Joran kolam air tawar tidak direkomendasikan untuk mancing dilaut, ini alasannya

Entah kenapa, beberapa kali trip mancing dilaut, member baru bisa dikatakan paling beruntung. Malah jadi Man Of the Match!!!2 Minggu Kemaren contohnya. Teman yang baru pertama mancing dilaut dapat queen fish babon. Berat ikan yang juga dinamain talang-talang ini 7,5kgan.

Joran air tawar

Butuh perjuangan berat menaikkan ikan ini. Lebih dari 20 menit. Sampai-sampai rekan SF hampir nyerah dibuatnya. Ternyata sebabnya adalah joran yang dipakai adalah joran khusus sungai / kolam air tawar. Soal kekuatan boleh diacungi jempol lah. Lah bahannya sendiri Fiber yang susah patah. Kendalanya adalah, bagian belakangnya/buttnya pendek. Sangat bikin ga nyaman buat fight dengan ikan besar dalam waktu lama. Bahkan bisa mengakibatkan cedera. Saat umpan disambar ikan besar, hentakan langsung diredam oleh pergelangan tangan. Beda dengan joran khusus saltwater. Buttnya panjang jadi bagian belakang joran bisa di jepit ketiak atau di tancepin fighting belt. Jadi pergelangan tangan tidak menanggung beban berlebih.

Joran khusus laut

Itu yang pertama, ada lagi alasan kenapa joran air tawar ga cocok dilaut. Joran air tawar rata-rata kurangbpunya lifting power yang bagus. Beda dengan joran khusus laut Joran laut. Ini diperlukan saat fight dengan ikan. Ikan lebih mudah dipaksa naik dengan cara memompa joran.

Alasan terakhir adalah ring guidenya. Air laut sifatnya korosif. Sangat mudah bikin karat. Sudah 2 joran air tawar SF jadi korban karena bahan ringnya kurang bagus. Semenjak itu SF selalu beli joran khusus laut yang ringnya berlabel Fuji. Joran air tawar jarang yang memakai fuji, jadi kurang tahan terhadap sifat korosif air laut. Joran laut buat air tawar ? Ga masalah… tapi kalau joran tawar buat laut? Sangat tidak direkomendasikan.

Selain ga nyaman juga beresiko bikin cedera saat fight dengan ikan besar

One thought on “Joran kolam air tawar tidak direkomendasikan untuk mancing dilaut, ini alasannya”

  1. Kurang tepat juga kalau dibilang joran air tawar jarang yang memakai ring fuji.
    Joran murah emang iya, apalagi joran fiber.
    Tapi yang di harga 400rb keatas rata-rata sudah full fuji, walaupun joran khusus air tawar

Leave a Reply

Your email address will not be published.