Kadar nitrat tinggi? jangan dibikin pusing. ini buktinya coral dan ikan masih sehat

Awalnya SF dibikin pusing pasca tes parameter air yang menyebutkan kadar nitrat aquarium SF melambung tinggi … mentok test kitnya . segala cara SF coba. dosing Redsea Nopox ditambah, taneman di sump di banyakin, sampai beli testkit sendiri . tetep aja segitu angkanya. Seorang master bilang hobi itu buat membahagiakan kita… ngapain dibikin stres… toh kondisi coral dan ikan baik- baik saja.

kadar nitrat mentok

benar juga, coral didalam tank yang didominasi LPS dan Softies sih baik- baik saja. LPS misalnya : cendolan sangat mekar padahal rangkanya kecil bingit, coral anemon (torch) melambai- lambai sampai berantem sama frog spawn/babut hijau (yang akhirnya terpaksa ngalah dipindah), . untuk softies seperti jamur- jamuran, payungan, tangan- tangan, cabang hijau aman dan tumbuh makin besar. zoanthid dan palythoa beranak pinak, begitu juga polip bintang.

Mungkin batu hyu yang bisa dibilang terpengaruh. entah kenapa beberapa kali beli cuma hidup 3-4 bulan saja lalu membotak. kalau SPS jelas masih trauma untuk mencoba lagi. meski lampu mumpungi, suhu dan juga sudah dosing big3 tetap saja tewas. 2 kali mencoba montipora dan keduanya gagal.

Ikan bagaimana? so far letter six (dory), jabing, bicolor, keling, betok, giro, jae- jae aman, sebelumnya punya keranjang bali , dan smadar juga sehat dat (berdua ini terpaksa diungsikan karena tertangkap tangan makan zoa). udang pelet dan MP juga aman. Bintang pasir pun sehat- sehat saja. nah bintang laut merah punya 2 dan mati semua. entah kenapa. ada yang bilang bintang laut merah memang rentan . botana biru yang sebulan terlihat sehat tiba2 juga modar. konon ikan ini sensitif dengan parameter air.

simak saja deh video aquarium yang berkadar nitrat tinggi ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.