Kabel charger Micro USB type B VS Type C mana yang lebih baik performa chargingnya?

Bikin jengkel saat pabrikan HP mengganti standar colokan pengisian daya pada HP menjadi model lain . Seperti sekarang misalnya. Micro USB type B perlahan diubah menjadi type C. Hal ini bikin OTG, card reader, maupun kabel charger cadangan lama yang SF taruh di kantor dan di mobil jadi ga berguna saat SF upgrade HP yang menggunakan USB type C untuk pengisian daya maupun transfer datanya. Ada sih toko yang jual adaptor type B ke type C tapi percayalah sudah SF jajal dan tidak berfungsi semestinya di Xiaomi Max 3. Cek aja artikel kemarin ( baca disini )

Kabel Micro USB type B menggunakan adaptor digunakan untuk charging HP berkonektor Type C hasilnya ga maksimal

Secara fisik terlihat Micro USB type B lebih kecil berbentuk menyerupai trapesium, dan Type C sedikit berpenampang lebih besar berbentuk lonjong simetris. Artinya penggunaan Type B tidak bisa dibolak-balik, sedangkan Type C bisa dibolak balik. Bagaimana proses pengisiannya? Pengisian daya pada HP selain tergantung pada batok charger, tergantung juga pada kabel charger dan HP.

Kiri : micro USB type B, kanan : USB type C

SF akan jajal menguji 2 HP SF yang 2-2nya support pengisian daya hingga 2,1A. Merk kabelnyapun SF samakan merk delcell micro USB type B VS micro USB type C.

Bagaimana jika diukur dengan ampere meter portable yang dibikin khusus untuk mengukur arus listrik yang keluar charger, masuk ke HP. Ini dia hasilnya

Charging samsung J8 dengan konektor micro USB (type B)

Powerbank delcell keluaran 2A dipadukan Micro USB type B digunakan untuk charging Samsung J8, menghasilkan angka 1,18A yang keluar dari powerbank dan masuk ke HP.

Charging xiaomi mi max 3 menggunakan konektor type C

Sedangkan saat dipadukan dengan kabel USB type C menunjukkan angka 1,43 A yang keluar dari power bank masuk ke HP xiaomi Mi Max 3.

Artinya hambatan kabel Type C lebih kecil dibanding type B.

Jadi klo mau merasakan manfaat lebih ya kudu mengikuti technologi. Kabel dan konektor Type C menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan micro USB type B diantaranya :

1. Dapat digunakan terbolak balik, sehingga lebih mudah proses colok saat mau charging ga pake meraba raba. Ketemu lubang tinggal tusuk…. :Mrgreen: dan ini bikin konektor lebih awet

2. Mempunyai hambatan lebih kecil sehingga proses Charging HP lebih cepat, dan logikanya transfer data juga lebih cepat (ini yang perlu SF test lebih lanjut)

Leave a Reply

Your email address will not be published.