lain- lain

Penampakan unik di daerah Jatinegara.

 

Saat motor lain melapis bodi motornya menggunakan stiker.

Owner Honda blade ini melapisi jok dan bodi motornya dengan kain sofa… sah-sah saja wong itu motornya sendiri.:)

klo saya jelas ga merekomendasikan… ga kebayang kalau kehujanan. kain akan menyimpan air yang justru lama-kelamaan merusak cat motor dan menyebabkan karat logam. Belum lagi kalau kainnya lembab segala kotoran seperti debu/ carbon sisa pembakaran akan menempel di kain tersebut. tak mustahil bakteri akan berkembang biak. malah bikin kulit gatal-gatal

 

WD 40 bikin spinner mampu berputar lebih lama memang terbukti…. Tapi ada efek negatifnya. Sudah SF jajal pada beberapa spinner milik Faiz dan Nafis. Mereka berdua sepertinya terobsesi dengan waktu putar spinner yang lama. Terutama si Nafis adiknya Faiz. dia protes keras jika Spinnernya kalah lama muternya dibanding punya masnya. kalau dah gitu protes dan minta dibelikan spinner baru.

Nah daripada beli baru mending SF semprot saja bearing spinnernya dengan WD 40… efeknya seketika terasa. Jagoan si Nafis langsung mengalahkan punya Faiz. Giliran Faiz protes…. “curang”katanya… ya wis sikat juga bearingnya dengan cairan penetran WD 40. Sampai akhirnya ada 4 spiner yang SF semprot dengan WD 40 dan kesemuanya mampu berputar lebih lama…

Tapiii…. ternyata efeknya hanya bertahan sementara. beberapa hari kemudian serentak semua spinner yang SF semprot WD 40 jadi lambat waktu putarnya. setelah baca dan googling informasi sana-sini. ternyata penyebabnya adalah cairan WD 40 yang mengering didalam bearing. sisa cairan yang mengering tersebut sedikit mengambat laju bearing.

SF coba membersihkan sisa WD40 tersebut. sedot bensin tiger sajah… keempat bearing di rendam kedalam cairan bensin sembari diputar-putar didalam cairan bensin… dan ternyata bensin berubah warna jadi kehitaman…. ini dia sumber masalah putaran bearingnya. agar makin yakin bearing dah bersih dari segala zat pengganggu , SF ulang lagi proses celupnya dengan bensin baru. setelah itu keringkan bearing dengan cara di jemur…

Efeknya langsung terasa…. bearing diputer tanpa bodi saja muternya dah lumayan.

 

 

Kali ini SF bakal ulas efek dari antena modem dalam meningkatkan kecepatan internet XL Go.
Kelemahan modem MiFI huawei slim2 yang di bundling dengan paket internet XL Go 90Gb 90Hari adalah kemampuan menangkap signalnya lemah. Kebetulan Dikantor SF kawasan kalibata signal yang didapat di dalam gedung lantai 4 terkadang cuma dapat 1 bar 4G bahkan sering tanpa sebab pindah ke 3G full bar. Padahal kalau di HP signal 4G manteng di kisaran 3 Bar. Untuk mensiasatinya SF memasangkan MiFI ini dengan antena modem,dengan harapan signal operator yang ditangkap jadi lebih baik sehingga kecepatan internetnya naik.
Ada 2 macam antena yang SF beli. 2 biji antena portabel yang mudah dibawa kemana-mana seharga @20rb, dan sebiji antena spiral (2 spiral) dengan kabel 3 meter seharga 69rban. Untuk pengetesan SF lakukan sebayak 3 X running speed test.
Woke mulai saja

Continue Reading

Sekitar 2 minggu lalu SF hunting paket perdana 4g hemat. Kebetulan juga paket internet IM3 28 gb 3 bulan seharga 70 rb  dah mau abis masa berlakunya.
Sortir sana sini nemu XL Go 90hari 90 gb seharga 65rb. 90gb terdiri dari 30gb/bulan x 3 (6GB 3G/4G, 24GB khusus Mifi).

Sinyal XL di modem huawei E5577 daerah kalibata di dalam gedung. Kadang 4 G 1 bar kadang 3G fullbar

Seminggu pake aman-aman saja. Ga kepikiran beli modem. Pas keluar dolan sama anak2 , mereka minta hotspot dari HP SF… waduh bisa abis kuota 6GB SF. Pertimbangan mau lebaran, anak-anak pasti butuh internet selama liburan. Ya wis lah beli modem gandengannya XL GO, huawei slim E5577 seharga rp 465.500 dari online shop.
Pemakaian pertama langsung agak kecewa.. lah kok sinyalnya drop… biasa di HP 2-3 bar sinyal 4G. Eh di modem ini cuma 1 bar kadang malah ga dapet 4 G , pindah ke 3G full bar. SF belikan antena portabel sedikit membantu. Lebih manteng di 4 G dan kecepatannya stabil.

Seberapa kencang kecepatannya?

Continue Reading

Dah fidget spinner? Belum….? Ahhh ga gaul brarti…. he3… asline SF sendiri malah baru tau dari Faiz kok….  tiap hari nggremeng minta fidget spinner. Pas kebetulan juga rekan kerja  juga ada yang belikan buat anaknya…. dia beli 150rb, Saya belikan Faiz yang 50rb sajah.. pokoke berat, jadi Faiz ga tau klo harganya murah 🙃

Lah kok pas dibawa pulang , Faiz protes… “kok goyang goyang Pa…. muternya juga ga lama… di youtube bisa 3 menit lebih…. ” Faiz minta dibelikan lagi yang bagus…  (modiar …. kudu beli lagi dah yang agak mahalan :mrgreen: )

Googling sana sini , salah satu penyebab spinner ga bisa muter lama karena bearing jelek. Ya wis SF belikan bearing R188 secara online… eh ya ada 3 tipe bearing fidget spinner, yg SF tau 608,606 dan R188…. yang paling kecil R188 sekitar 12mm diameter luarnya. Belinya di topfidgetspinner harganya 39rb.

Sebelum upgrade bearing

Selanjutnya proses Bongkar bearingnya… tinggal puter tutup bearing (caps) dan bearing tinggal di ketok kearah luar, agak maksa sih. Nah saat bearing baru dipasang lah kok bearing agak geser geser saat tutup bearing di tekan… solusinya bearing baru dikasih double tape tipis disisi luar… setelah itu masukkan kelubang bearing, memang agak susah 😆 …. SF pasang dulu penutup bearing lantas SF tekan bearingnya agar masuk…. rapetin capsnya , langsung diputer…

Setelah upgrade bearing r188

krasa langsung bedanya…. putaran halus, suara dan getaran berkurang drastis…  saatnya tes…

Kali ini Fidget spinner menghasilkan putaran jauh lebih lama … hampir 3 X lipat standarnya….
tepatnya jadi 3 menit ! Lumayan lah menyiasati agar ga perlu belikan fidget spinner baru buat Faiz… SF yakin kalau fidget spinner ini kualitasnya lebih presisi (balance) pasti bisa lebih…

Memang Bener Faiz ga minta dibelikan baru, tapi adiknya jadi pengen…papanya juga 😆 jadi beli lagi 2 biji…. hmmm gara2 Faiz , SF jadi makin penasaran :mrgreen:

Kiri 4m2dtk, tengah 1m40dtk, kanan ori 1m5dtk, upgrade jadi 3m 0dtk

Artikel terkait :

WD 40 bikin fidget spinner mampu berputar lebih lama memang terbukti.Tapi ada efek negatifnya

 

Jengkel banget saat mau memakai lem G/lem korea ternyata sudah kering membatu. Padahal baru sekali dipakai dan isinya masih buanyak. Untuk itu kali ini SF share cara bikin Lem G/ korea (istilah di Jakarta) awet tidak mudah mengering. Caranya simpel banget… beberapa pembaca mungkin sudah biasa mempraktekkan… 


Modalnya cukup sobekan tas plastik/kresek. Saat selesai digunakan… buka tutup corong pada lem korea… tutup permukaan badan lem dengan potongan plastik yang di double 2, lantas pasang kembali tutup corong lem korea menjepit potongan plastik tadi…. eh ya kelupaan… sebelum tutup corong dipasang kembali ke badan/botol lem , tiup dulu corong plastik setelah terpakai agar sisa lem ga mengering menutupi corong. Hari hati ya… kalau belepotan bisa2 nempel bibir 🙂


InsyaAllah lem korea akan awet… pengalaman SF , sebulan setelah pemakaian pertama , lem korea didalam botol masih cair 

Memang susah jadi rakyat kecil… Susah cari uang dengan cara halal. Berikut curhatan penjual mie ayam langganan SF. Sebut saja Udin…


Udin datang dari Jawa beberapa tahun silam untuk jualan mie ayam. Dia memilih lokasi deket kompleks pendidikan militer. Bukan jalan utama jadi ga rame rame amat… ga ada yang namanya macet didaerah ini. Setiap bulan Udin menyetor beberapa ratus ribu sebagai uang keamanan/sewa lokasi dipinggir jalan ini kepada pihak tertentu.

Keberadaan Udin sangat dibutuhkan oleh pekerja yang kebetulan lewat daerah situ… mulai sopir angkot, karyawan swasta, sampai PNS seperti SF jadi langganan mie ayam ini.

Beberapa hari lalu SF dicurhati Udin yang apes kena operasi satpol PP… entah kenapa operasi ini ga seperti operasi Satpol PP pada umumnya, atau memang ini cara baru ya? Petugas patroli Satpol PP turun dari mobil , meminta Identitas Udin dan mencatatnya, lantas petugas meyerahkan selembar surat undangan sidang esok harinya… kata Petugas : “Bapak telah melanggar aturan tidak boleh berdagang di atas saluran air/got. Karena itu besok bapak harus ikut sidang.” 

Udin sempat protes karena tiap bulan sudah setor uang keamanan, dan merasa lapaknya ga merugikan siapapun, Ga bikin macet, ga bikin kotor, ga mengganggu pejalan kaki…petugas menjawab dengan tegas…” aturannya memang ga boleh,  kalau mau protes nanti pas sidang saja. ”

Bukan hanya penjual mie ayam ini saja yang kena, 2 lapak sebelahnya juga dikasih surat Cinta oleh satpol.

Beberapa hari kemudian saat SF sarapan diwarung yang sama. Seperti biasa  Udin penjual mie ngajakin ngobrol… kali ini dia kembali curhat… “Kenapa ya…Pemerintah kok malah menyusahkan rakyat kecil , usaha halal dipersulit… lah kalau usahanya mati trus jadi maling/begal gimana?” Kalau saya memang mengganggu lalu lintas , atau bikin kotor , saya ikhlas di denda atau sekalian diangkut gerobak saya” ini kan jalan sepi ga ada macet.., karyawan- karyawan dan warga sini juga butuh orang jualan kaya saya. Susah kalau sekarang pemda juga minta jatah?” Sebelum SF tanya maksudnya, Udin lantas menceritakan pengalaman menghadiri sidang kemaren. Sebelum memasuki ruang sidang , Udin di briefing  seseorang (menurutnya petugas satpol pp), disuruh ngaku baru jualan, jangan banyak protes biar dendanya ga mahal. Waktu sidang oleh hakimnya ditanyain dan dikasih tau salahnya apa… lantas ketok palu… bayar denda 200rb. Sidang memang bentar tapi antri… jadinya hari itu ga bisa jualan. 

“Kalau sering kaya gini… ga bisa jualan saya… rugi bandar… kalau saya naikkan harganya pelanggan bakal pergi…. ” kata Udin sembari menahan emosi….

Dalam pekerjaan apapun memang selalu ada aturan… bahkan kerjaan SF sendiri ada hubungannya dengan penegakan aturan… tapi SF juga manusia… susah melupakan sisi kemanusiaan… 


Pemerintah Indonesia belum bisa menjamin dan memberikan lapangan pekerjaan bagi seluruh warganya… janganlah mempersulit usaha rakyat kecil… kalau memang jelas lapaknya ga ganggu lalu lintas, ga merugikan pengguna jalan, ga bikin kotor, bahkan keberadaannya dibutuhkan oleh warga yang ingin sarapan murah meriah.. kenapa sampai dipersulit…? Dia punya keluarga dirumah yang kudu dihidupi… 

Tapi entahlah.. mungkin pembaca blog ini punya opini berbeda…. 

Beberapa hari terakhir SF sedikit terganggu dengan predikat biker sejati yang di sematkan oleh media online kelas kakap kepada salah satu korban kecelakaan… ga usah SF sebut karena sudah pada tau…

Bagi SF apa sih arti biker sejati ? 

Bukan soal banyaknya motor yang anda punya, bukan soal mahalnya motor anda, bukan soal modifikasi ekstrim motor anda. 

Tapi cukup 1 : biker sejati adalah pengendara motor yang menghargai hak makhluk lain : 

1. Menghargai hak hidup makhuk lain… ngalah sama hewan yang nyebrang jalan misalnya


2. Tidak merampas orang lain. Dengan tidak naik trotoar, taati aturan lalu lintas, ga usah turing pake minggir minggirin orang lain. Beda kalau anda jadi pembuka jalan bagi ambulance yang membawa pasien 


3. Tidak merugikan orang lain… jangan pakai lampu rem menyilaukan, jangan melawan arus, …

4. Bantu yang sedang kesusahan… 


Tidak mudah… SF saja merasa jauh dari kriteria itu… tetap berusaha tapi masih saja susah…. yah…kadang nyolong busway gara2 jalan utama dah ga bisa dilewati, sering brenti lewat marka, kadang melewati kecepatan legal,  ampunnn …. susah kalau diJakarta.

 Paling tidak kalau anda memang salah dan ada yang negur… minta maaflah… jangan malah nyolot… “sudah salah nyolot” bukan istilah asing si ibukota….

Sukur sukur biker sejati dibekali dengan kemampuan problem solving motornya… 

Kalau pengertian biker sejati adalah biker yang kebut-kebutan dijalan umum sampai merusak properti pengguna jalan lain … meski sepandai pandainya dia punya gelar bejibun misalnya, atau setajirnya dia punya moge termahal didunia misalnya… apa bisa diberi predikat biker sejati?

Mungkin saat itu lagi pelaku sekaligus korban kecelakaan sedang khilaf… mungkin semasa hidupnya si biker terkenal baik dan sopan… 

Untuk menghormatinya… ingat ingatlah kebaikannya… sampai detik terakhir  almarhum masih meninggalkan pelajaran berharga bagi yang ditinggalkan… melihat video kecelakaan motor kecepatan tinggi yang bertebaran seakan menyentil SF itu yang bikin bersyukur… “alhamdulilah SF yang sering khilaf kebut2an diberi keselamatan hingga sekarang” bagi pengguna sport kencang lain … video tersebut juga sangat penting… makin kencang motor makin besar resikonya…. penggunanya kudu makin bijak

Ya Allah… Ampuni dosa almarhum, ringankan kepedihan keluarga yang ditinggalkan, jadikanlah kejadian ini pelajaran berharga dan penyelamat bagi yang lain…

Mohon kepada pembaca yang belajar menjadi biker sejati…. Stop Bullying korban kecelakaan, manusia ada khilafnya , keluarganya juga pasti terpukul…. belum tentu korban dan keluarganya ingin gelar biker sejati disematkan kepadanya

nah beda dengan Media  yang memberikan gelar biker sejati memang pantas kita ingatkan… jangan seenaknya bikin title biker sejati…

Apa jadinya jika  anak muda yang masih cari jati diri, bagaimana juga pengguna jalan lain yang baca tulisan media itu lalu  dan anggap biker lain seperti berita itu…

Belajar jadi biker sejati yuk….

Beberapa tahun silam kediaman SF kemasukan hewan liar yang ukurannya lumayan besar… seekor biawak masuk kedalam rumah setelah menjebol atap fiber. Keluarga SF terpaksa memangil satpam untuk menangkap hewan ini

Senin kemaren kembali kediaman SF kedatangan tamu tak diundang. Kejadiannya sekitar jam 12 siang. SF yang saat itu dikantor ditelpon bunda yang panik karena ada ular masuk kamar. Awalnya SF kira hanya kadal karena beberapa kali SF mengusir kadal yang masuk rumah. Tapi bunda meyakinkan kalau hewan itu adalah ular.

Orang yang hidupnya dikota seperti SF dan Bunda jelas langka banget ketemu ular. Jadi ga tau jenis ular yang berbisa maupun tidak… untuk amannya SF berasumsi ular tersebut berbahaya. SF minta bunda segera memanggil satpam, dan meminta bantuan kerabat SF. 

Setelah bongkar seisi kamar baru ketahuan jika si ular sembunyi dibelakang lemari. Untuk menghindari resiko, ular sekitar 40cm tersebut terpaksa dibunuh.  🙁  maaf lar… daripada resiko gigit anak2

Berikut penampakan ularnya….

Gambar dikirim oleh kerabat SF…Maaf kalau kurang jelas. Motif ularnya ada garis-garis hitam dipunggung, dan bagian bawahnya sedikit kehijauan.


Ada yg tau jenis ular apa itu? Apakah berbahaya?

Semoga keluarganya ga balas dendam… :mrgreen:

Ingin menguji kesabaran anda….? coba naik kendaraan bermotor untuk harian. Rute SF sendiri antara 23-25 km (tergantung beberapa alternatif rute) dari harapan indah menuju kalibata. Waktu tempuh antara 1 jam hingga 1jam 45menit.


Godaan bagi biker sangat banyak di jalur ini. 

1. Trotoar sangat amat luas… bahkan mobilpun bisa lewat. Pejalan kakinya ? Hanya seorang dua orang. Ga percaya ?coba cek trotoar selepas flyover walikota jaktim (sebrang halte busway) klo gasalah jl. Ngurah Rai. Dijalur padat menyempit (karena halte busway) ini justru jalan dipersempit untuk bangun trotoar. Kalau pejalan kakinya rame oke lah untuk kepentingan umum juga. Lah ini pejalan kakinya sedikit…meski trotoar dibikin separuh pun masih terhitung lowong untuk pejalan kaki.

2. Sepanjang duren sawit ada jalur khusus sepeda dan pejalan kaki. Jalur ini pun sepertinya cukup dilalui mobil. Dihari kerja, warga yang memanfaatkan untuk olah raga atau bersepeda cukup sedikit. Alhasil beberapa ruas diserobot oleh pemotor setelah menggeser beton pembatas.

3. Jalur busway dibeberapa ruas dirasakan mubazir karena penumpang dirute ini terhitung minim. Sering  SF melihat penampakan bus trans sepi penumpang. Penumpangpun terlihat sepi dibeberapa spot halte antara jl. Ry bekasi timur hingga kantor walikota jakarta timur. Jalur khusus trans Jakarta ini pun memakan 1/3 ruas jalan yang jelas efeknya bikin jalan raya makin padat merayap.

4. Angkot ngetem sembarangan, lampu merah dan persimpangan yang harusnya, silarang berhenti malah jadi favorit tempat ngetem. Bahkan angkot/metromini sering menurunkan /menaikkan penumpang ditengah jalan

5. Tol seharusnya jalan bebas hambatan… di jakarta ini luar biasa… tol bisa macet parahhh! Sekedar sharing 2 rekan kerja SF (rumah di cikarang dan karawang) potongan gaji karena telat bisa mencapai sejuta lebih. Rutenya meski mayoritas lewat tol kalau sudah macet, bisa lebih parah dibanding jalur biasa. Lihat google map jam 4 pagi saja dah macet… !
Salut bagi anda yang sehari-hari naik kendaraan bermotor. Ibarat kata, umur habis dijalan…!

Pilihannya ya kudu sabar…. yang ga lolos ujian sabar buanyak banget… termasuk SF sering banget gagal menahan kesabaran. Tapi jangan sampai lah melupakan sisi kemanusiaan. Ada ibu gandeng anak anak nyeberang masih diserobot, ada yang kena musibah dijalan bukannya dibantuin malah diklaksonin suruh minggir, rame rame melanggar dianggap paling bener, dll