bikin

All posts tagged bikin

WD 40 bikin spinner mampu berputar lebih lama memang terbukti…. Tapi ada efek negatifnya. Sudah SF jajal pada beberapa spinner milik Faiz dan Nafis. Mereka berdua sepertinya terobsesi dengan waktu putar spinner yang lama. Terutama si Nafis adiknya Faiz. dia protes keras jika Spinnernya kalah lama muternya dibanding punya masnya. kalau dah gitu protes dan minta dibelikan spinner baru.

Nah daripada beli baru mending SF semprot saja bearing spinnernya dengan WD 40… efeknya seketika terasa. Jagoan si Nafis langsung mengalahkan punya Faiz. Giliran Faiz protes…. “curang”katanya… ya wis sikat juga bearingnya dengan cairan penetran WD 40. Sampai akhirnya ada 4 spiner yang SF semprot dengan WD 40 dan kesemuanya mampu berputar lebih lama…

Tapiii…. ternyata efeknya hanya bertahan sementara. beberapa hari kemudian serentak semua spinner yang SF semprot WD 40 jadi lambat waktu putarnya. setelah baca dan googling informasi sana-sini. ternyata penyebabnya adalah cairan WD 40 yang mengering didalam bearing. sisa cairan yang mengering tersebut sedikit mengambat laju bearing.

SF coba membersihkan sisa WD40 tersebut. sedot bensin tiger sajah… keempat bearing di rendam kedalam cairan bensin sembari diputar-putar didalam cairan bensin… dan ternyata bensin berubah warna jadi kehitaman…. ini dia sumber masalah putaran bearingnya. agar makin yakin bearing dah bersih dari segala zat pengganggu , SF ulang lagi proses celupnya dengan bensin baru. setelah itu keringkan bearing dengan cara di jemur…

Efeknya langsung terasa…. bearing diputer tanpa bodi saja muternya dah lumayan.

 

 

Β­I

Sudah tau kan kerasnya shock nmax? Beberapa waktu lalu ngobrol dengan rekan SF sekantor. Dia sudah lumayan lama beli Nmax. Awalnya memang dia mengaku sok Nmax memang terlalu keras. Karena itu dia memutuskan untuk mengurangi tekanan angin pada ban belakangnya. Katanya lumayan mengurangi efek kerasnya shock. Saat SF tanya berapa konsumsi bensinnya “1:35” katanya.

Agak kaget juga dia saat menunjukkan foto foto bahwa konsumsi Nmax SF Continue Reading

Jengkel banget saat mau memakai lem G/lem korea ternyata sudah kering membatu. Padahal baru sekali dipakai dan isinya masih buanyak. Untuk itu kali ini SF share cara bikin Lem G/ korea (istilah di Jakarta) awet tidak mudah mengering. Caranya simpel banget… beberapa pembaca mungkin sudah biasa mempraktekkan… 


Modalnya cukup sobekan tas plastik/kresek. Saat selesai digunakan… buka tutup corong pada lem korea… tutup permukaan badan lem dengan potongan plastik yang di double 2, lantas pasang kembali tutup corong lem korea menjepit potongan plastik tadi…. eh ya kelupaan… sebelum tutup corong dipasang kembali ke badan/botol lem , tiup dulu corong plastik setelah terpakai agar sisa lem ga mengering menutupi corong. Hari hati ya… kalau belepotan bisa2 nempel bibir πŸ™‚


InsyaAllah lem korea akan awet… pengalaman SF , sebulan setelah pemakaian pertama , lem korea didalam botol masih cair 

Awalnya sobat bunda SF ini berniat cari sidebag untuk keperluan mudik libur panjang. Namun karena di kotanya ga nemu penjual side bag sedangkan butuhnya dadakan, doipun punya ide kreatif. Memanfaatkan sepasang tas punggung (backpack) untuk futsal yang diikat sedemikian rupa disamping kanan kiri motor menggunakan tali rafia… jadi dah sidebag serbaguna…saat ga terpakai dimotor bisa buat keperluan lain. Asal ga musim hujan bisa ditiru nih idenya…. 


Saran SF, karena tas diatas ga diperuntukkan untuk sidebag motor sebaiknya sering-seringlah dicek tali pengikatnya, dan juga cek jahitan pada tas apakah kuat menahan beban pada 2 titik (karena tas ini didesain menahan beban pada 4 titik). Saat pemasangan juga perlu diperhatikan  agar tas tidak kena beban berlebih karena jadi tumpuan kaki boncenger, serta jangan sampai nempel knalpot, rantai dan roda. Eh ya satu lagi… kalau bisa jangan pake rafia , riskan putus kalau kena gesekan. Sepertinya tali jemuran (tali tampar) lebih kuat.

Manteb kan…. Orang Indonesia emang kreatifff… ! Semoga yang sedang dalam perjalanan selamat sampai tujuan

Seperti yang diduga sebelumnya, Ferrox yang berpengaruh terhadap performa motor pastinya juga mempengaruhi konsumsi BBM…

Senin kmaren SF sengaja mereset trip meter dan MID AVG (konsumsi bensin rata-rata) pada Nmax. Kenapa Senin… biasanya di hari Senin ini trafic lebih padat. Pas untuk tau konsumsi Nmax tanpa dibuat buat

Terbukti memang benar trafic lebih padat… namun ga terlalu banyak bedanya dengan hari-hari normal. Perjalanan kalibata harapan indah ditempuh dalam 69 menit untuk 26km. Dari parkiran kantor 17.05 sampai rumah 18.14

Cukup lumayan konsumsi bensinnya… 1:40,1 menggunakan BBM V-Power. 

Ternyata penggunaan filter aftermarket ga bikin boros kannn….

Vpower atau pertamax plus bikin Nmax makin ngacir… jeda antara puntiran gas dan laju motor makin terpangkas. Apalagi pakai filter. Afternarket…Motor jadi enteng larinya… tapi kalau rider gampang tergoda… tiap ketemu jalan lowong pengennya muntir gas… jadinya ya borosss…. πŸ™‚

​Ini bukti efektifitas pemasangan relay untuk menambah terang lampu utama… 

Lampu tiger dah modif H4 35watt

Keuntungan selain tambah terang, umur bohlam lebih awet, dan stabil (tak terpengaruh saat bunyikan klakson atau ngerem). 
Untuk cara pemasangannya saya rasa dah banyak panduannya…monggo googling dhewe :mrgreen:

Efek pemasangan relay akan lebih terasa pada motor tua yang jalur perkabelannya sudah tidak prima, begitu dipasang relay arus kelampu langsung bypass ke aki dengan kabel baru… tuh buktinya diatas… 

Pemasangan relay biasanya digunakan untuk lampu utama dan klakson.

Event eco driving rally kelas MPV yang dulunya selalu dimenangi Grand Livina, beberapa tahun terakhir dimenangkan oleh Ertiga. Ada pertanyaan sahabat blog di FB menanyakan apakah ertiga yang konsumsi bensinnya melebihi1:26 dengan rute bervariasi (termasuk rute padat) bbm pertamax, dalam kondisi standar?
SF coba klarifikasi kepada drivernya langsung… dan ini jawabnya :

image

Continue Reading

Baru kali ini tugas kelapangan bareng temen yang kebetulan punya sopir pribadi. Tapi kalau tau kelakuannya seperti ini, mending naik motor dah…
Tak habis pikir kebiasaan bapak satu ini selalu membunyikan klakson setiap saat! Lampu merah beranjak ijo klakson, ada kendaraan didepan sedikit pelan diklakson, orang mau nyeberang diklakson… apalagi ada angkot/metromini ngetem… klakson ga putus…
SF yg berada disamping sopir …Risih dah pokoknya…

image

Continue Reading

Perubahan petunjuk konsumsi bensin rata-rata pada Nmax selalu terjadi agak lumayan ketika motor dipakai Bundafaiz… petunjuk bensin jadi makin irit.
padahal BundaFaiz (jangan disingkat bahaya :mrgreen: ) ga bisa dibilang nyetirnya pelan-pelan loh… sejak SMP dah bawa motor berarti sekitar 16 tahun jadi lady biker.
SF tau betul riding stylenya kalau jalan kosong geber motor namun jauh sebelum ada hambatan, BF (nah kan dah dibilang ga enak kalau disingkat πŸ˜† ) sudah menutup gas dan mengerem saat mendekat dengan hambatan. Itu ternyata triknya….

image

Mengurangi penggunaan rem… semakin jarang rem dipakai, motor bakal semakin irit… coba tutup gas lebih awal saat didepan ada hambatan.. biar motor melaju dengan konsumsi bensin minim.
pada NMax, Bar indikator (Nmax ada indikator ini loh) akan menunjukkan garis penuh.. artinya motor dalam kondisi paling irit… gimana tidak ?motor melaju beberapa saat dalam kondisi gas ditutup penuh… rem perlahan seiring mendekat dengan hambatan… bisa jadi motor ga sempet berhenti, hambatan didepan sudah lewat…
Bandingkan jika tetap ngegas motor dan baru ngerem dan menutup gas mepet dibelakang hambatan… disinilah bensin banyak terbuang…
Kalau pengen makin irit.. ngegasnya juga ngurut…
Apa ini menjadikan anda pengendara yang lambat… ? ga juga kok… timing ngegas dan menutup gas yang tepat tetap bikin anda bisa berkendara diatas kecepatan rata-rata motor lain.
Keuntungan lain selain hemat BBm, kampas rem juga dipastikan lebih awet πŸ™‚
Jajalen dhewe…