Hati-hati ganti lensa action cam Kogan 4K KW

Gara- gara kecewa ketipu sales di Toped (artikel sebelumnya) SF putuskan untuk mengoprek action cam kogan abal-abal tersebut dengan mengganti lensanya dengan punya gopro yang viewnya lebih wide (170 derajat).

Buka- buka tutorialnya di youtube ternyata gampang banget. Tinggal bukan cover depan dan putar lensa bawaan berlawanan jarum jam. Gitu doank…

Tutorialnya cuma bongkar cover depan trus putar lensa. Ga perlu bongkar bodi

Prakteknya gimana? Zonk total.. kamera kogan jadi rusak ! Loh kok bisa…. ?

Setelah SF bongkar total , Ternyata masalahnya ada pada rumah lensa yang menyatu dengan sensor kamera si kogan ini. Alat ini tidak dibaut permanen ke papan PCB (CMIIW) melainkan cuma di tempel dengan double tape!!! Begitu lensa diputar, dudukannya ikut muter dan menarik paksa kabel fleksibel . Akibatnya rusak dah kabel fleksibelnya…. Zonkkk! Sensor kamera jadi tak terbaca. Jadi bangkai dah kamera ini.

Iseng-iseng SF coba bongkar action cam onix yang sebelumnya pernah SF punya, eh dia rumah lensanya dibaut dengan papan pcb, jadi kokoh banget. Dasar si kogan saja yang abal-abalnya kebangeten… 😪

Pokoknya jangan beli lensa abal-abal dah… Apalagi niat upgrade lensanya segala. Kecuali dah ketipu duluan yak… 😁. Lebih amannya bongkar total rangka dalam action cam kalau niat beneran ganti lensa. Repoot kan. Beda dengan action cam Ori….

Akhirnya lensa Gopro 170 tersebut SF pasang ke Brica Bpro5 AE lite yang baru SF beli. Prosesnya gampang seperti tutorial diyoutube. Lensa 140 derajat bawaan Bpro tergantikan dengan lensa 170 derajat , jadi viewnya lebih luas….

Jadi makin cembung deh lensanya….

2 thoughts on “Hati-hati ganti lensa action cam Kogan 4K KW”

  1. mungkin tutorial di yutup untuk KW yang mendingan.. lha iki ibarat KW yang di KW lagi..
    semoga diberi ganti yang lebih daripada kehilangan materi dan kekecewaannya om SF..

    1. Aamiinnn… Dah ganti brica lite. Sambil berharap yg lawas ketemu. Buat acara trip mancing 3H2M abis lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.