Sharing Pengalaman : motor gagal dimaling gara-gara jurus sederhana tanpa modal

image

Kejadian ini terjadi 2004 silam dan baru teringat hari ini. Engg..ing…engg…. gini critanya ๐Ÿ™‚
Karena Honda GL Max SF bermasalah, terpaksa pinjem motor Ortu Honda Karisma untuk kekampus. Saat itu sebenernya SF sudah lulus tinggal nunggu wisuda saja, eh kok ya ditawari ikutan proyek dosen, yahhh tak sikat sajah kesempatan ini. Begitu sampai tempat proyek segera melakukan ritual yang disyaratkan bokap (waktu pinjem motor sudah diwanti-wanti oleh bokap soal ritual wajib ini).Selanjutnya motor terpaksa ditinggal disamping tempat kerja selama beberapa jam karena ada dinas lapangan.
Nah begitu balik alangkah terkejutnya mendapati posisi motor sudah berubah, lubang kunci jebol dan kondisi lampu netral nyala!!!. SF pun langsung berteriak… alhamdulillaahhhh motorku gagal dicuriiii…. slamett…slamett…(untung ga ada temenku yang namanya slamet ๐Ÿ˜† )!!!
rekan-rekan SF langsung berkumpul…. ada seorang rekan berkomentar “kok nanggung banget malingnya, motor tinggal distater malah ditinggal”. sambil tersenyum SF pun mengeluarkan sesuatu dari saku jaket…. COP BUSIIII!!!!! ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†
bhuahahhaha…… rekan-rekan langsung ngakakkk bareng

Nglepas Cop busi ternyata cukup ampuh mencegah pencurian motor, bagi pengendara yang belum sempet memberi pengaman tambahan cara ini bisa ditiru. Maling pasti panik jika beberapa kali motor ga bisa distater, daripada periksa sana-sini malah resiko ketangkep mending cari sasaran lain.
Semoga bermanfaat!

Rumah kopling 6 per buat tiger ( part 2- kendala dan review penggunaan)

image

Kendala
Untuk dipasang di gl max dan pro mekanisme yang dijual ini tinggal pasang saja. Namun tidak jika dipasang ditiger, karena rumah kopling tetap pake bawaan tiger.
Sudah 3 kali SF bongkar pasang mekanisme kopling ini untuk hasil yang sempurna. Awalnya dari mekanisme 6 per 7 kampas tidak bisa masuk sepenuhnya ke rumah kopling tiger. Akhirnya plat gesek ( plat kopling) dikurangi satu. (Kampas tetep 7) Nah begitu terpasang hasilnya edian! Saat kopling dilepas motor langsung menghentak, pindah gigi seakan mau meloncat. Puas deh sama hasilnya!
Namun problem muncul keesokan harinya, tiba-tiba kopling tersasa selip pada rpm 6000 an, tarikan awal pun ga menghentak lagi. Tapi saat sudah jalan 2 km gejala selip hilang. Nah hari ke tiga pemakaian semakin parah. Akhirnya terpaksa ke bengkel lagi untuk bongkar kopling. Setelah dicek per bawan mocin ini menyusut, akhirnya terpaksa ganti per ori bawaan tiger 4 biji, sedang yang 2 tetep pake punya mocin dengan cara disilang. Hasilnya kopling jadi keras dan kopling tetep selip keesokan harinya namun dipakai beberapa saat normal lagi.
Terpaksa bongkar untuk kali ketiga, nah karena ga ingin salah pemasangan lagi ane segera telpon penjualnya yang ada di Jogja. Ternyata agar dapat masuk ke rumah kopling tiger bukan plat kopling yang dikurangi namun kampas koplingnya. Per pun bawaan mocin yang dipakai, sedangkan 3 plat gesek milik mocin ane ganti milik tiger karena lebih tebal. Selesai?! Ternyata belum! Kqkqq…. tarikan si tiger terlalu liar dan menghentak-hentak. Sangat tidak nyaman untuk diperkotaan yang penuh macet. Kalo di kota kecil mungkin masih mantab. Lah wong motor jadi galak dan tiap gigi sampai pindah ke gigi terakhir hentakannya masih kerasa. Tapi kalo di jalanan macet, motor terasa terlalu menghentak terus saat kopling dilepas. Jadi kaya naik kuda saja, nyundul-nyundul :mrgreen: Nah akhirnya salah satu kampas kopling Ane ganti dengan kampas kopling kecil bawaan tiger plus judder springnya. Ini hasil yang sempurna (cek lagi part 1 untuk detailnya)
image

Berikut user reviewnya
Awalnya ane pikir tarikan koplingnya bakal lebih keras namun ternyata meleset hampir ga ada beda dibanding kopling set bawaan tiger. Meskipun 6 per tapi lebih empuk dibanding per tiger.ย  kelebihannya adalah tekanan lebih merata ke seluruh permukaan kampas. Untuk tarikannya jelas meningkat dibanding kopling 4 per bawaan tiger. Tapi ga terlalu menghentak untuk menembus kemacetan, akselerasi untuk bermanufer terutama gigi rendah terasa peningkatannya gas ga perlu dipuntir tinggi untuk mengail tenaga. Bahkan iseng-iseng ngadu dengan vixion sampai gigi 4 sudah bisa nyalip (jalan agak sepi karena trafik dibelakang ane kejebak demo). Begitupula saat melewati tanjakan gejala drop terasa minim. Saat mesin panas gejala selip pun ga terasa, meski buat boncengan masih siap diajak akselerasi. Semoga saja awet mekanisme kopling 6 per dan 6 kampas ini karena ini alasan ane melengserkan mekanisme kopling bawaan tiger yang terkenal gampang selip.

Update terakhir, sekitar 8 bulan pemakaian. Kopling selip.terpaksa balik ke ori dengan sedikit penyesuaian agar makin menggigit cek di http://smartf41z.wordpress.com/2012/09/12/kopling-6-per-buat-tiger-bermasalah-balik-ke-ori/

Tablet android ga bisa download dari android market? Coba cara ini!

image

Seminggu lalu LG Optimus Padku ga bisa download dari android market. Tiap kali dijajal keluar tanda download beberapa detik, kemudian hilang. Dicoba download aplikasi yang sama sistem langsung mengarahkan ke my apps, dan disana statusnya not installed coba install ulang selalu gagal. Coba ane reset tabletnya tetep saja gagal.ย  Sampe stress ane dibuatnya. Coba googling banyak yang menyarankan untuk factory reset ๐Ÿ™ waduhh… amblas semua dong puluhan aplikasi yang sudah ane download. Sampai akhirnya menemukan solusi disini.ย  Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Buka โ€œSettingsโ€ dan masuk ke menu Application( aplikasi)-Manage Application (kelola aplikasi)- โ€œAฦ–ฦ–โ€ณ ( semua)
Ada beberapa aplikasi yang perlu dibersihkan satu persatu, yaitu :
Checking Service > clear data (bersihkan data)
Download Manager > clear data
Google Apps > clear data
Google Talk Service > clear data
Market > clear cache
Langkah ini berhasil pada LG Opad ane yang bersistem androidย  honeycomb 3.0. Kalo masih belum berhasil coba periksa pengaturan pada menu setting – aplikasi – centang tanda aplikasi sumber tak dikenal (ijinkan aplikasi yang tak dijual).

Jangan Sembarangan Port Polish

image

Salah satu cara meningkatkan power motor secara instan adalah melakukan port polish. Namun perlu hati hati dalam memilih bengkel. Kalau metode yang dilakukan benar hasil yang didapat berupa kenaikan power dan hemat bensin, tapi jika ngaco bakal bikin tenaga ngempos dan boros. Seperti yang dijabarkan oleh Tommy Huang sang produsen BRT. Porting polish yang benar bukan menghilangkan kulit jeruk ( ini yang sering salah kaprah) karena dengan menghilangkan kulit jeruk bahan bakar dan udara tidak tercampur sempurna. Port polish yang benar berfungsi memperbaiki aliran udara /flow dengan cara mengurangi hambatan yang ada.

image

Cable ties, sepele namun banyak fungsinya

image

Komponen satu ini ada disemua motor SF. Cable ties memang sangat bermanfaat, untuk mengikat kabel, slang rem, selang bensin, bahkan SF masang rear hugger ninja 250 juga pake cable ties ini. Tinggal dilingkarkan, masukkan ke lubangnya trus ditarik sehingga bunyi kreekkkk… sampai ketegangan yang dibutuhkan :). Panjangnya juga bisa disesuaikan, jika bidang yang diikat diameternya terlalu besar, cable ties dapat disambung secara seri.
image
Kalau dijalan tiba- tiba ada baut hilang karena kena getaran ( biasanya baut cover/ bodi luar dan plat nomor) bisa juga loh sementara pake cable ties ini. Pokoknya parts imut ini wajib dibawa kemanapun pergi.
Tapi ada gak enaknya, sekali diikatkan susah banget nglepasnya, bisa sih dilepas untuk dipakai lagi tapi harus telaten cukit-mencungkit pakai obeng kecil. Tapi berhubung murah meriah mending potong aja. ๐Ÿ™‚ Kemaren ane beli seharga Rp 8000 isi 100 biji. Kalo beli eceran dibengkel biasanya Rp. 1000 dapet 3-4 biji. Ukuran dan warna banyak pilihan tinggal disesuaikan kebutuhan.

image

Tanpa Behel Belakang Mudah Kok Geser Buritan Ninja 250

Sebelumnya smartf41z pernah share mengenai siasati parkir ninja, nah di artikel tersebut ane share juga mengenai cara geser buritan ninja pakai besi footstep belakang. Eh ternyata ada cara yang lebih mudah dan tidak bikin sakit telapak tangan. Yakni gunakan aja bagian datar di bodi belakang ninja, letaknya persis diatas footstep. Berguna juga bagian ini. Selain tidak bikin tangan sakit ternyata juga posisi badan ga perlu terlalu membungkuk.

Keliatannya konstruksinya cukup kuat sih, buktinya udah 3 hari ini ane coba ga ada gejala mleyot (bahasa opo kuwiโ€ฆ. ๐Ÿ™‚ ) di bodinya. Ilmu ini dapetnya saat pindahan rumah ke rumah yang lebih kecil pintu masuknya. he3…