Panduan memilih drum elektrik. Harus mendekati drum akustik agar bisa buat jangka panjang

Panduan memilih drum elektrik yang harus mendekati fitur drum akustik. “Kenapa ribet amat, ga beli sekalian saja drum akustik…!?” Mungkin begitu pertanyaan beberapa pembaca. Drum akustik suara alat musiknya paten ga bisa diubah jenisnya, suaranya kuenceng nembus kemana-mana dan dimensi besar, susah dibawa kemana2. Paham kan… Baca lagi ya asyiknya drum elektrik di artikel kemaren

Nah kali ini SF akan bahas panduan memilih drum elektrik paling tidak fiturnya menyamai drum akustik. Ini untuk keperluan lebih dari sekedar cari keringat. Tapi dah menuju ke next level . Si Faiz kan dah SF sekolahkan di Yamaha Music School (Max & Jeanny) harapan indah-Bekasi . Sayang kalau terlambat perkembangannya gara-gara alat drumnya.

Eh ya bagi yang masih bingung drum elektrik sama akustik. Ini singkatnya : Drum akustik dipukul langsung bunyi, sedangkan drum elektrik kudu pake speaker. :Lol:

DTX400, drum elektrik entry level dari yamaha

Karena kesalahan SF membeli drum elektrik entry level, kini SF kudu merogoh kocek lebih dalam dibanding beli baru dengan spec yang mumpungi. Karena itu SF share tips memilih drum elektrik.

Ada beberapa bagian yang perlu di perhatikan.

1. Hit hat

Pada seri entry level yamaha dtx400, hit hat hanya punya dua posisi. Open dan close. Nah pilihlah level diatasnya yang controller hit hatnya multi zone. Bisa close, half open, sampai full open. Level paling atas drum elektrik yamaha hit hatnya malah kaya drum akustik beneran.

2. Snare drum

Snare drum entry level cuma single zone, dipukul daerah manapun sama suaranya. Seharusnya seperti akustik snare drum. Daerah list/frame, pinggiran dan bagian tengah menghasilkan suara berbeda.

3. Bass drum

Seri entry level, hanya mengandalkan pedal tanpa ada tangkai mengayun menghantam Pad. Kaya tuas aja yang dikasih per. Feelnya ga dapet. Temen SF yang biasa main akustik trus main drum elektrik awalnya jadi agak kacau temponya. Pedal drum bass seharusnya seperti pada umumnya ada pedal, yang menggerakkan tangkai menghantam sesuatu.

Dtx522 untuk yang lebih serius

4. Cymbal

Cymbal pada dtx 400 ada 2 , dan keduanya single zone. Masih kebantu sih karena cymbal sebelah kanan bisa bisa difungsikan sebagai ride cymbal, dimana meski single zone namun bisa 2 suara. Yaitu melalui kekuatan pukulan. Dipukul ringan akan menjadi ride dipukul keras menjadi crash. Bisa diatur sensitivitasnya dari modul. Nah drum set yang lebih canggih cymbalnya 3 zone. Dan bisa di choke atau disilent setelah dipukul

5. Fitur lainnya

Jaman sekarang ga lucu klo kudu bolak-balik buku panduan untuk setting drum. Colok aja dari HP dan tinggal setting disana. Untung saja seri terendah dtx sudah support ini . Tinggal install DTX touch di HP android atau Iphone. Komplit bener penyetingannya. Bisa ubah jenis suara alat music, mapple, oak, rock, heavy metal,jass,dll. Bisa tuker-tuker fungsi suara, cymbal aja bisa jadi bass drum 😆 , Bisa atur volume independen masing-masing alat, sensivitasnya, timing open close hit hat, velocity, balance L-R dll

Diatas seri dtx400 ada seri dtx450. Selisih dua jutaan sudah dapat real pedal kick bass drumnya, triple zone snare drum, dan controller hit hat multi zone. Kalau mau lebih lengkap lagi ada DTX522. Kalau ini lebih mumpungi. Tapi harganya sih 2 x lipat DTX400. Fitur diatas dtx450 plus cymbal sudah 3 zone, snare drum silicon (empuk) lebar dan juga 3 zone, dan cymbal bisa di choke setelah dipukul. Makin mahal ya ada monggo googling sendiri…. Miris saya sama harganya… :Mrgreen:

Jadi apa yang SF lakukan pada dtx400 SF? Saran dari guru drumnya Faiz (Pak Djarot, guru super sabar 🙂 ), dtx400nya tuker saja sama DTX 522 :mrgreen: , atau bisa diupgrade. Karena program tukar tambah ga ada, dan butuh proses lama jual dtx 400, SF putusnya upgrade DTX400 yang SF miliki. Tujuannya paling tidak memenuhi syarat untuk menunjang perkembangan Faiz yang menggeluti kursus drumnya.

Nah next artikel soal upgrade DTX 400 ya… Biar mendekati DTX522 yang harganya 2x lipat DTX400. :Lol:

Leave a Reply

Your email address will not be published.