Seberapa besar sih pengaruh musim liburan terhadap konsumsi bensin motor

Beberapa minggu lalu SF abadikan penampakan MID AVG Nmax untuk mengetahui seberapa irit Nmax saat jalanan sepi karena musim liburan sekolah. Seminggu setelah direset, konsumsi bensin rata-rata Nmax menunjukkan angka 41.9 kmpl , yang artinya untuk 1 liter bensin (shell super) Nmax dapat menempuh jarak 41,9km.

Kondisi acak cuaca cerah dan hujan, lancar dan sesekali macet. Kecepatan berkendara juga wajar ga dibuat-buat agar irit . Fyi kalau mode eco drive kondisi normal bisa 42.9 kmpl (baca komparasi berbagai gaya riding style disini )

Nah begitu musim liburan usai, otomatis jalanan kembali padat. Waktu tempuh bisa molor 10 menitan. SF reset kembali MID avg alias penunjuk konsumsi bensin pada Nmax. Keterusan sampai 2 mingguan baru SF intip lagi MIDnya. Ini dia hasilnya

39.2 kmpl. Selisih dengan kondisi normal untuk 1 liter bensin sejauh 2,7 km. Penyebab perbedaan itu jelasnya di kondisi jalanan yang lebih padat. Titik kemacetan lebih banyak dan panjang.

Angka segitu, untuk ukuran motor matic yang usianya hampir 4 tahun dengan rider jumbo tergolong sangat irit. Buat SF, Nmax ini motor teririt yang pernah SF miliki. Tiger palingan 1:30an, suzuki spin kurang lebih sama dengan tiger, ninja 250 jangan ditanya, 1:25 km/l aja dah syukur. Kuncinya ada di gaya berkendara dan perawatan motor. Performa terjaga konsumsi bensin tetap irit.

2 thoughts on “Seberapa besar sih pengaruh musim liburan terhadap konsumsi bensin motor”

Leave a Reply

Your email address will not be published.