Akhirnya KO juga aki Nmax setelah 5 tahun

Nah Senin kmaren baru dah Nmax ngambeg. Awalnya ga curiga saat kunci kontak diputar arah on. Tapi saat tombol starter dipencet , tulisan odometer langsung ilang dan starter ga merespon. (Backlight odometer masih nyala)

Lampu odometer nyala, tapi tulisan ilang

SF matikan kontak motor dan coba semenit kemudian, kali ini odometer sudah tidak keluar angkanya hanya backlight, saat stater dipencer, odometer mati total…

Untung saja kejadiannya dirumah. Mengingat Nmax ga ada kick starter. Kesehatan aki wajib dimonitor. Kalau sudah ada tanda-tanda melemah , apalagi umur sudah 5 tahun, kudu segera diganti. Jangan sampai anda kerepotan saat di tempat kerja atau diparkiran umum Nmaxnya ngambek.

BTW , awet sangat ya aki Nmax ini. Padahal konon pasang alarm bisa memperpendek umur aki. Nmax ini kendaraan SF yang paling awet akinya. Ertiga SF sekitar 3 tahun dah ganti aki, tiger motor lawas, malah setahun sekali ganti aki.. maklum motor jadul perkabelan dah mulai error. Begitu juga spin. Apakah memang motor-motor baru cenderung lebih awet akinya? Bisa jadi sih. Bohlam Led yang berdaya kecil menyumbang keawetan aki. SF sendiri menghindari assesori yang ga perlu di Nmax ini, klakson SF biarkan STD saja,toh cuma dipakai dalam kota dan bunyinya dah nyaring, bahkan bohlam lampu kota depan – belakang SF ganti dengan LED , sepertinya juga sedikit membantu bikin aki awet. Lampu Nmax baru nyala saat mesin hidup,(bukan saat kontak diputar keposisi on.) Juga menyumbang keawetan aki . Akinya menyalurkan arus pada komponen yang penting dulu misal kirim arus ke ECU, Odometer, pompa injector, dan dinamo starter. Setelah mesin nyala baru lampu utama nyala.

Saatnya ganti aki nih… ada solusi pahe sih… next artikel saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.