Solusi bagi koin alarm BRT Imax yang tidak terbaca

Kedua koin alarm BRT yang dipakai Nmax rusak hampir bersamaan hanya selang beberapa hari. Padahal koin kedua termasuk jarang dipakai karena nempel dikunci cadangan. Anehnya kartu yang fungsinya seperti koin BRT masih berfungsi tanpa kendala. Sudah seminggu lebih SF pakai kartu untuk menghidupkan Nmax. Kalau sampai kartu juga ga terbaca sensor alarm, buyar dah. Motor ga bisa dihidupkan. Ga ada lagi pemancar yang dibaca sensor untuk mematikan alarm. Eh ya paket pemancar bawaan BRT imax ada 3 yakni 2 koin dan 1 kartu.

Kamis kemaren kebetulan libur, SF coba bongkar kedok depan Nmax, tempat bersarangnya alarm BRT imax, untuk mencari sebab kenapa koin tak terbaca sensor. Apakah karena korslet kena cuci steam beberapa hari lalu, atau cuma sensor alarm yang kotor. SF mencoba register ulang kedua koin yang tidak terbaca sensor dan kartu bawaan waktu awal beli alarm. hasilnya kartu terbaca sempurna dan koin tetap tak terbaca meskipun sudah nempel sensor. Fixed sudah… koinnya rusak !

Untuk itu SF pesan ditoko online pengganti koin BRT . Tapi kali ini SF pesan yang model kartu karena kuatir dengan model koin yang gampang rusak. Harganya 72 rb untuk 2 kartu. Barang datang dilengkapi dengan buku petunjuk yang males juga SF baca. Mending liat youtube… ! 🙂

Cara menjodohkan / register kartu dengan alarm cukup mudah. Korsletkan 2 konektor di modul BRT.

Cabut – pasang salah satu soket pada modul, lalu dekatkan kartu pada modul, sampai bunyi Bip 5 kali, dekatkan lagi kartu kedua sampai bip 5 kali. Lalu lepas – pasang kembali soketnya. Done… Tentunya Sebelum pasang kembali bodi depan Nmax, dites dulu donk apakah alarm dah berfungsi sempurna dan sudah berjodoh dengan kartunya.

Bagi pengguna alarm BRT imax, hati- hati memperlakukan koin. Jangan sampai kebanting atau kena tekanan kuat. Bisa jadi kaya SF, mati total keduanya.

Aneh- aneh ya jaman sekarang. Kartu yang setipis itu bisa berfungsi memancarkan kode tertentu yang dapat dibaca sensor. Satu kartu dengan lainnya punya kode berbeda beda. Jadi ga bisa saling tukar . Kartu yang terbaca ya yang sudah di jodohkan dengan alarm. Sayangnya jarak baca kartu dan sensor kudu dekat (sekitar 5 cman) . Coba kalau bisa jarak jauh. Kartu cukup simpan saja di dompet. Ga perlu keluarkan saat menghidupkan motor.

6 thoughts on “Solusi bagi koin alarm BRT Imax yang tidak terbaca”

  1. fix berarti punya ane 2 koinnya yg rusak, tapi kok cepat banget rusaknya. alarm BRT udah ane lepas karena koinnya rusak pas waktu ngisi bensin, itu koin yg terakhir dan itu nyusahin (ane dulu belinya ngga dapat kartu)

    1. Mantab infonya… alarm Ini terlanjur pasang saat Nmax servis di beres yamaha di 2017. Pikir saya kalau Beres menjual dan melayani pemasangan alarm BRT serta memastikan garansi Nmax tidak angus . Berarti memang recomended nih alarm. Kemaren kepikiran kalau sampe buyar nih alarm bakal ganti yg lain. Mungkin dss smartkey bisa jadi alternatif. Thx infonya bro

Leave a Reply

Your email address will not be published.