Saran bagi produsen knalpot motor, bikinlah knalpot berperforma tinggi namun tetap silent

Selama jadi rider dari 2006 hingga sekarang tak terhitung berapa banyak knalpot racing yang SF jajal. Dari GL Max, Tiger, Ninja 250, hingga Nmax sudah merasakan penggantian saluran gas buang. Yang perawan saat ini cuma suzuki Spin sajah.. itupun punya Nyonya.

Semakin berumur, makin berubah preferensinya. Yang dulu seneng yang gahar, sekarang senengnya yang bener-bener silent. Dari belasanan knalpot yang SF jajal ada 2 knalpot yang bikin SF jatuh cinta. Keduanya adalah knalpot aftermarket BUKAN SISTEM FREE FLOW… Namun memakai sistem sekat.

Yang 1 merk Nob1 dipakai untuk tiger.

Tiger berknalpot Nob1 silent sport

Yang satu lagi custom made oleh stanlee motomufler yang sempat SF pakai buat Ninja 250 juga SF tancepkan buat tiger saat Ninjanya dah SF jual

Kesamaan keduanya adalah suara knalpot mirip knalpot asli namun menambah performa motor.

SF rasa kedepannya tren knalpot model ini makin meningkat. Alasannya adalah :

1. Kualitas knalpot motor jaman sekarang yang sangat buruk. Umurnya ga tahan lama, terutama leher knalpot. FYI tiger 2004 SF saat ini masih memakai leher knalpot aslinya… 15 tahun lohh !!! Nmax 4 tahun saja dah karat. Kedepannya banyak pengguna motor ganti knalpotnya.

2. Aturan dan penegakan hukum makin ketat. Pengguna knalpot berisik pada ditilangin

3. Toleransi makin naik. Banyak rider dewasa yang menginginkan peningkatan performa tapi ga bikin kaget pengendara lain.

Sayangnya saat ini jarang sekali produsen knalpot yang memproduksi knalpot yang benar-benar silent mirip suara motor standar. Yang banyak adalah produsen yang ngeklaim doank tapi suara knalpot produksinya ternyata lebih berisik dibanding originalnya.

Merk nob1 yang dulu bikin knalpot silent sport buat tiger ( bener-bener silent sampai mengalahkan suara standar!!!) Saat ini dah ga membuat knalpot model beneran silent.

Adanya freeflow yang ber DB killer yang ga sesenyap knalpot Ori. Lalu merk Password , ini juga pernah SF baca suaranya bahkan ga melebihi suara knalpot standard. SF juga sering denger sendiri dijalanan.

Kedua merk yang SF tau ini beneran senyap, dan tetap bikin power motor naik… Gokilll…!!!! Sayangnya bahan baku kedua knalpot ini kurang mumpungi.

Satu-satunya jalan Bagi yang pengen knalpot performa tinggi namun tetap senyap adalah pesan leher knalpot racing berbahan stainless steel biar awet, lalu silincernya memakai silencer original (motor lain) .

SF dah coba hunting knalpot silent sport buat Nmax, sayang belum nemu yang sistem sekat. Saat ini SF knalpot silent merk rob1 buat Nmax. sayangnya sistemnya masih pakai freeflow dengan peredam glasswoll. Dan suaranya ga sesenyap knalpot Ori meskipun masih tergolong adem.

Tantangannya saat ini : bisa ga produsen knalpot lokal bikin knalpot benar-benar sesilent knalpot original , tetapi menjamin peningkatan performa… !!! Saran SF Tiru saja daleman knalpot pabrikan (model bisa didesain menarik) trus redesign leher knalpot untuk mensiasati performa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.