Review Suara Knalpot ROB1 Silent Series untuk Nmax

Artikel ini kelanjutan dari artikel Sebelumnya mengenai review knalpot aftermarket Rob1 untuk Nmax. Jika sebelumnya bahas dari sisi performa (artikelnya silahkan klik Disini ) , kali ini SF bahas perihal suaranya. Tentunya penasaran kan dengan suara anti tilang yang diklaim oleh produsen.

Seperti yang saya tulis diartikel sebelumnya, alasan penggantian knalpot standar adalah karena adanya penyok dileher knalpot, yang mempengaruhi performa motor.

Usia motor yang 4 tahun juga bikin kondisi leher knalpot berkarat parah. Alih-alih ganti leher knalpot, SF putuskan ganti sekalian saja fullset. Setelah berkonsultasi dengan grup Nmax di FB, suara Rob1 silent series yang paling adem alias volume yang paling rendah. Video yang SF lihat di youtube, si pembuat video juga mengklaim knalpot ini anti tilang (ada video pengukuran volume knalpot dengan dbmeter). Karena itulah SF beli knalpot Rob1 ini.

Diartikel sebelumnya yang saya share di FB juga ada pertanyaan dari sobat SF, ” apa benar-benar silent?” Ini yang akan SF bahas.

“Tidak Juga”

tidak seperti knalpot standar namun masih tergolong adem. Kurang lebih itu penjelasan singkatnya. Namun SF bakal jabarkan secara lebih rinci .

Saat kondisi stasioner, sedikit sekali bedanya. Rekan SF yang ketemu di parkiran sama-sama keluarkan motor diparkiran saja ga nyadar kalau Nmax SF dah ganti knalpot. Begitu pula saat berhenti di lampu merah maupun jalan stabil . Suara knalpot Rob1 ini sangat adem hampir seperti standar namun lebih ngebass. Melaju di jalur padat juga demikian. Suara knalpot Rob1 tidak mendominasi, bahkan membaur dengan bunyi knalpot motor lain. Jikalau ada Operasi dikondisi ramai seperti ini mungkin bisa dikatakan aman dari cegatan .

Yang membuat beda adalah saat akselerasi dan kecepatan tinggi. Suara knalpot yang ngebass akan terdengar lebih teriak dibanding knalpot aslinya. Ga mengagetkan atau mengintimidasi seperti knalpot full freeflow sih. Tetep adem kok. Namun tetap saja volumenya diatas knalpot standar meski ga mengganggu. Teman yang sempat SF bonceng juga bilangnya ga seberapa berisik kok. Intip aja dah videonya.. pake headset klo pengen tau bedanya dengan knalpot standar.

Sebenarnya bukan knalpot seperti ini yang SF cari. SF maunya persis suara knalpot standar namun bonusnya performa motor meningkat. Kedepannya mungkin SF akan sedikit mengcustom silencer ROB1 ini , dengan memperkecil lubang keluaran atau pasang tambahan DB killer. Nantikan saja artikel selanjutnya yakkk…

One thought on “Review Suara Knalpot ROB1 Silent Series untuk Nmax”

Leave a Reply

Your email address will not be published.