Speaker dolby surround 5.1 Logitech Z607, harga terjangkau tapi minim koneksi

Bermula dengan berlangganan Netflix premium, fitur audio surround 5.1 jadi aktif di TV LG SF. Kebetulan soundbar milik SF LG SJ2 juga support fitur dolby. Namun rasanya kurang maksimal mendengarkan alunan audio 5.1 yang dipaksakan keluar melalui speaker 2.1 . Mumpung 3 bulan SF libur mancing karena musim angin barat dimana ombak lagi lucu-lucunya, Jadinya SF pakai budget mancing buat hunting speaker 5.1

Speaker 5.1 terdiri dari 2 speaker depan, 2 belakang, 1 tengah dan tambahan 1 speaker frekuensi rendah/ subwoofer. Rupanya susah cari speaker jenis ini yang harganya terjangkau namun bisa disandingkan dengan inputan hdmi arc/optical yang keluar dari TV. Ada sih yang support bluetooth, tapi SF hindari dulu karena biasanya ada delay antara gerakan dan suara.

Beberapa opsi muncul tapi over budget diantaranya speaker soundbar LG 4.1 dan sony 5.1, SF pending dulu karena nyari yang lebih murah. Sedikit ragu SF mulai melirik speaker Logitech yang memiliki input analog 5.1 berupa lubang RCA 6 biji, stereo kanan kiri serta bluetooth 4.2. Sayang sekali tidak ada Fitur optical dan HDMI . Dalam benak SF Okelah sedikit mengorbankan gerakan dan suara yang tidak sinkron. Toh di smart TV LG ada fitur sinkron Gerakan dan Suara.

Dengan sedikit kebimbangan SF putuskan beli Logitech Z607 yang reviewnya lumayan cakep. Harganya setengah dari speaker soundbar LG atau Sony yang SF sebut sebelumnya. Bahkan speaker logitech ini harganya setara dengan speaker soundbar milik SF sebelumnya.

Barang dateng langsung SF sandingkan dengan TV LG melalui koneksi bluetooth. Diluar ekspektasi fitur 5.1 dari netflix langsung hilang dari deskripsi film, SF coba masuk settingan audio pada aplikasi netflix, sama juga… ga ada settingan 5.1 nya. Bluetooth versi 4.2 ternyata hanya support stereo 2 channel!

Bukan hanya itu… delay suara tidak dapat disinkronkan oleh TV LG. Ternyata fitur audio sync ini nyala saat speaker yang dipakai juga support audio sync… 🤦🏻‍♂️ belum lagi tiap kali nyalakan TV kudu men connect kan lagi dengan bluetoothnya z607, ga auto connect.Ampun deh niatan upgrade speaker malah kuciwa …

Bukan SF kalau langsung menyerah begitu saja. Masih ada harapan. Dari Hasil gooling, Ternyata ada suatu alat yang mampu merubah sinyal digital menjadi analog. Namanya Audio Rush decoder 5.1 . Beruntung ada 1 toko di sidoarjo yang masih punya Stok. (Dijakarta banyak pelapak yang jualan dengan harga murah, tapi stock pada kosong)

Alat ini merubah sinyal digital dari kabel Optical menjadi 6 keluaran RCA (AV) , depan kanan-kiri, belakang kanan-kiri, tengah, dan subwoofer. Dari review yang SF baca di sini. Alat ini benar-benar berfungsi sebagai splitter 5.1.

2 input optical, 1 coaxial, 1 jack 3.5mm. 6 output untuk channel 5 .1

Instalasi cukup mudah. Output dari TV/PS3/4 berupa spdif/optical masuk ke inputan decoder, output dari decoder masuk ke inputan speaker. Setelah itu nyalakan decoder dan pilih inputan optical(ada 2 input optical, 1 coax) .

Setting suara ini yang cukup membingungkan… awalnya SF masuk youtube cari kata kunci dolby 5.1 sound test. Sampai mumet nyetting TV, speaker dan decoder untuk mendapat efek 5.1 tetap ga berhasil. Suara speaker depan belakang sama. Seperti channel stereo yang dipaksakan keluar ke 6 speaker.

Ternyata dari hasil googling ketahuan kalau youtube belum sepenuhnya support dolby surround 5.1 j*nc**ks…!!! 😁 pantesan setting ga ketemu.

SF masuk aplikasi netflix bawaan smart TV LG. Settingan audio TV pakai auto saja (jangan mode PCM!), settingan speaker mode RCA dengan fitur 5.1 dinyalakan,
nah di settingan decoder ini yng kurang jelas… ada tombol 2.1/5.1 yang jadi satu tapi user ga tau mana yang sedang aktif. Untuk mengetahui mode surround 5.1 telah aktif gampang … cari adegan percakapan! suara percakapan dominan keluar dari speaker tengah bukan dari speaker lainnya. Kalau suara percakapan pelan/hilang dari speaker tengah dan muncul dari speaker kanan/kiri berarti yang sedang aktif mode stereo.

Taraaaa…. simbol 5.1 langsung aktif

Untuk hasil maksimal jangan taruh semua speaker di depan. Taruh sesuai peruntukan 2 depan, 2 belakang, 1 tengah depan, dan subwoofer jelasnya didepan karena semua kabel speaker input/output pusatnya disitu.

Suaranya gimana?

Amazing… jauh dibandingkan speaker stereo. Saat adegan perang, jelas sekali suara desingan peluru dari segala arah. Suara background film horror yang seram bikin bunda makin peluk erat SF. Ada kejadian lucu nih, saat ada tayangan air terjun, bunda yang saat itu nonton drakor di tablet langsung beranjak keluar kamar berniat memasukkan pasir kucing yang dijemur. Dikiranya hujan turun…. 🤣 masuk lagi kekamar sambil cengingisan karena kecele.

Bukannya tanpa cela… volume speaker jadi konstan, tidak terpengaruh oleh volume TV. Jadinya untuk atur volume speaker hanya bisa melalui remote speaker atau langsung pencet tombol pada speaker. Annoying?!!!! Sabarrrrr….. SF pakai remote variasi yang bisa mengcopy sinyal dari remote lain. Tombol yang sering dipake di remote TV dicopy semua ke remote variasi, kecuali untuk tombol volume dan settingan audio yang SF copy dari remote logitech z607

Speaker analog seperti logitech Z607 memang punya kelemahan dibanding speaker yang pure digital yang harganya sampai 2 x lipat, namun kalau mau sedikit bersusah payah hasilnya cukup memuaskan.