berdecil

All posts tagged berdecil

Beberapa hari kemaren berniat ngecek penyakit spin ke dealer suzuki daerah hybrida Jakarta Utara. Penyakitnya getar parah saat putaran rendah, motor nyundul-nyundul terus, pokoknya ga bisa jalan stabil di putaran rendah. Makin bikin juengkel kalau jalanan padat merayap… Sampai bengkel nunggu sekitar 30 menit baru motor di bongkar… nah ketahuan penyakitnya… permukaan kampas kopling ganda sudah ga rata , begitu pula mangkuk koplingnya. Saat ke bagian sparepartnya dibilang kalau tidak ada persediaan mangkuk kopling (ndakk kagett, sudah biasa inden) , yang ada cuma kampas kopling ganda. SF sendiri ga brani ganti kampas koplingnya karena mangkuk koplingnya udah kena. Kalau diganti kampasnya doang.. konyol namanya. entar konturnya jadi ga rata ngikuti kontur mangkuk koplingnya.
Saat nunggu CVT dibersihkan dan servis umum. Iseng-iseng telpon sobat SF (bro Gio- malang) yang hafal seluk-beluk matic. Hendaknya jika ganti kampas kopling sekalian rumahnya (mangkuk kopling) , penyakit ini sudah umum terjadi pada varian suzuki apalagi motor sudah menginjak 20rb km. Kampas kopling kena biasanya mangkuknya juga ga rata. Siap-siap saja dana buat ganti satu set CVT. Sekedar informasi harga kampas kopling sekitar 250 rban dan mangkuk kopling 125rban. Ini dia yang bikin was-was punya matik suzuki. Masa km 20rb dah harus ganti kampas kopling dan rumahnya. Kalau belt dan roller sih wajar.
Selepas dibersihkan gejala getar dan nyundul-nyundul di putaran bawah ilang.. eh begitu hari kedua muncul lagi meski ga parah. Nah barusan saja googling… bener juga kalau cvt matic suzuki emang bermasalah… banyak keluhan berdecit dan getar sampai selip terutama untuk spin dan skywave. image
Salah satu solusinya di lubangi mangkok koplingnya (info salah satunya ada di sini dan sini ). Hmmm boleh dicoba nih.. mumpung rumah kopling dah ga rata, dan kampas kopling masih tebal. Kalau masih bermasalah ya terpaksa ganti kampas kopling dan mangkoknya. Menurut blognya arantan sih mending pake punya hayate

image