Samsung Gear S3 Frontier, Hampir saja saya jadi anti Samsung karena Baterainya boros ga ketulungan. Ternyata ini masalahnya

Berawal dari smartwatch xiaomi amazfit BIP Bundafaiz yang rusak LCDnya karena terjatuh. SF mulai hunting smartwatch baru. Maklum punya bunda termasuk rutin dipakai buat Jogging.

Sempet mengincar xiaomi verge, tapi entah… hati rasanya kurang klik. Modelnya kali…

Tak sengaja saat nganter teman beli HP bekas, ada penampakan Samsung Gear S3 frontier mulus yang ikutan dipajang dietalase. Kebetulan juga harganya tergolong miring. Tak henti2 rekan SF manasin SF.. ini mah jam bekas serasa baru.. tak ada cacat sama sekali.

Buta akan produk ini, sekaligus sayang melewatkan kesempatan ini. Akhirnya nekat SF beli S3 bekas tersebut.

Samsung S3 frontier yang penampakannya segedhe Gshock itu buat nyonyaaaa…? Tentu tidak… 😁 Bunda SF rayu biar mau pake Amazfit Pace yang SF pake. He3….

Awal perjalanan SF bersama S3 ini sungguh penuh rintangan. Hampir saja SF balikin ke seller atau lego dengan banting harga. Bayangin saja…

HP xiaomi Mi Max 3 yang SF pakai tidak support jam tersebut. Cari aplikasi samsung gear di playstore ga ketemu (hide otomatis karena HPnya ga suport), akhirnya SF cari Apknya dari browser… alhamdulillah sukses juga terpasang aplikasi galaxy wear. Masalah tak berhenti sampai disini.

Masalah lain, jam tidak bisa full dicharge karena overheat, berhenti di 30%-40% trus kudu didinginkan baru mu dicash lagi.

Hari pertama jam terpakai, baterai langsung habis dalam beberapa jam saja. Dalam batin SF , apes nih dapet jam busuk !!! 😭 ternyata penyebabnya sepele sobat… software jam masih memakai versi 3 yang memang bermasalah. Setelah SF update versi terakhir masalah overheat dan boros terselesaikan.

Esok harinya baru deh SF puas memakai jam ini. Seharian pakai dengan layar always on dan koneksi ke HP sampai pulang kerja baterai tersisa sekitar 53 %. Masalah muncul di hari kedua… berangkat kerja jam 5.30 posisi baterai 100% dan jam 11 siang baterai habis total. Besoknya SF jajal lagi kali ini dengan mode watchface Tidak always on. Alias layar nyala hanya saat jam mengarah ke wajah. Tidak banyak membantu. Baterai gagal bertahan hingga pulang kerja! Komplain ke toko katanya jam tersebut normal kok , normalnya jam bertahan 6 jam saat watchface always on… “WTF!!!!!” Batin SF . Toko ini padahal langganan SF loh.

Dari hasil googling , kesimpulan yang SF dapat adalah ada masalah dengan versi software terbaru yang disematkan pada Gear S3 ini. (Tizen 4.0.0.2), banyak komplain perihal umur baterai yang terkuras setelah update versi terakhir. Samsung sendiri menyatakan tidak ada masalah dengan software ini. Jelas saja banyak user yang geram sampai banyak yang menyatakan ga bakal pakai samsung lagi… fatal nih.!!!

Penuh harap SF lakukan factory reset pada Samsung gear S3 , dan….. problem solved. Samsung gear S3 bisa bertahan 3 H dalam kondisi layar tidak always on, notifikasi aktif selama 12 jam/hari. Saat dirumah jam SF matikan.

Beberapa hari kemudian tiba-tiba penyakit boros baterai kumat. Baterai tidak sanggup bertahan dalam 1 hari. Asli juengkel SF dibuatnya. Sampai SF bener-bener kapok dan declare bakal anti samsung selamanya… 😅

Teringat, Di pagi itu ada 1 hal yang ubah. Mendownload dan memakai watchface gratisan!!!! Tampilannya keren seperti sinar laser saat background light nyala. Sepertinya ini yang bikin boros baterai, karena saat baterai bermasalah sebelumnya SF juga pakai watchface ini.

Pojok kiri atas tuh yang bermasalah

SF putuskan Reset lagi jamnya dan SF sengaja memakai jam ini apa adanya standar pabrik. Ehhh…. baterai kembali normal. sudah sekitar 3 minggu SF pakai jam ini, dan tidak ada masalah berarti. Baterai sanggup dipakai 3 hari lebih saat mode always on nya di matikan, dan saat always on nya aktif, baterai sanggup bertahan 2 hari dijam kerja. Cukup lah….

Hasil ngobrol dengan rekan sesama pengguna Samsung gear S3, bisa disimpulkan jika memakai watchface gratisan bisa membuat boros baterai karena si developer kurang memperhatikan efisiensi penggunaan baterai. Meski jam posisi mati tapi watchface tersebut tetap berjalan dibackground dengan berusaha mengakses fitur-fitur yang ada meski pengguna tidak sedang menggunakannya. Pantesan pihak samsung sendiri merasa fine-fine saja dengan produk mereka. Lah yang bermasalah aplikasi pihak ketiga kok.

Tidak semua watchface gratisan bermasalah yak… SF coba yang lain aman-aman saja. Usahakan pakai warna background gelap agar baterai awet.

Untuk reviewnya tunggu artikel selanjutnya saja yak… kepanjangen ditulis disini. Jelasnya Samsung gear s3 fontier bukan produk yang sempurna ada kelemahannya disana-sini.

One thought on “Samsung Gear S3 Frontier, Hampir saja saya jadi anti Samsung karena Baterainya boros ga ketulungan. Ternyata ini masalahnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.