Alarm BRT gagal berfungsi setelah cuci steam. Ajibnya bisa balik sehat kembali

Nmax tunggangan harian SF jarang banget dicuci. Maklum orangnya sok sibuk, paling males kalau disuruh nunggu di tempat cuci motor. Ketambahan lagi ulah asisten rumah tangga yang sempat patahin kran trus salah beli kran yang ga bisa dipasangin selang. Makin jarang mandi dah motor SF. 🙂 Sampai ada loh sobat blog yang mampir ke blog cuma pengen ngintip motor dah dicuci belum… :Mrgreen:

Nmax antri mandi

Nah karena ga ingin mengecewakan sobat blog ini, sekalian mau ada sesi pemotretan dalam rangka bahas jok baru, SF cuci dah motor Nmax SF di pencucian motor yang pakai steam. Moga- moga saja ga langsung kehujanan.

Tidak ada kejadian aneh setelah motor selesai dicuci. Ritual biasa SF lakukan. Putar kunci kontak on , tempelkan koin ke sensornya untuk mematikan bunyi Bip (mematikan alarm), lantas stater motor. Normal….

Koin BRT imax

Kejanggalan terjadi pas sampai rumah. Saat Nmax dimatikan, tidak ada bunyi “bip” dari alarm sebagai tanda pengaman BRT imax sedang aktif. Benar saja… saat SF putar kunci kontak ke posisi on, tidak ada bunyi “Bip”, motor pun langsung bisa dihidupkan dengan memencet tombol stater. Padahal kalau alarmnya aktif akan ada bunyi “Bip” berulang saat kunci posisi on. Bunyi tersebut akan mati saat koin/kartu ajaib didekatkan kesensor, dan motor baru bisa dinyalakan.

SF coba matikan dan hidupkan motor beberapa kali. Fixed nih alarm BRT gagal fungsi. Malam hari sebelum tidur SF coba hidupkan-matikan motor. Tetap alarm tidak berfungsi. Motor bisa dinyalakan seakan-akan tanpa ada pengaman.

Pasrah…. malam itu SF berselancar ditoko online untuk cari inspirasi pengaman tambahan untuk Nmax. Sempat ada kekhawatiran. Kegagalan alarm bikin Nmax jadi ga bisa dihidupkan saat ditempat kerja.

Esok harinya ada kejadian yang tak diduga. Alarm BRT nmax kembali berfungsi normal. Coba hidupkan – matikan motor beberapa kali, alarm berfungsi normal.

Yeyyy alarmnya jadi waras lagi… 🙂 Ga jadi keluarkan duit ratusan ribu dah… 🙂 . Sepertinya penyebab matinya alarm adalah korslet karena kemasukan air saat motor dicuci steam. Saat motor didiamkan semalaman, air di area korslet sudah kering.

Pelajaran berharga nih. Hindari semprot area yang dekat kelistrikan dengan air tekanan tinggi. Cipratan airnya beresiko menyebabkan korslet.

7 thoughts on “Alarm BRT gagal berfungsi setelah cuci steam. Ajibnya bisa balik sehat kembali”

  1. pernah kejadian begini di klakson keong stereo yang dipasangin ke motor. abis dicuci suaranya ilang satu. beberapa jam kemudian stereo lagi

  2. Itu gunanya penutup sambungan kabel dan soket yg bisa dibakar rapet + silikon biar kedap, jd klw kerendem air hujan steam n banjir ngk ada masalah koslet , dulu sering pakai di mesin jeep / katana kebo pas offroad

  3. Teruuss mana pic motor setelah dicucinyaaaa mas…
    Jangan-jangan cuma parkir doang di tempat cucian, terus di foto, and then pulang lagi deh huhuhuhu..

Leave a Reply

Your email address will not be published.