Pengalaman pribadi Beli barang online jangan terlalu percaya Judul. Edisi apes beli action cam

Abis ketepu spek reel versus traxx di toko online karena kesalahan produsen cantumin spek . Kali ini SF apes lagi, sekitar seminggu lalu , SF beli action cam untuk menggantikan Brica AE mark II yang hilang entah kemana pasca trip mancing.

Gara-gara lihat video di youtube SF jadi tertarik beli kamera kogan yang hasilnya bisa mengalahkan Xiaomi Yi. Mampirlah ke tokopedia, dan tulis kata kunci KOGAN ORIGINAL. Keluarlah hasil pencariannya.

Sellernya powerbadge, Lihat review juga banyak yang puas. Tapi kok SF agak curiga sama yang pada komen ya. Beberapa ada yang kecewa sih pikir SF palingan apes.

Setelah barang datang agak kaget,

kok kardus penyok (bukan masalah asal barang bagus) . Begitu dibuka langsung baca buku panduan… SF berusaha masuk menu setting ternyata zonkkk… Ga ada menu setting sesuai petunjuk. Saat tombol mode/power dipencet adanya rekam suara, rekam video, ambil foto dan play. Muter saja ke 4 mode itu.

Dari sini aja dah ketahuan. Ini produk abal-abal. Di buku panduan juga tertulis adanya output HDMI, ternyata zonkkkk, ga ada slot ini di cameranya.

Komplain ke seller dijawab “mau dapat kogan original dengan harga 200rb gan?”

Padahal saya cuma ingin dapat barang sesuai judul. Kesalahan saya adalah tidak merekam proses unboxing dari awal. Saat barang dah dibuka dan dijajal baru komplain. Mungkin ini sebabnya komplain SF melalui pusat resolusi di tolak oleh admin tokopedia. Sampai bolak balik kirim video

Yaahhh… Jadiin pelajaran saja dah.

1. Jangan terlalu percaya judul dan status seller powerbadge… kalau harga ga wajar bisa dipastikan abal-abal…

2. Untuk barang bernilai lumayan usahakan ada video unboxing

3. Cari harga wajar di toko online lainnya

SF akhirnya beli lagi kamera original. Karena puas dengan produk brica sebelumnya, SF beli brica lagi. Kali ini adalah kelas entry levelnya biar ga eman dibuat hardcore saat mancing dilaut. Harga 400rban dah dapet barang bener-bener original.

Rencana kedepan SF coba bongkar camera kogan abal-abal dan mengganti lensanya dengan lensa bawaan brica yang 140 derajat, sedangkan brica bpro5 AE litenya sendiri SF ganti dengan superwide 170 derajat milik Gopro. Konon sih bikin hasil lebih baik. Lantas SF pakai Kogannya ubtuk dashboardcam (entah bisa ato ga)

Nb: belakangan baru ketahuan cara masuk menu setting kogal KW ini. Yakni tahan tombol atas (tombol shuter) ga sesuai buku pedoman yang dipencet tombol depan (mode) berulang.

Untuk clue sellernya monggo lihat saja di kolom ulasan.. ada nama saya komentar.

4 thoughts on “Pengalaman pribadi Beli barang online jangan terlalu percaya Judul. Edisi apes beli action cam”

  1. nama tokonya ada di screenshot.. tinggal bisa viral / ke blow up seberapa jauh ini artikel.. mosok yo ra isin.. meskipun memang kurang video unboxing sih..

  2. kok ga enak gt bilangnya original, tapi dikomplen ngomongnya ga ngenakin.. ya salah seler ngasih harga ori segitu. rasanya seperti slogan take it or leave it in somewhere..

  3. Toped emang gt. Seller ngirim barang rusak pun kita mana tau, tapi sama mereka dilindungi. Saya dulu ngotot minta bukti dari seller buat buktiin kalo dia ngirim barangnya dalam keadaan bagus, tidak rusak waktu dia ngotot minta video unboxing. Barang bisa balik. Rugi ongkir dari kedua pihak. Abis itu kapok seumur hidup pake toped.

Leave a Reply

Your email address will not be published.