accu

All posts tagged accu

Mobil SF sering banget mengalami ini… sikecil suka mainin lampu plafon saat mobil jalan tanpa sepengetahuan ortunya. Kalau malam sih otomatis ketahuan… kalau siang bisa kelewatan. Seperti beberapa hari lalu SF  berniat mengunci pintu depan karena dah waktunya tidur, saat mengintip mobil lah kok lampu kabinnya nyala… segera saja ambil kunci mobil, matikan lampu plafon dan mencoba stater mobil… untung saja masih mau hidup. Kalau dihitung hitung lampu sempat nyala 9 jam… untung cuma lampu plafon berdaya rendah.

image

Continue Reading

Ini beruntungnya jadi blogger… jadi punya banyak teman. Kebetulan SF punya kenalan penjual Aki online yang sempat SF ulas beberapa hari lalu. Saat SF bikin artikel mengenai saran kepada kawasaki untuk menggandeng produsen lokal untuk ketersediaan suku cadang, SF sempatkan berbincang dengan Bro Bemby. Ada beberapa info menarik soal aki yuasa

image

Aki yuasa yang dipakai ninja 250 adalah produk impor dari Taiwan yang yang di rebrand oleh Kawasaki dengan menempelkan tulisan kawasaki di kardusnya. Karena itu harganya jadi mahal. Menurut bro Bemby secara kualitas yuasa buatan Indonesia cukup setara namanya saja barang berlisensi.

image

Bro Bemby juga berujar, dia sebenarnya bisa jual aki yuasa persis punya kawasaki dengan harga lebih murah dari bengkel resmi…. tapi karena pertimbangannya yuasa lokal punya kualitas setara ngapain repot-repot.

Sekedar info tambahan .. aki-aki bekas yang dia tarik dari konsumen, akan di serahkan ke pengepul. Oleh pengepul aki tersebut akan dibakar dan diambil timah hitamnya untuk dijual ke pabrik aki. Tapi ada juga pengrajin nakal yang menggunakannya untuk membuat aki imitasi… yuasa pun ga lepas dari pembajakannya… ini dia contoh aki imitasi yang dia dapat dari situs penjualan online ternama

image

Ciri yang paling mencolok tulisan berwarna kuning.

Mau cari aki atau sekedar nanya-nanya soal aki boleh hubungi Bro Bemby di 083874998898 atau BB 2a5901a3 atau langsung ke lapaknya
http://m.kaskus.co.id/thread/000000000000000011178927/jual-aki-motor-murah-gs-astra-yuasa-tigerthunderskutikbebek

image

Beberapa hari terakhir si bolot lagi ngambeg… ga bisa di stater. Bunyi cuma krekkk…krekk… tanpa ada gejala dinamo stater berputar. Gejala ini sudah terasa sekitar 2 bulan terakhir. Kadang langsung nyala, kadang cuma krekkk..kreeekk.. dinamo ga kuat muter, kalau sudah gini kontak dimatikan tunggu beberapa detik trus baru mau distater lagi.
Bukan SF kalau langsung ke beres terus nebus aki yang seharga 1.150.000 … jelasnya cari info soal aki ninja 250. Continue Reading

Maklum blogger kantoran jadi ga update info terkini. He3… hare gene SF baru tau ternyata ada juga aki lithium seperti yang digunakan pada HP. Keunggulan aki ini kapasitasnya bisa jauh lebih besar dibandingkan aki biasa dengan ukuran yang mini.  Dimensinya seperti aki kharisma dan ampernya diatas aki biasa, ada yang 9A,14A,15A, dan18A. Untuk produk import dihargai mulai 1.450rb-2.500rb. Mahalll amat.. !!???yup. SF sendiri mikir berkali lipat. Lah wong pakai aki murah saja bisa pakai hampir 2 tahun, ngapain beli jutaan rupiah. trus kapasitas gedhe juga ga menjamin ga tekor, apalagi motor dipakai di rute macet sembari hidupin lampu utama. Kapasitas gedhe sepertinya ga bisa terisi maksimal dengan sistem pengisian standar, (kecuali sudah dimodif serta sering jalan tanpa pakai lampu,dan kelistrikan lain). Keraguan lain meminangnya ukurannya fixed,perlu modifikasi khusus biar pas masuk rumah aki di berbagai motor, kalo langsung pasang bisa oblog-oblog alias kebanting-banting karena ga press dengan rumah aki. Solusinya sih eces banget tinggal ganjel pakai busa.

Kalau budget jadi kendala utama.. silahkan lirik produk lokal saja. ada kok yang seharga 300rb dayanya sampai 15 A! Menurut penjualnya ketahanannya melebihi aki biasa, sudah dicoba 7 bulan lancar saja  , kuat ngangkat stater matic bore up lagi. (Ya iya lah masa jualan mo jelekin produk sendiri..kqkqkqk…)

image

Nah berhubung artikel ini bukan untuk promosi.. jadinya berharap bagi pembaca untuk share pengalamannya (terutama produk yang murah ya :mrgreen: ) biar kalau terbukti bagus SF bisa jajal pake. Lumayan jadi cadangan sewaktu-waktu ada yang koit … sukur sukur bisa buat alternatif aki N250 yang harga orinya bikin nyesek.. 😆

Diparkiran kantor mata langsung tertuju penampakan motor asing yang ga pernah pakir disini sebelumnya. Yang bikin menarik perhatian bukannya motornya melainkan klaksonnya. Pertanyaannya klakson ini variasi ataukah memang buat kerja? Mungkin saja rekan kantor saya punya usaha sampingan jual roti dirumah, dan kebetulan kendaraannya rusak sehingga pakai motor yang biasa buat bisnis rotinya. Positif thinking saja 🙂

image

Diblognyamitra.wordpress.com ada juga penampakan klakson anti tekor aki 😆

image

image

Ngintip blognya bonsai biker dan P2R mengenai problem stater Pulsar jadi pengen sharing tekornya aki tiger tunggangan SF. Tak terasa aki bermerk Indobattery yang telah menemani perjalanan tiger selama 3 tahun menembus kemacetan Jakarta dengan mata melotot akhirnya menyerah juga. Udah sebulan ini stater elektrik ngambeg otomatis kudu mancal :-).  selama 3 tahun memang jarang sekali kick stater digunakan(kepake pas arang stater aus dan saat soket leleh beberapa waktu lalu)  sekarang malah rutin kepake 🙂 . Baru hari ini sempet ganti aki baru buat tiger bermerk Global yang hanya seharga 110 rb (ga nyangka bisa murmer segini 🙂 (tukar tambah dengan aki lawas yang sudah koit )
image
Ga bisa bayangkan jika hal itu terjadi pada Ninja 250, bakal lumayan dorong motor yang seberat moge ini :mrgreen: .
Mengingat pentingnya kickstater, motor harian rasanya wajib memakainya. Liat saja deretan motor sport laris, bebek dan matic, semua memakainya bukan? Bahkan si teralis yang menggunakan basis mesin CBR saja denger-denger juga memakai kick stater. Beberapa motor yang bakal merepotkan saat aki tekor semisal Ninja 250, CBR series dan beberapa tipe pulsar. Kesemuanya ini memakai lampu utama berdaya 50watt dan tanpa kick stater! Musuh besarnya jelas , kemacetan dan aturan lampu utama nyala siang hari! Untuk itu kesehatan aki harus selalu dipantau.Sedikit tips dari SF yakni switch ke lampu senja jika macet parah dan pas lampu merah, serta gunakan bohlam led untuk mengganti bohlam std (misal bohlam lampu senja,sein,rem, dan bohlam spedometer). Eh ya lupa… saat ganti aki jangan lupa aki lama dibawa pulang atau kalau bisa ditukar tambahkan, lumayan loh untuk aki spin yang sudah tewas dihargai 10 rb 🙂

image

Ketidaknyamanan ini terjadi 2 bulan terakhir. Setiap pagi sulit distater! Saat pertama kali stater gudu langsung nyala dan gas kudu digantung tinggi baru mau jalan. Jika tidak bisa hidup saat distater pertamakali bakal repot …. meski electrik stater masih nyala, tetep saja ga mau hidup motornya, pake kick stater pun butuh berkali-kali agar motor bisa nyala. Nah kejadian selanjutnya masalah merembet ke lampu utama. Seminggu sekali putus! Saya pikir kiprok, setelah dicek ke bengkel eh ternyata kiprok masih bagus. Aki juga SF pikir masih oke lah wong masih kuat muter dinamo stater, klakson dan sein juga nyala. Pusing dah gara-gara spin….
Nah puncak masalahnya terjadi Jumat kemaren. Pagi hari spin sukses dihidupkan dengan electrick stater dan langsung gantung gas tinggi. Beberapa saat kemudian langsung jalan cari es kelapa muda bareng bunda dan faiz. Anehnya saat mau pulang spin ga bisa distater. Electrik stater ga nyala, sein, klakson dan lampu rem tewas, cek sekring masih oke. Nyoba dihidupkan pake kick stater, sukses…!  Tapi ga berhenti sampai disini, begitu digas langsung brebet, gas di lepas mesin tetep hidup langsam, begitu digas lagi, eh brebet lagi. Anehnya lagi dalam kondisi motor direm depan malah mau digas. Lucunya saat sein dinyalakan dan motor digas, putaran mesinnya mengikuti kedipan sein :mrgreen:  Hadeww…. untung diseberang pas ada bengkel. Segera berkonsultasi dengan pemilik bengkel, jawabnya khusus matic suzuki jika akinya bermasalah motor suka brebet karena pengapian menganut sistem DC (CMIIW) bahkan sering bikin motor tiba-tiba mogok. Hmmm langsung beli aki kering merk toyo seharga 115rb dan SF pasang sendiri. image
Cuma butuh waktu sebentar, buka jok, buka tutup aki pakai obeng kembang, buka pengikat aki, dan keluarkan aki lama. Selanjutnya lepas kabel- kabelnya cukup dengan obeng kembang. Pasang dah aki barunya. Begitu terpasang tombol electrik stater dipencet, mesin seketika nyala. 🙂 
Esok paginya nyoba hidupkan motor dengan electrik stater dan motor langsung nyala langsam padahal grip gas sama sekali ga ane putar. Weh… gara-gara ginian 2 bulan terakhir bikin enegh sama spin, udah diservis, ganti filter udara, ganti membran vakum, ganti kabel choke yang macet eh tetep saja motor rewel.

image

Sistem elektronik pada motor injeksi mutlak perlu kestabilan arus listrik, oleh karena itu pengapiannya menggunakan arus searah (DC) yang langsung mengambil dari aki/accu. Nah jika aki dalam kondisi tidak prima tentunya sangat beresiko kerusakan pada sistem injeksi motor. Meski pada motor injeksi disematkan capasitor bank untuk membackup jika sewaktu-waktu aki mengalami kerusakan/keausan namun tetap saja Capasitor bank ga bisa menampung listrik sebanyak aki. Nah kalau pas macet parah dan kelistrikan nyala semua (lampu utama,dll) tentunya sangat riskan berefek pada sistem injeksi. Kalau mau aman ganti aki sesuai umur pakai yang disarankan.

image

Sebulan terakhir tiap pagi tiger ga kuat pake elektric stater. Ane kira karena aki yang waktunya ganti, maklum umurnya sudah menginjak 2 tahun. Saat nunggu timing yang tepat buat ganti aki, tiba2 elektrical mati total saat abis kehujanan. Ane pikir ga mungkin aki mati menyebabkan elektrical jadi matot, biasanya kalo aki mati elektrical tetap nyala tapi ga stabil alias naik turun mengikuti rpm mesin. Bener deh ternyata soket kiprok leleh. Lah kok setelah diganti, kerja kelistrikan berjalan normal bahkan lebih baik dari sebelumnya. Lampu 50 watt H4 yang ane pasang ditiger makin terang bahkan sambil mencet stebel imitasipun masih kuat ngangkat. 🙂  elektrik stater tiap pagi sekarang tinggal senggol sekali.
So sebelum memutuskan ganti aki periksa dulu kondisi kelistrikan terutama kiprok dan kabel-kabel dari mesin yang mengarah ke kiprok serta jangan lewatkan kabel massa (bodi) daripada setelah ganti aki, ternyata tetep letoy

image