baut

All posts tagged baut

Artikel pertama pasca lebaran…. Sebelumnya SF dan keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri,  Mohon Maaf Lahir Bathin

Balik ke topik. Niatan menyenangkan keluarga besar hari kemaren, sedikit ternodai dengan musibah yang menimpa ertiga SF. Saat putar-putar mencari lokasi waterpark ciputra Surabaya, SF sempat melewati kawasan sepi.

Titik merah destinasi waterpark ciputra surabaya, lingkaran merah kejadian kena ranjau

Sembari memperhatikan Google map yang kesusahan dapat sinyal GPS, mobil SF seperti melindas sesuatu, jeduk!!!….. Continue Reading

Beberapa bulan lalu SF sempat menyangsikan ulah tukang knalpot yang menggunakan solatip untuk menahan kebocoran pada slip on Ninja 250. 
Maklum secara kasat mata solatip tersebut terlihat tipis…  SF saja mengira solatip tersebut bakal meleleh kena panas knalpot. 
Pas SF bongkar knalpot ninja SF setelah sekitar 1500km berjalan pasca penggantian knalpotbaru dah terbukti jika solatip ini ga mengalami perubahan fisik berarti.

image

image

Solatip ini banyak digunakan di dunia perbengkelan karena berguna untuk menahan kebocoran pada baut pembuangan oli.  Baut tutup calter,  dll. Eh sekarang tukang knalpot juga pake solatip ini

Sharing pengalaman nih critanya….
Awal punya tiger, pengen banget punya knalpot racing. Karena kebelet langsung ke bengkel variasi beli knalpot sekalian pasang disitu. Proses bongkar knalpot lancar jaya. Nah pas pasang knalpot variasi timbul masalah, ring knalpot yang sekilas terlihat ga rata dipaksakan dipasang oleh mekanik pemula bengkel tersebut(alasannya dibengkel tsb stok ring knalpot tiger abis)

image

Setelah dikencangkan murnya bunyi bocor terdengar, dikencangkan lagi mur knalpotnya , bocor lagi, nah yang terakhir mungkin saking gemesnya mur dikencengkan sekuat tenaga… akibatnya dolll…. baut tanam dudukan knalpot diblok mesin atas slek!!!! Dan apesnya ga ada bengkel yang jual baut tanam buat tiger karena ukurannya yang beda dengan lainnya (ukuran 11).

Setelah putus asa nyari baut tanem tersebut dibeberapa bengkel umum dan bengkel resmi akhirnya terbersit ide… daripada nunggi inden baut sepele gini mending SF beli 2 biji baut baja ukuran besar, bawa bekas baut tanam yang slek tersebut buat contoh trus ke tukang bubut. Beres dah …. :mrgreen: waktu balik kebengkel sekalian bawa juga O-Ring knalpot. Nyampai kesana eh …knalpotnya dah terpasang pake baut biasa tanpa mur alias langsung dibaut kedalam blok mesin
Bhheee…..!!! Rawan slek tuh bloknya.. !mending bautnya yang slek daripada bloknya…. sotoyy.. (kasihan juga mekaniknya niatnya mbenerin tapi malah dimarahi :mrgreen: )
SF suruh bongkar lagi baut biasa tersebut dan ganti dengan baut tanam yang dengan susah payah SF peroleh. Tau gini mending pasang sendiri knalpotnya dirumah….. awalnya ga mau repot malah kudu muter-muter Surabaya cari baut.
Saat itu (thn2005 an) tiger masih eksklusippp alias susssaaahhh banget cari sukucadangnya.

Eh tapi simegison jaman sekarang juga susah cari baut tanem
image

Artikel selanjutnya SF kasih tips bongkar pasang knalpot yang aman

image

Setahun semenjak meminang tiger cw tahun 2006 silam terasa motor sangat tidak nyaman dikendarai. Motor terasa kasar dan bergetar. Apalagi melewati kecepatan 80 kpj. Getaran sampai bikin kesemutan terutama bagian yang dekat dengan tangki ( apaan hayo  O:-)  … ) . Beberapa hari dipusingkan dengan hal ini, cek gir set masih bagus, mesin juga masih prima tanpa bunyi-bunyian aneh. Baut-baut roda, footsteep, knalpot dan baut lainnya sudah dicek kerapatannya tapi gejala getar ga berkurang, tambah hari tambah parah.
Berasa ga nyaman akhirnya SF servis ke bengkel, mungkin selama ini SF salah menyetel kerenggangan klep atau setelan angin karbu. Setelah mekanik melepas tangki depan, langsung ane ketawa. Ternyata baut mesin dibawah tangki udah hampir lepas, murnya pun sudah hilang entah kemana. Pantesan daerah pantat ‘dan sekitarnya’ geter melulu. He3….. Berhubung tempatnya dibawah tangki jadinya ga termonitoring.

Ini adalah salah satu penyakit bawaan ninja 250, baut kenop tutup rangka gampang lepas. Punya smartf41z baru dipake sebulan udah ilang satu waktu dipake jalan. Kalo tau gini, dari udah ane rekatin deh. Saran bagi pemilik Ninja 250 agar segera lem bagian ini agar ga gampang copot. Pake lem kaca aja udah lumayan kuat kok. Kalo hilang harganya sih ga seberapa mahal kira2 15-20 sebiji tapi susah nyarinya, ga semua dealer punya. Sedangkan parts aftermarketnya harganya mahal bisa 300rban/set.

Untung ga sengaja nemu bikinan pengrajin lokal dari kaskus, harga Cuma 100 ribuan (1set). Namun sayang pengerjaannya agak kasar. Alhasil ane bersihkan dulu sampe mengkilap dan diberi aksen item-item pake cat, agak ca’em deh. setelah itu baru ane tempel ke rangka dengan sebelumnya diolesin lem kaca dulu. Sedangkan 3 baut ori yang tersisa ane simpen aja buat cadangan.

baut/ kenop tutup rangka murmer