Aerator bertenaga baterai, selain buat keperluan mancing juga penolong ikan peliharaan dikala Listrik Padam

Awalnya beli aerator (alat pembuat gelembung udara) bertenaga baterai adalah untuk mancing dilaut, tujuannya agar umpan udang atau ikan dapat hidup lebih lama.

Nah saat bencana lampu mati Minggu lalu, aerator ini menyelamatkan nyawa ikan peliharaan SF. 16 jam listrik mati, bikin nyawa biota dalam aquarium terancam tewas. Filter , protein skimmer, dan wave maker stop bekerja. Bikin air tidak bersirkulasi sehingga kadar oksigen di dalam air menurun drastis.

Aerator bertenaga sepasang baterai ukuran besar tersebut sanggup nyala selama 16 jam nonstop. Fauna laut semua selamat meski mati listrik dari siang hari sampai subuh keesokan harinya .

Nyesel banget kalau ga punya alat ini. Rekan SF sendiri mengalami ikan di dalam 2 aquarium lautnya tewas tak tersisa. Hanya anemon laut yang selamat. Kabar tak sedap juga SF dari grup aquascape/aquarium laut yang SF ikutin , banyak laporan ikan peliharaan tewas karena listrik mati.

Review Xiaomi Mi Max 3, Monster yang bermata jahat

Seperti sebelum sebelumnya, prioritas SF dalam membeli HP adalah baterai monsternya. Pilihan ada pada Asus Max Pro, atau Xiaomi Mi Max 3. Setelah baca review sana sini SF putuskan ambil Xiaomi Mi Max 3. Simak saja alasannya

Keraguan awal adalah soal layarnya yang 6,9″ apakah nyaman buat browsing, ngegame, dan nemenin aktivitas mancing?

Continue reading “Review Xiaomi Mi Max 3, Monster yang bermata jahat”

40 ribu KM dah habiskan ban 3 set. Jalanan Beton bikin boros ban.

Tak terasa Nmax dah menempuh jarak 40.000 KM. selama itu Nmax dah habiskan 3 set ban. Ban pertama dan kedua memakai ban standar Nmax masing-masing menempuh 16.000an KM (baca disini ).

Ban terakhir memakai zeneos milano ( reviewnya baca disini ) ukurannya sengaja dilebarin 1 tingkat biar awet. Ternyata sama saja. πŸ™‚ Bahkan perasaan tambah boros. Belum 10 rb KM ban belakang dah mulai halus kembangannya.

Continue reading “40 ribu KM dah habiskan ban 3 set. Jalanan Beton bikin boros ban.”

Rantai Mahal Tiger Jadi Legenda, Sekarang dah Beda Jaman

Masih saja tertanam dibenak biker yang belum sempat meminang tiger. Tiger itu terkenal dengan rantainya yang mahal.

Itu dulu bro….. Sekarang ada alternatifnya. Indopart, Sss, dll juga jual rantai buat tiger. bahkan punya motor lain bisa juga dipakai untuk tiger.

Tiger 2004 milik SF, saat ganti velg milik NMP rantai set juga pakai punya NMP. Kalau pakai velg ori tiger bisa ga ya pakai rantai set punya NMP?

Continue reading “Rantai Mahal Tiger Jadi Legenda, Sekarang dah Beda Jaman”

tips menyambung kabel kuat dan rapi

Penyakit motor lawas adalah perkabelan yang sudah getas. bagian bagian yang nempel rangka rawan korslet kena gesekan. Sabtu pagi diawal puasa ini SF sempatkan merapikan perkabelan. 1 hal yang penting adalah menyambung kabel secara kuat dan rapi. maklum…. banyak sambungan dimotor SF karena modifikasi maupun replacement bagi kabel lawas yang tak layak pakai.

Siapkan dulu bahannya : selang bakar( Kebetulan SF sedia buat bikin assist hook (rangkaian pancing), korek, gunting.

ini dia langkah-langkah menyambung kabel secara kuat dan rapi : Continue reading “tips menyambung kabel kuat dan rapi”

Xiaomi Amazfit BIP , Smartwatch fungsional dengan baterai superior. Gimana Kalau diadu dengan Amazfit Pace?

Xiaomi Amazfit BIP telah SF belikan buat Bunda 2 Mingguan sebelum SF membeli xiaomi Amazfit PACE. Gara-gara BIP ini SF kepincut dengan smartwatch. amazfit BIP boleh dikatakan versi compact (a.k.a Hemat) dari Pace.

left : amazfit BIP , Right: amazfit Pace

Secara fungsi, BIP yang harganya separuhnya Pace hampir sama. tapi tetap saja ada beberapa hal yang membuat BIP tertinggal. tapiii… ada juga fitur yang bikin Bip unggul dari Pace. Simak mawon

Continue reading “Xiaomi Amazfit BIP , Smartwatch fungsional dengan baterai superior. Gimana Kalau diadu dengan Amazfit Pace?”

Waduh niat mancing dilaut kok bawa bawa kondom … rusakkk!

Awalnya SF mengira permintaan seorang rekan mancing hanya guyonan… beliau minta dibawakan kondom beberapa biji saat memancing nanti.

Jangan berpikir jorok ya… yang berangkat mancing nanti cowok normal semua (semoga…. πŸ˜† ) .

Setelah dijelaskan baru ngehhh….Ternyata ada gunanya juga kondom buat mancing dilaut….

Berdasarkan fishing report beberapa grup mancing, ikan pelagis sedang galak galaknya. Tengiri, GT, baracuda dll. Ikan ikan ini adalah jenis ikan yang berburu dekat dengan permukaan laut. Β Nah fungsi kondom adalah sebagai pelampung agar umpan yang berupa ikan hidup ga menyelam kedasar. Biasanya pelampung berupa balon , namun balon sering kali meletus/ ga tahan lama. Nah kondom bisa jadi pengganti pelampung yang awet dan tahan bocor…

Jangan tanyakan gimana caranya kondom jadi pelampung…. imajinasikan sendiri saja πŸ˜†

SF sendiri menyarankan bawa plastik wadah gula kiloan. Tapi karena salah seorang member grup mancing punya stok koncom nganggur ya sudahlah….

Saya geli klo disuruh niup…. Β :mrgreen:

 

Ulas Tackle andalan mancing dilaut. Monggo disimak untuk pembelajaran saat memilih alat mancing

Overhead reel kenzi marine 300L
Sebenernya 1 saja cukup sih, pilih saja yang kuat sekalian biar bisa angkut semua jenis ikan. πŸ™‚
Tapi kalau sudah hobi, tingkat kesenangannya bakal berkurang… tingkat pegelnya juga beda…
namanya hobi, mancing ya untuk kesenangan. Β Beda sama nelayan yang cari ikan buat hidup. Pake handline saja cukup πŸ™‚
Kali ini SF bahas 2 set tackle andalan SF

 

Continue reading “Ulas Tackle andalan mancing dilaut. Monggo disimak untuk pembelajaran saat memilih alat mancing”

Tips bikin lem cair /lem korea tidak mudah mengering setelah dipakai

Jengkel banget saat mau memakai lem G/lem korea ternyata sudah kering membatu. Padahal baru sekali dipakai dan isinya masih buanyak. Untuk itu kali ini SF share cara bikin Lem G/ korea (istilah di Jakarta) awet tidak mudah mengering. Caranya simpel banget… beberapa pembaca mungkin sudah biasa mempraktekkan… 


Modalnya cukup sobekan tas plastik/kresek. Saat selesai digunakan… buka tutup corong pada lem korea… tutup permukaan badan lem dengan potongan plastik yang di double 2, lantas pasang kembali tutup corong lem korea menjepit potongan plastik tadi…. eh ya kelupaan… sebelum tutup corong dipasang kembali ke badan/botol lem , tiup dulu corong plastik setelah terpakai agar sisa lem ga mengering menutupi corong. Hari hati ya… kalau belepotan bisa2 nempel bibir πŸ™‚


InsyaAllah lem korea akan awet… pengalaman SF , sebulan setelah pemakaian pertama , lem korea didalam botol masih cair 

Persaingan ketat, untung rugi dialami konsumen

Persaingan makin ketat bikin pabrikan berlomba-lomba bikin motor terbaik yang mampu menarik minat konsumen… Produk lama yang tergencet mau ga mau ikut diupgrade, technologi baru disematkan… hal-hal baru yang dulu dianggap mewah pun disematkan ke motor ber cc kecil.

Konsumen yang akan beli motor jelas diuntungkan… banyak pilihan motor. Motor overprice bakal ditinggal alias ga laku. Pabrikan jelas itung-itungan dalam menetapkan harga motor baru. 

Hal diatas itu keuntungannya… lah kerugiannya?

Jaman dulu beli motor itu dipakai puluhan tahun sampai bobrok ga bisa dipakai. Sampai ownernya bosen, atau capek renovasinya… tiger SF umurnya 13 tahun, kharisma ortu umurnya 17 tahun, dan mertua punya Supra yang umurnya mungkin hampir 20 tahun dan masih bisa jalan normal. Belum lagi ngomongin vespa yang banyak berkeliaran…

Motor jaman sekarang SF sangsi bertahan sedemikian lama. Sundulan motor baru sedemikian cepat bikin siklus hidup motor berkurang… kalau cuma ganti striping sih owner motor lawas ga perlu kuatir… sparepart masih terjamin… lah motor sekarang kalau update ga tanggung-tanggung, mesinnya ikutan berubah. Motor sekarang harga jual kembalinya juga cepet jatuh. Sparepart yang kudu disediain pabrikan bertambah kompleks… ga yakin dah ketersediaan semua tipe motor ada di dealer… konsumen kudu repot hunting parts di berbagai bengkel atau beres.

Satu fakta yang ga bisa dipungkiri, durabilitas motor-motor sekarang ga sebadak motor jadoel… motor usia 5 tahun kudu siap2 bobol tabungan… 

hmmmn penasaran kira-kira Nmax punya SF bakal bertahan awet berapa tahun ya….?