Terlanjur beli knalpot aftermarket tapi Suara terlalu nyaring? Solusinya gampang dan murah

Ada perasaan kurang pas dihati atas pembelian knalpot silent Rob1 untuk Nmax. Bukan masalah performa, karena soal ini sudah memenuhi ekspektasi (cek review pertama soal performa dan keiritan disini ). Namun soal suara yang sedikit jadi masalah, kentara kalau ini bukan knalpot std. ( cek suaranya disini ) Memang sih suara Rob1 SS ini sudah tergolong adem saat stagnan. Namun tetep saja lebih tereak saat akselerasi spontan dan kecepatan tinggi.

Sengaja SF cari di youtube perihal DB killer murah , lah kok nemu video DB killer yang menggunakan barang yang tak terpikir sebelumnya. Murah meriah dan pengerjaannya gampang. Cuma butuh

kasa nyamuk dan gunting saja untuk alat pengerjaannya.

Karena dirumah ada stok kasa nyamuk sisa bikin pintu, langsung saja SF jajal proyek membekap volume knalpot Rob1 . lebar kasa nyamuk yang dibutuhkan sekitar 10 cman, untuk panjangnya sesuai selera dan diameter sarangan knalpot. Yang jelas makin panjang, makin efektif daya serap volume suara knalpot, tapi beresiko pengurangan performa motor.

Bongkar dulu silencer knalpotnya…

Gulung kasa nyamuk searah jarum jam. Gunakan bantuan spidol atau barang sejenis untuk membuat celah lubang ditengah gulungan. Makin kecil celah di tengah gulungan makin tersekat suaranya. Terus gulung sampai mendekati diameter sarangan knalpot . Masukkan gulungan kasa nyamuk kedalam pangkal knalpot agar suara ga pecah.

Setelah gulungan kasa nyamuk masuk ke sarangan , putar bagian dalam kasa nyamuk berlawanan jarum jam (berlawanan arah gulungan), gunakan bantuan tang cucut. Tujuannya kasa nyamuk didalam sarangan mekar sehingga nyangkut dalam lubang- lubang kecil pada sarangan knalpot. Paling enak sih knalpot yang sarangannya bisa dilepas. Jadi kasa nyamuk yang tertanam didalam sarangan bisa diiket dengan cara menembus lubang sarangan menggunakan kawat . Untung saja sarangan punya Rob1 yang SF pakai desainnya menyempit di ujung. Jadi kasa nyamuk yang sudah nyangkut di pangkal ga mungkin kedorong angin ke ujung knalpot sehingga dikhawatirkan lepas. Saat ini sudah hari ke-lima dan posisi kasa nyamuk tetep diposisi semula.

Langsung terasa bedanya setelah DB killer terpasang….. Suara knalpot Rob1 yang sebelumnya lumayan senyap kali ini makin senyap lagi. Mirip Standar Cuma beda tone. Saat jalan stagnan suara cenderung berdehem (menggerung didalam). Mirip suara knalpot std Shogun lawas. Nah Asyiknya… SF ga merasa penurunan performa. Akselerasi motor terasa lebih responsif dibanding saat memakai knalpot standar.

Moggo saja intip video berikut ini.

https://youtu.be/gPxnLaUZcYw

Bandingkan dengan suara knalpot standar dan knalpor Rob1 sebelum disekat dengan kasa nyamuk pada video pada artikel terdahulu

Selasa kemaren, SF bareng temen yang rutin barengan , cuma baru ketemu lagi pasca penggantian knalpot. Sengaja SF ga crita jika knalpotnya baru. Yang dia tau Nmax SF cuma ganti shock saja. Setelah melaju 3km lebih baru dia tersadar ada yang beda dengan suara knalpotnya. Itupun gara-gara SF sengaja geber motor agak kenceng biar boncenger denger. Komentar rekan SF ini, saat berkendara normal suara knalpot tersamarkan bikin dia ga sadar ada pergantian knalpot. Saat ngebut baru dia tersadar kalau SF ganti knalpot. Memang Bener… buat ngebut baru jelas terasa bedanya dengan knalpot standar. Sedikit lebih nyaring, namun ga memekakkan telinga. Pas lah racikan kali ini. Suara berkendara normal cukup senyap, power naik, tetap irit, dan tampilan motor kliatan lebih segar. Keluar suara saat ngebut. Malah perlu ini biar rider didepan aware. Tapi ga kaget saat disalip

Leave a Reply

Your email address will not be published.