Review Samsung Gear S3 penuh Suka dan Duka

Ada alasan kenapa SF sebelumnya membeli jam pintar Xiaomi amazfit Pace. Sepintar apapun dia tetaplah sebuah jam. Harus setiap saat menampilkan waktu. Karena itulah SF memilih amazfit Pace. Dengan layar always on yang layarnya tetap cerah meski dibawah sinar matahari, baterai Pace sanggup bertahan 3-4 hari.

Kali ini SF memutuskan meminang Samsung Gear S3 frontier benar-benar tanpa pertimbangan matang. Ada jam pintar bekas mulus seperti baru yang * Tampilan Fisik\nJamnya terlihat Oke… Macho sekaligus eksklusif . Buat resmi maupun outdoor masih cocok. Yang paling tidak SF sukai adalah tali/ strap terlihat seperti karet murahan. Jauh lebih apik bawaan amazfit Pace yang warnanya lebih bagus dan bahannya lebih lembut. S3 ini punya behel yang dapat diputar. Bukan cuma hiasan, behel ini berfungsi sebagai tombol geser. Layarnya tenggelam terlindungi oleh bodi jam. Ga seperti amazfit pace yang rentan sekali kena gesekan. Tombol di samping kanan ada 2 , home dan back. Ketebalannya mirip seperti Gshock. Strapnya terkunci dengan sistem quick release, tinggal geser tuas kecil pengunci strap untuk gonta ganti tali. Ukurannya persis punya Xiaomi Amazfit Pace 22mm. S3 SF sendiri langsung pakai strap logam agar cepat pasang-lepas saat wudhu. harganya sepertiga jam baru. Sikatttt!!!

Mari direview

* Tampilan Fisik

Langsung ganti pakai strap logam

Secara umum tampilan fisiknya keren… Macho sekaligus eksklusif . Buat resmi maupun outdoor masih cocok. Yang paling tidak SF sukai adalah tali/ strap terlihat seperti karet murahan. Jauh lebih apik bawaan amazfit Pace yang warnanya lebih bagus dan bahannya lebih lembut. S3 ini punya behel yang dapat diputar. Bukan cuma hiasan, behel ini berfungsi sebagai tombol geser. Layarnya tenggelam terlindungi oleh bodi jam. Ga seperti amazfit pace yang kacanya sejajar bodi jam, jadi rentan kena gesekan/benturan. Tombol di samping kanan ada 2 , home dan back. Ketebalannya mirip seperti Gshock. Strapnya terkunci dengan sistem quick release, tinggal geser tuas kecil pengunci strap untuk gonta ganti tali. Ukurannya persis punya Xiaomi Amazfit Pace 22mm. S3 SF sendiri langsung pakai strap logam agar cepat pasang-lepas saat wudhu.

* koneksi dengan Hp

Ada wifi dan bluetooth. Untuk mengkoneksikan dengan HP perlu aplikasi yang namanya Samsung Gear. Dari sini terlihat Samsung ingin mengeksklusifkan Smartwatchnya khusus untuk smartphone samsung. Terbukti Xiaomi Mi Max 3 punya SF tidak kompatible dengan Samsung gear S3 Frontier (sebut saja S3). Pencarian di Playstore tidak menunjukkan adanya aplikasi samsung gear. Sepertinya langsung di hide oleh playstore karena unsuported device . Solusinya mudah tinggal download file mentahnya (.apk) dari browser. Baru instal sendiri ke HP

* Ketajaman layar

Ini yang bikin merinding . Ketajaman layarnya luar biasa. Dibanding dengan amazfit Pace… jauhhhhh… bagaikan TV LED vs TV tabung 😂. Sepertinya layar ini yang sedot baterai paling besar. Layar juga nampak kesan 3D. Seolah-olah ada bagian yang muncul dan ada bagian background terpisah… keren.

* Fitur

S3 dibekali Speaker+mic jadi bisa buat telepon dan voice command, ada NFC meskipun saat ini cuma berfungsi untuk samsung pay (CMIIW), altimeter/barometer, GPS juga ada, fitur lainnya standar jam pintar lah. Notifikasi, pengukur langkah kaki, detak jantung, kualitas tidur, dll. S3 sudah IP68 tapi SF sendiri ogah pakai renang. Riskan…. Buat hujan-hujanan sih sepertinya masih berani. Untuk platformnya lebih mantap amazfit pace yang memakai android (pace kudu di unroot biar bisa tambah aplikasi) , S3 ini memakai tizen pengembangan samsung sendiri. S3 punya memory internal 4 gb dimana hanya 1,5 Gb saja yang bisa dipakai. Muat lah buat simpen mp3 atau foto orang yang tersayang. Pengisian daya sudah wireless.

* Ketahanan baterai

Untuk mode layar always on S3 sanggup bertahan 2 hari. Dengan catatan jam nyala dan terhubung dengan HP saat berangkat kerja , dan baru dimatikan saat dirumah(sekitar 12 jam sehari lah). Ketahanan baterainya kira2 separuhnya amazfit pace

Dengan mode layar always on yang di dimatikan, agak mendingan. Usia baterai bisa 3-4 hari.

10 jam 41 menit mengkonsumsi daya 18% mode layar tidak always on

Tapi SF sendiri kurang suka mode ini. Agak gimana gitu kemana-mana terlihat memakai jam mati. Repot juga kudu gerakkan tangan kalau ingin liat jam. Ga bisa cuma melirik.

* Lain-lain

– baterai jam terkuras jika dipakai tanpa terkoneksi ke Hp. Sepertinya bluetooth searching terus gitu. Pernah SF lupa mengkoneksikan jam ke HP selama perjalanan dari rumah ke kantor, sekitar 1,5 jam baterai berkurang 20%. Dan jam terasa hangat. Jika ingin tidak terhubung dengan HP mending aktifkan mode stand alone, atau mode pesawat.

– Sesekali gagal koneksi awal dengan HP Xiaomi MiMax 3. Mungkin karena pada dasarnya S3 ini diperuntukkan bagi pengguna HP samsung. Solusinya mudah sih. Cukup restart jam dan restart aplikasi samsung gear pada HP.

– Aplikasi yang paling sedot baterai adalah watchface. Hati-hati memakai watchface pihak ketiga gratisan. Berdasar pengalaman ada yang benar-benar sedot baterai. Gunakan background watchface gelap agar baterai makin awet.

– penyakit baterai boros banyak dilaporkan pengguna S3. Jangan keburu menyangka baterainya drop/rusak. Lakukan update software terbaru dulu. Trus jangan pake watchface gratis sembarangan.

– keanehan terjadi saat ada telpon masuk via Aplikasi Whatsap, kadang ada notifikasi saat telp masuk dan bisa diterima langsung di S3, kadang juga tidak ada notifikasi sama sekali. Notifikasi Missed call baru muncul saat penelpon berhenti melakukan panggilan. Anehnya rekan SF sesama pengguna S3 , notifikasi panggilan masuk dari WA tidak aktif sama sekali. Padahal HP dia samsung loh.

Kesimpulan

(+) sisi positif

– layar tajam

– bodi jam terlihat berkelas

– fitur lebih lengkap

– Banyak assesory aftermarket. Bateraipun ada yang jual

(-) sisi negatif

– strap terkesan murahan dan kurang elatis

– baterai kurang awet.

– NFC kurang bisa diaplikasikan di Indonesia.

– diperuntukkan untuk pengguna Samsung. Entah kalau HP merk lain. Jelasnya HP milik SF, xiaomi Mi Max3 tidak support S3.

Update dari xiaomi amazfit pace ke Samung Gear S3 frontier penuh suka duka. Sukanya jam lebih keren, fitur lebih kaya dan layar super, dukanya ya itu tadi… baterai kurang awet, diawal beli dah hampir SF enyahkan S3 ini karena baterai bermasalah . Lihat saja artikel sebelumnya… untung dah selesai masalahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.