacian banget yang nyuting ga sempet kesuting… 😆

3 thoughts on “Trip Mancing Pulau Tunda 4-5 Agustus 2018, Spot ini Masih Potensial Strike Ikan Besar”

  1. om om tolong ajarin pemula dong. dari peralatan basic sampe tetek bengeknya berikut kisaran harganya. mau coba2 mancing kayak si om hehe. uda baca topik reel sih tapi masih kurang sreg sama joran om, bingung joran apa yang lentur sampe bisa tahan 25kg itu. makasih om 😀

    1. tujuannya kemana dl om. klo di Pulau tunda dan mundu pake Spek PE3 (sekitar 15kg) cukupan lah. reel muat 200meteran full metal, drag distel 5kgan. saya ada joran light BC bisa buat laut PE1,5 tapi bisa angkat beban berat total 7kg lebih. klo buat laut pengen awet cari yang ringnya fuji

Leave a Reply

Your email address will not be published.