Roller 11gr untuk Nmax,Cocok untuk Perkotaan

Barang dah terbeli beberapa minggu lalu, Baru Minggu kemarin Roller CLD 11Gr terpasang pada Nmax, sekalian ganti ban Nmax yang sudah habis gripnya. (Review ban menyusul).

Sebelumnya Nmax milik SF sudah memakai Roller 12Gr milik Mio J ( kalau ga salah) menggantikan bawaan Nmax yang 13Gr. Penggantian ini diikuti oleh penggantian Per kampas ganda 1000rpm.Bisa ditebak penggantian roller 11Gr kali ini bikin Nmax makin ngacir diputaran bawah. Sebelumnya roller 12Gr plus per ganda 1000rpm memang sudah lebih baik dibanding bawaan Nmax. Bisa bikin irit karena bukaan gas sedikit saja sudah bikin Nmax melaju. Namun ada kelemahan dimana rpm awal saat kampas menggigit mangkok kopling pada RPM yang terlalu rendah, hingga power telat naik. Kalau dah meluncur baru terasa entengnya. Nah dengan roller 11 gram ini, kelemahan hentakan awal dapat diminimalisir. Motor terasa responsif dari awal. Cocok sekali karakter ini untuk perkotaan. SF rasa untuk top speed ga bakal berpengaruh banyak, bedanya bakal perlu RPM lebih tinggi.

Anehnya untuk rute harian, Nmax sekarang melaju lebih rilex. Hhmmmm…. Dugaan SF karena roller sebelumnya sudah peyang sehingga proses mengembangnya CVT depan ga lancar.

Apakah penggantian ini bikin tambah boros? SF rasa tidak. Buktinya Nmax masih mudah meraih konsumsi bensin lebih dari 40km untuk 1 liter shell super. Ingat ya bukan hanya Roller yang SF ganti menjadi 11Gr. Per Ganda juga SF ganti 1000rpm. Ini yang bikin irit untuk stop N Go. Ga perlu pelintir gas dalam untuk bikin Nmax melaju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.