bocor

All posts tagged bocor

Pas pulang kerja terdengar bunyi mendesis pada leher knalpot… “aduh baut knalpot kendor nih” batin SF.
Pas dirumah rencana betulin knalpot si tiger. Pas nengok ke knalpot ternyata dudukan knalpot rompal alias sobek alias cuil… πŸ™‚

image

Continue Reading

Sehubungan dengan artikel ban vixion beberapa waktu lalu, SF terinspirasi bikin artikel karena komen beberapa pengunjung yang menyarankan agar memakai ban dalam pada ban ukuran lebar.
Sempat beberapa saat SF memakai  ban dalam untuk tiger SF waktu itu tiger masih memakai velg ori dibalut ban tubeles ukuran 120/80-18 (sekitar 7 thn lalu). Problem menyerang saat tiger kena plat sehingga ban berlubang memanjang dan tidak bisa ditambal menggunakan tambalan tubeless.
Continue Reading

Gimana ga jengkel… motor barusan dipompa bannya eh 3 hari kemudian ban belakang tiger kempes lagi. Dibawa ke tukang tambal ban ga terdeteksi adanya kebocoran pada ban. Ban sudah dicek bagian permukaan, bibir ban, sampai pentil semua normal ga ada kebocoran. Tukang ban yang SF samperin bukan hanya satu loh. 3 kali kejadian ban kempes SF langsung mampir ke tukang tambal terdekat.
image Continue Reading

image

Siapa yang ga kenal dengan reputasi GL series termasuk tiger (GL200) si tangki bocor. Berkaitan dengan tiger revo yang berwadah bensin botol air mineral beberapa waktu lalu (baca disini). Si owner tampaknya parno dengan kejadian tangki bocor tiger miliknya. Karena itu diapun melakban tutup tangki njendol tigernya.
image

Sumber masuknya air kedalam tangki tiger yang jadi penyebab utama tangki bocor memang misterius. SF pernah jajal semprot tutup tangki tiger dengan air tekanan tinggi. Setelah itu tutup bensin SF buka. Ga ada rebesan air di seal karetnya tuh. Ga tau lagi jika air menyusup dilubang kunci dan lama-kelamaan nerobos ke dalam tangki.
Namun berdasar pengalaman. Dulu saat parkiran kantor SF tanpa atap ,tiger sering brebet yang disebabkan air nerobos ke tangki. Sekarang 2,5 tahun dikantor baru tangki tiger belum pernah dikuras dan ga brebet. Atau karena SF pindah langganan pom bensin ya? Embuh… misterius πŸ™‚

Posted from WordPress for Android

image

Ilustrasi gambar dari pertamax7

Pulang kerja beberapa hari lalu SF menyaksikan pemandangan yang kurang mengenakkan di BKT . Seorang bapak tua mendorong motor matic karena bocor ban, dibelakangnya nampak istrinya berjalan kaki mengikuti dengan masih menggunakan helm. Untung beberapa meter didepan ada tukang tambal ban (tapi ga tau juga sudah berapa km si orang tua ini dorong motoenya) Trus terang saja SF saat itu SF ikut jengkel dibuatnya… penyebab bocor ban sepertinya ada pada velg jari-jari 17″ dan ban yang super tipis. Mungkin tidak kuat menahan beban dipakai boncengan sehingga bocorlah ban belakang motor matic yang dipenuhi berbagai pernak-pernik ngejreng tersebut. Kalau melihat motornya yang modif nyeleneh,Β  kemungkinan besar si ortu ini meminjam motor yang dia belikan buat anaknya…

Beberapa kali SF menyaksikan pemandangan bocah abg mendorong motor cacingan karena bocor… tapi kalau ini menimpa orang tuanya.. SF yakin sibocah bakal kecipratan dosanya. Bagi orang tua sebaiknya memberi wejangan ke anaknya, arahkan cara berkendara dan menyalurkan kreasi pada motornya dengan benar.
Mungkin begini alasan si anak yang tukang ngeles : ban cacingΒ  biar enteng dorong motor pas ban bocor :mrgreen:Β  .. si ortu jangan mau kalah… jual motornya trus ganti pake sepeda pancal biar lebih enteng dorongnya πŸ™‚

Beberapa hari terakhir Bro Donny mengaku kembali didera masalah di sektor bannya. Hampir tiap hari nambah angin. Awalnya Bro Donny menyangkan ada masalah dibekas tambalan yang berderet di rodanya. Namun setelah dicek ditukang tambal ban, tidak ada kebocoran di permukaan ban, begitu pula ditutup pentil. Setelah dicek lebih teliti dengan buih sabun ketahuan juga akhirnya.
Continue Reading

image

Kejadian ini terjadi sekitar seminggu lalu, baru sekarang sempet mindah foto dari kamera ke tablet….

Mringis doank saat pulang kerja mengetahui sang tiger akhirnya terserang penyakit tangki bocor… SF sadar Lambat laun penyakit ini pasti hinggap juga. Yang tidak disangka penyakit ini baru didera tiger setelah berusia 9 tahun! Padahal tau sendiri … motor batangan jaman sekarang cepet sekali terserang penyakit ini apalagi motor2 berlambang sayap mengepak. Pengalaman memakai GL max kalau menggunakan jasa tukang patri beresiko merambatnya daerah kebocoran… denger-denger dari mekanik honda,panas dari proses patri/solder tangki merusak lapisan anti karat ditangki…makanya lebih baik ganti baru… (enak sih klo belinya pake daun πŸ˜† )…Β  Bukan anak motor kalau ga bisa mensiasati masalah bocor rembes kaya gini… daripada pake sabun batangan (tips orang dulu πŸ™‚ ) , mending pake lem besi….
Continue Reading

Jalur keseharian SF favorit adalah Harapan Indah -BKT – Marunda – Tugu – Plumpang Semper. Di jalur ini akhirnya SF merasakan bebasnya macet di Jakarta πŸ™‚ . Namun khususnya di BKT patut diwaspadai jalur ini benar-benar bebas hambatan namun bergelombang. Disatu sisi terbentang Sungai yang cukup besar disisi lain tambak milik penduduk. Jadi kalau pas ban kempes atau kehabisan bensin di jalur sepanjang kurang lebih 8 km ini siap-siap badan rontok dorong motor. Iya kalau cuma matic /bebek lah kalau Tiger + box full loaded+ ban lebar atau ninja 250 yang pake ban Moge gimana rasanya πŸ™‚ satu piranti yang sepertinya dapat menghindari resiko apes adalah ban tubeless. Seperti beberapa hari lalu misalnya ban tiger SF kena paku, SF perhatikan tekanan ban kok ga berkurang. Mungkin ga tembus pikir SF yo wis lah sampai 3 hari (sejak ketahuan kena paku) SF pakai saja terus.
image

Nunggu waktu lenggang untuk nyabut paku ini … kalau nekat nyabut di rumah atau diparkiran kantor beresiko. Iya kalau sesuai dugaan paku ga tembus… lah kalau tembus gimana. Pas di tukang tambal ban dicabutlah paku tersebut ….cessssssss…. eh tembus. Lah pakunya cukup panjang Jeeee…..
Dasar sok sibuk (a.k.a. maless) padahal cuma butuh waktu 10 menit buat nambal saja kok ga sempet :mrgreen:
image
image

Sedikit tips berdasarkan literatur yang pernah SF baca di tabloid beberapa tahun silam : cara ngetes paku tersebut tembus atau tidak dengan memakai air sabun di tempat tertancapnya paku kalau ada gelembung berarti tembus tuh paku (beberapa tukang tambal jorok cukup pakai air ludah semakin kental semakin akuran deteksinya…Hiiiii… :mrgreen: ). Jika di tengah-tengah hutan pas turing (atau pas males) paku bisa dicabut dan diganti skrup (kepala datar) untuk sementara. Tapi cara ini butuh pompa angin ya… itu tips dulu saat tukang tambal tubeless masih jarang. Kalau sekarang hampir semua tukang tambal bisa nambal tubeless dan sekarang sudah ada cairan anti bocor πŸ™‚

Eh ya BKT Marunda – Bekasi ini apakah khusus sepeda ya? kalau BKT di Jakarta sih SF tahu ini khusus jalur sepeda. namun di BKT marunda ini SF jarang lihat sepeda dan perasaan ga lihat rambu jalur khusus sepeda atau larangan kendaraan bermotor. makanya mayoritas pengguna pas hari kerja adalah motor (entah kalau Sabtu – Minggu)