Tips upgrade drum elektrik entry level yamaha

Terkait artikel lalu DTX400 milik SF kurang mumpungi untuk menunjang sekolah musiknya si kecil. Opsi paling gampang tentu tinggal jual dan ganti baru… Itu kalau duit ada…. ! Klo dananya terbatas ya bisa upgrade satu -persatu partsnya.

Konsekwensinya ada 2. Kerugian, biaya bisa lebih mahal dibanding beli baru, bahkan fitur masih saja kalah. Keuntungannya, parts yang diupgrade masih bisa dipakai lagi. Jadi jumlah pad malah lebih banyak dibanding seri atasnya.

Untuk seri terendah drumset yamaha yakni dtx400(mulai diganti model baru dtx402) modulnya sudah suport penambahan satu drum pad, dan sudah support juga snare drum 3 zone, sayang bawaan aslinya cuma single zone (dipukul list/frame,pinggiran dan tengah suaranya sama).

Jadi ada beberapa bagian yang perlu di upgrade dengan pembelian beberapa perangkat, serta memodifikasi perangkat yang ada.

Snare Drum

Snare drum 3 zone yang cocok untuk dtx 400 ada dua jenis TP70S dan XP80. TP70S fisiknya mirip bawaan asli DTX400 seperti plastik berlapis karet. Jadi mantulnya ga natural, bikin sakit tangan, dan kurang sensitif. Tapi asal ga ngerock terus sih ga masalah. Sayang saat SF hunting barang ini susah banget yang jadi satu sama holdernya, banyakan yang jual drum padnya doank. Ingat TP70S maupun XP80 jika ingin dipasang ke DTX400 wajib beserta dengan holdernya, karena beda dudukan.

Beda dengan Snare drum XP80 yang berbahan silicone. Snare drum ini dipakai seri mid-end drum elektrik yamaha. Selain 3 zone, karakternya seperti snare drum akustik, pantulannya pas, dan jauh lebih sensitif. Holdernya juga cakep. Lebih flexibel pengaturannya dengan 1 kuncian.

Bass drum dengan kick pedal

Ada 2 parts yang kudu dibeli, sensor pukulan dan alat pukulnya. Untuk sensornya SF memakai yamaha KP65. Selain sensor, di belakang KP65 ini terdapat port extra untuk penambahan 1 pad baru. Bisa untuk double pedal/cymbal/tom tom. Ingat ya module dtx400 cuma bisa nambah 1 pad, jadi silahkan milih. Ga bisa semuanya…. :). Alat pukulnya alias kickpadnya ga jadi satu dengan KP65 ya…. jadi kudu beli terpisah. Merk juga bebas. SF pakai merk viper (lagi promo :mrgreen: ) juga cocok.

Hit hat controler

Bawaannya yang cuma open-close bisa diganti HH65. Bedanya di HH65 ini bukaannya proporsional alias multi zone bisa full closed, half closed, sampai full open. Klo ini SF skip dulu dananya dah mepet dan kurang penting untuk saat ini

Nah jadi 3 parts yang nganggur klo ketiga parts diatas diganti, berhubung SF cuma 2 yang diganti jadi ada 2 bawaan parts yang nganggur. Eh jangan disingkirkan dulu. Justru ini parts yang akan jadi kunci extra fitur yang ga dimiliki seri Dtx450 atau bahkan Dtx522 yang harganya 2 kali lipat DTX400

SF punya ide nyeleneh untuk Snare drum pad bawaan DTX400. Snare drum SF geser kekanan jadi Ride cymbal 2 tone. Tinggal beli T dudukan pipanya. Karena susah carinya, SF beli satu set sama rack extensionnya. Kabel dari dari ride cymbal ini colokkan dibelakang sensor bass drum KP65. Suara default yang dihasilkan berupa suara crash cymbal. Tinggal ganti saja settingannya dengan ride (kode warm ride 22). Cara setting gimana? Baca aja manualnya…. SF sih males. :mrgreen: Mending download aplikasi android DTX400touch, sambungkan HP dengan module dtx400 menggunakan kabel printer dan adaptor OTG ke HP. Taraaa…. Ubah settingan dtx400 cuma pencet HP.

Gimana dengan pedal bass bawaan dtx400? Jangan kuatir masih bisa dimanfaatkan sebagai double pedal menemani KP65.

Jadi DTX400 ini masih punya kelebihan dibanding drum elektrik yang harganya 2 kali lipatnya. Custom dtx400 full upgrade ini sudah double pedal/ punya extra ride cymbal. Tapi masih ada sisi yang bikin dtx400 ga bisa ngejar. Modulnya ga support cymbal 3 zone. Jadi meski ganti cymbal PCY100 yang 3 zone tetap saja jadi single zone. Tapi tenang dengan upgradean sekarang udah bisa nyamai kok. snare bawaan dtx400 dijadikan cymbal 2 tone (pukulan ringan jadi ride, pukulan kencang jadi crash) melengkapi crash bawaan dtx 400 disebelah kanan. Nah yang bikin mringis, diapa-apain juga module dtx400 ga support choke / silent setelah cymbal dipukul lantas ditahan dengan tangan.

Jadi punya dana lebih untuk beli drum elektrik? Sekalian deh yang bagus minimal dtx522. Tapi kalau Punya dana cekak dan pengen nyicil upgradenya bisa juga cari DTX400 bekas, lantas di upgrade perlahan. Untuk cari keringet seperti SF sih sebenernya standar dtx 400 dah bisa bikin gobyos, beda untuk keperluan sekolah musik atau untuk profesional.

Untuk lebih jelasnya monggo tonton video upgrade DTX400

*Untuk harganya karena sensitif, bisa googling di toko online yak…. Tapi jangan terjebak harga murah. Cek dulu ada ga barangnya. Seller-seller males update ini yang bikin jengkel… Harga yang dipajang harga lama tapi ga ada barangnya. Klo penasaran japri saja SF rincian biayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.