Nmax terbukti tetap prima ,usia hampir 3 tahun makin irit. Inilah rahasianya

Sebenarnya agak kurang percaya kalau Nmax non ABS 2015 (SF termasuk 1000 pembeli pertama) yang umurnya hampir 3 tahun ini makin irit. Anehnya lagi keiritannya kali ini memecahkan rekor keiritan yang pernah SF raih. Berdasarkan spedometer yang SF reset dari kantor (kalibata) menuju rumah di harapan indah jumat kmaren pas pulang kerja penunjuk konsumsi bensin rata-rata Nmax meraih 46,2:1 km/liter shell super. Jarak kantor kerumah 24-25 km.

Padahal kondisi motor kurang mendukung loh. Intip saja ban yang dipakai Nmax … ! Tipenya semi offroad (all purpose) yang lebih lebar dari aslinya (review ban baca disini ) . Jelasnya lebih berat juga.

Belum lagi ngomongin bobot pengendara yang makin mekar… 😆

Lantas apa tipsnya agar Nmax tetap irit diperkotaan. Monggo disimak :

perpaduan roller CLD 11 Gr (lebih ringan 2 gr dari orinya) dan per ganda 1000 rpm merk TDR (ulasan baca disini )

Roller lebih kecil bikin akselerasi enteng karena bukaan mangkok depan lebih lambat alias butuh RPM lebih tinggi. Ini yang bikin responsif. Mesin jadi ga ngeden. Langsung melaju saat di gas. Tugas per ganda 1000rpm adalah membuka kampas kopling lebih cepat. Jadinya ga perlu rpm tinggi untuk membuat motor melaju. Makanya butuh roller yang lebih kecil agar mesin dapat momen tenaga yang pas. Kalau pakai aslinya 13 gram bakal lebih berat untuk Stop N Go.

Saat melaju, pengiritan dan respon motor juga meningkat. Katakanlah untuk mempertahankan Speed 50-60 gas cuma dipuntir sedikit saja kampas dah nyantol mangkok dan memberikan daya dorong ke roda. Ini dia faktor pengiritan utamanya.

tekanan ban dijaga 30-35 psi.

Memang sedikit keras sih tapi keuntungannya ban lebih aman dari paku dan hambatan lebih rendah.

filter udara ferrox.

Menjamin pasokan udara ke mesin lebih lancar. Kemampuan menahan debunya memang ga sebagus bawaan Nmax. Karena itu perlu dibersihkan lebih rutin.

bahan bakar Shell super

Dengan oktan sama dengan pertamax, sesuai kebutuhan pembakaran yang sempurna.

– Ganti oli dan bersihkan filter udara tiap 1500 km, kalau kepepet maximal 2000 km.

bersihkan Sektor CVT tiap 2 x ganti oli.

Ini efeknya juga besar bagi performa motor. Area CVT yang kotor menyebabkan gesekan yang berlebih pada komponen yang bergerak didalamnya. Makanya perlu rutin dibersihkan.

Ramuan tersebut sukses bikin Nmax tetap prima. Indikatornya adalah irit… ! Motor ga prima ga bakal bisa irit. Lha ini malah bisa mengalahkan keiritan motor saat masih baru. Baca saja artikel saat SF menguji konsumsi bensin saat motor masih tergolong baru ( artikel klik disini )

Bonusnya motor juga lebih responsif akselerasinya. Tips tersebut juga dapat di terapkan di motor yang rutenya perkotaan. Khusus untuk roller bisa dikecilkan 1-2 gram.

5 thoughts on “Nmax terbukti tetap prima ,usia hampir 3 tahun makin irit. Inilah rahasianya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.