biker.

All posts tagged biker.

Beberapa hari terakhir SF sedikit terganggu dengan predikat biker sejati yang di sematkan oleh media online kelas kakap kepada salah satu korban kecelakaan… ga usah SF sebut karena sudah pada tau…

Bagi SF apa sih arti biker sejati ? 

Bukan soal banyaknya motor yang anda punya, bukan soal mahalnya motor anda, bukan soal modifikasi ekstrim motor anda. 

Tapi cukup 1 : biker sejati adalah pengendara motor yang menghargai hak makhluk lain : 

1. Menghargai hak hidup makhuk lain… ngalah sama hewan yang nyebrang jalan misalnya


2. Tidak merampas orang lain. Dengan tidak naik trotoar, taati aturan lalu lintas, ga usah turing pake minggir minggirin orang lain. Beda kalau anda jadi pembuka jalan bagi ambulance yang membawa pasien 


3. Tidak merugikan orang lain… jangan pakai lampu rem menyilaukan, jangan melawan arus, …

4. Bantu yang sedang kesusahan… 


Tidak mudah… SF saja merasa jauh dari kriteria itu… tetap berusaha tapi masih saja susah…. yah…kadang nyolong busway gara2 jalan utama dah ga bisa dilewati, sering brenti lewat marka, kadang melewati kecepatan legal,  ampunnn …. susah kalau diJakarta.

 Paling tidak kalau anda memang salah dan ada yang negur… minta maaflah… jangan malah nyolot… “sudah salah nyolot” bukan istilah asing si ibukota….

Sukur sukur biker sejati dibekali dengan kemampuan problem solving motornya… 

Kalau pengertian biker sejati adalah biker yang kebut-kebutan dijalan umum sampai merusak properti pengguna jalan lain … meski sepandai pandainya dia punya gelar bejibun misalnya, atau setajirnya dia punya moge termahal didunia misalnya… apa bisa diberi predikat biker sejati?

Mungkin saat itu lagi pelaku sekaligus korban kecelakaan sedang khilaf… mungkin semasa hidupnya si biker terkenal baik dan sopan… 

Untuk menghormatinya… ingat ingatlah kebaikannya… sampai detik terakhir  almarhum masih meninggalkan pelajaran berharga bagi yang ditinggalkan… melihat video kecelakaan motor kecepatan tinggi yang bertebaran seakan menyentil SF itu yang bikin bersyukur… “alhamdulilah SF yang sering khilaf kebut2an diberi keselamatan hingga sekarang” bagi pengguna sport kencang lain … video tersebut juga sangat penting… makin kencang motor makin besar resikonya…. penggunanya kudu makin bijak

Ya Allah… Ampuni dosa almarhum, ringankan kepedihan keluarga yang ditinggalkan, jadikanlah kejadian ini pelajaran berharga dan penyelamat bagi yang lain…

Mohon kepada pembaca yang belajar menjadi biker sejati…. Stop Bullying korban kecelakaan, manusia ada khilafnya , keluarganya juga pasti terpukul…. belum tentu korban dan keluarganya ingin gelar biker sejati disematkan kepadanya

nah beda dengan Media  yang memberikan gelar biker sejati memang pantas kita ingatkan… jangan seenaknya bikin title biker sejati…

Apa jadinya jika  anak muda yang masih cari jati diri, bagaimana juga pengguna jalan lain yang baca tulisan media itu lalu  dan anggap biker lain seperti berita itu…

Belajar jadi biker sejati yuk….

Sebenernya kejadiannya sudah beberapa hari lalu, kejadiannya selepas lampu merah UKI ke arah Pancoran. SF tiba-tiba disalip rider FU… awalnya SF anggap biasa… maklum motor kencang dan lincah.
Namun SF setelah SF perhatikan ada yang berbeda…. ridernya cewek berjilbab. Si mbak FU memang nampak terburu-buru, kencang namun ga urakan. Skillnya cukup lumayan, pas timing ngerem dan sesekali pindah jalur dan nyelip diantara mobil.

image

Ilustrasi dari istana-bidadari.blogspot.co.id

Continue Reading

Masih ada hubungan sama artikel kemaren… sore sepulang kerja SF lagi kesusu , pas kebetulan SF bawa Ninja… di BKT yang menghubungkan Jakarta Timur – Bekasi SF sempat memqcu Ni ja hingga 100kpj…
Inilah akibatnya ngebut di BKT saat senja
Paling parah efek di helm.. klo rutenya lebih panjang… bisa jadi SF ga bisa liat jalan :mrgreen:

image

image

Klo windshield efeknya ga seberapa karena landai, headlamp agak lumayan

image

image

Jalan akses dari Harapan Indah salah satunya adalah melewati jembatan darurat yang dibikin warga sekitar. Biasa SF kalau lewat situ ngasih gopek buat tanda terima kasih. Jembatan ini saat jam berangkat/pulang kerja selalu ramai. Berhubung SF lagi sabar kali ini jadi ikhlas saja di telikung biker lain yang males antri… dijepit dari arah kanan kiri… antrian dimulut jembatan menjadi 3 jalur padahal jembatan sendiri cuma 1 jalur motor… biker yang sabar antri di jalur tengah diserobot biker dari kanan – kiri. dalam benak SF mungkin mereka sedang kesusu…

image

Hanya ilustrasi

Continue Reading

Saat main COC SF berkenalan dengan pekerja dari Florida USA. mas bro Kevin ber nick name cowboy ini berusia 42 tahun seorang biker juga… mantan pemilik honda interceptor 500, suzuki katana 750, dan sekarang penunggang kawasaki vulcan 1500 bekerja sebagai tukang kayu (carpenter) spesialis pasang kabinet. ga ada mobil keluarga  namun punya sebuah pickup. image Baca print screennya dari bawah ke atas ya…. Continue Reading

Monggo simak hasil riset Kelton (USA) mengenai wanita yang memilih menjadi biker berikut :

image

Dari keseluruhan 2029 responden ,  biker wanita 2x lipat lebih merasa gembira, 4x lipat lebih merasa seksi dan 2x lipat lebih percaya diri dibanding wanita non  biker. Jangan bayangkan tunggangannya motor matic mungil ya… tapi sekelas moge! Motor si Sono mungkin dianggap sebagai lifestyle dan hobby. Harga motor juga sama kaya harga mobil. Jadi kudu niat bener deh bagi cewek untuk naik motor. Selain 3 hal diatas , ladi biker nampaknya lebih komunikatif dan lebih akrab dengan rekan-rekannya….

image

Opo wani.... ?

Bagaimana jika dibanding Indonesia?
Disini motor jadi sarana transportasi utama… kadang tidak ada pilihan lain selain motor. Didesa tempat kelahiran Ortu SF , angkutan umum belum menjangkau seluruh pedesaan…. naik sepeda pancal sudah ga jaman dan bikin kemringet, mobil juga harganya belum terjangkau…. jadinya ya motor dan motor dan motor (uakeh motore)  karena hampir semua sodara SF motor dirumah lebih dari satu :mrgreen:
Begitu juga dikota besar… beberapa perempuan memilih naik motor karena kemudahan yang ditawarkan, hemat waktu tempuh serta hemat biaya…. bukan untuk tampil seksi, percaya diri , maupun untuk bersenang-senang. Intinya wanita Indonesia kebanyakan kalau ga kepepet ya ga naik mobil…. kepepetnya bisa karena uang, rumah di gang jauh dari angkot, atau terpaksa naik motor karena rute sehari2 macet total.
Tapi ga semua wanita seperti itu ya…. beberapa kali SF menyaksikan wanita terlihat seksi saat naik motor , bukan saat liat celengannya pembonceng cewek loh… :mrgreen: tapi saat lihat cewek menunggang CBR dan ninja 250…. kalau ini sepertinya bukan naik motor karena kebutuhan karena milih motornya yg anti mainstream bagi cewek tapi karena ingin tampil beda… bisa lah dibilang cewek-cewek seperti ini masuk kriteria cewek yang diriset Kelton diatas 🙂

image

Eh ya satu lagi… motore SF alias Ninja 250 (sekarang Ninja 300) di Amrik menurut www.womenridersnow.com termasuk motor bagi cewek yang cukup populer…. he3….

Jarang banget cewek yang tau seluk beluk motor, taunya jika motor sudah ga enak komplain ke lakinya :-). Karena itu SF berusaha bikin motor istri dalam kondisi prima. Mumpung seneng modif, sekalian saja motor dibikin lebih nyaman dan safety. Ban ganti tubeless dan setingkat lebih besar dari ukuran standarnya, pasang windshield agar melindungi sikecil dari terpaan angin dan debu, upgrade pengereman, dll

jangan abaikan juga perawatan rutin motor misalnya kapan saatnya ganti oli, servis, melumasi bagian2 penting (rantai, tuas rem, kabel rem, selongsong gas, dll) . Setidaknya itu dilakukan SF jika sempat.  Tapi seringkali untuk hal2 sepele seperti ganti oli, bohlam putus, bundafaiz bisa langsung kebengkel dengan sebelumnya SF pandu apa saja yang harus diganti biar ga ketipu bengkel. Maklum wanita rentan dikelabuhi saat betulin motor, meski ga semua bengkel demikian. Entah disuruh ganti parts yang ga perlu diganti, harga dimahalin dll. Masalahnya jadi lain jika bengkel bagus dan jujur. Biasanya rame dan antri,jadinya cewek males antri ditempat yang mayoritas cowok itu. So… kita lagi yang repot. :mrgreen:  ndak masalah asal istri senang, nyaman dan aman. 🙂

image

Semenjak SMA SF rutin membeli tabloid otomotif. Berbagai tabloid pernah SF beli.. sampai endingnya SF jarang beli lagi karena tabloid itu isinya modif-modif aneh mulai ceper, orbital wheel, hingga ban cacing. Sekali- sekali sih beli kalau headlinenya menarik 🙂 
Nah kesempatan memperluas dunia permotoran datang lagi pas awal kerja dan dikantor ada akses internet, disitulah SF mengenal yang namanya indomotoblog dan dunia perbloggeran. Tiada lagi beli tabloid  :mrgreen:  klo dipikir-pikir internet berpotensi mengurangi omzet tabloid otomotif ya. Googling informasi dari dunia maya, mantengin forum-forum roda dua dan ngubek-ngubek artikel blogger bisa mendapatkan informasi terfokus yang diinginkan. Beda jika beli tabloid otomotif… 🙂  tapi bukan berarti ga ada guna beli tabloid tersebut.. mereka punya jaringan luas dan modal yang kuat dibanding blogger, tentunya tabloid bisa memuat informasi lebih mendalam (jika artikelnya objektif.., :mrgreen: ), tabloid otomotif juga menjadi pilihan bagi rider yang ga punya akses internet…
image
Sedikit masukan bagi rekan-rekan pers hendaknya konsekwensi moral dalam menerbitkan artikel lebih diperhatikan. Hindari menulis artikel tentang racun-racun modif ga bener, karena banyak kaum labil yang membacanya. Dengan gaya bahasa tingkat tinggi didukung foto2 keren tentunya bikin abg ingin mempraktekkan pada tunggangannya.
Ceper.. ban cacing… dll ??? grow up Men !!!

image

Kemaren saat googling cari ilustrasi gambar ga sengaja nemu artikel mengenai biker tertua di Inggris (atau bahkan didunia ??? ) bernama Reg Scott yang bikin takjub. Kakek ini berusia 94 tahun, 74 tahun menjadi pengendara motor. Awalnya karena ga mampu beli mobil eh sekarang malah keterusan 🙂 , meski sekarang punya mobil tetap saja milih naik motor, seminggu bisa 4 kali riding motor. Mobil digunakan  khusus untuk cuaca buruk. 😛
Motor yang pernah jadi koleksinya yakni  Norton 16H 490cc, BMW Boxer 1000, Triumph Tigress 250, Honda Deauville 650, dua buah Honda CBS 600s, Honda 125 dan saat ini riding Honda  CBR 250. Meskipun sudah ga berani ngebut tapi kakek ini biasa riding hingga 60 mill/jam ( hampir 100 kpj dibilang ga ngebutt??? :mrgreen: )  doi terpaksa downgrade motor dengan power lebih kecil karena motor besar makin susah di tangani untuk rider seusia dia. Dia berniat tetap bermotor sampai ga mampu riding lagi !!! Jika dikira-kira Scott sudah menempuh 384,800 mill atau setara dengan mengelilingi dunia15 times!!!!
image

Salute dah sama kakek satu ini…. mencapai usia 80 an saja sudah sangat susah bagi kita, apalagi berusia 94 tahun dan masih sanggup riding sepeda motor!!!! Yang jelas kudu ekstra waspada… kecelakaan kecil saja bisa fatal akibatnya. Selain karena kondisi tulangnya yang rapuh, proses penyembuhan lukanya makin sulit.